PDA

View Full Version : Bagai mana mengatasi kacer yg suka turun kebawah



ETTO
16 June 2008, 01:26 AM
Salam kenal buat semuanyasaya mau tanya Om... saya punya kacer Sumatra yg baru beres mabung kira2 sampai skrg sudah 2 bln melewati masa mabung, tetapi setelah mabung waktu di trek kacer jd suka turun kebawah padahal dulunya kacer saya bunyinya nancep di tenggeran kalo turun jg langsung naik kembali, malah sekarang kalo di trek malah kerjanya naik ke tenggeran ke dua lalu langsung turun kedasar sambil bergaya dan berbunyi, usia kacer saya Kira2 3,5th mentalnya bagus selama ini blm pernah ngebagong (mudah2an jgn om he he he), klo didaerah saya lumayan dulunya sebelum mabung sempat dapat peringkat 1 lomba lokal dan latber di tempat saya (pulau belitung) setelah mabung kacer blm sempat saya jemur lama cuman mandi tiap hari itu jg klo sempat klo lagi sibuk 3 kali seminggu, burung full krodong tiap hari dibuka waktu mau mandi dan jemur kira-kira 1jam lalu dikasih jangrik 5 ekor lalu dikrodong lagi, kondisi burung gacor walau dikrodong jg tetap bunyi, Tolong para pakar kacer dan rekan2 yg pernah ngalami masalah kacer seperti ini gimana biar kacer saya klo ditrek nancep kembali:-h Trims:-h

jay
16 June 2008, 09:44 AM
coba buka thread sebelumnya om,sepertinya sudah dibahas.

mungkin coba saya bantu,coba bawahnya di kasih "ranjau" seperti karet,daun2,ranting,atau kertas biasanya.agar kacernya tidak main ke bawah.

waktu mabung pemberian EF,gimana?mungkin langsung dikasihkan dalam posisi sangkar gantung om ya,sehingga kacernya turun ke bawah.

ada tambahan dari om2 lainnya.

salam KM

I-One Kammpas
16 June 2008, 10:09 AM
bener tuh om di kasih ranjau saja di bawah berupa karet atau nilon atau senar pancing(yg putih bening) kasih menyilang atau sejajar tidak perlu banyak cukup 4 - 6 buah.. hal ini yg saya terapkan untuk mengatasi kacer turun ke lantai dan berhasil OM

di lanjut OM...

Amiex'z
16 June 2008, 11:05 AM
kasih jebakan didasar sangkar.....

tole gendon
16 June 2008, 01:27 PM
bener tuh om di kasih ranjau saja di bawah berupa karet atau nilon atau senar pancing(yg putih bening) kasih menyilang atau sejajar tidak perlu banyak cukup 4 - 6 buah.. hal ini yg saya terapkan untuk mengatasi kacer turun ke lantai dan berhasil OM

di lanjut OM...

Saya pernah liat di latberan kelapa 2 ada peserta yang ngakalin pake puteran ( baling2 tp gak kenceng muternya ) dibawahnya ( mungkin pake jam meja yg dimodifikasi pake kertas karton ) hehhe .. keliatannya antik n lucu tp emang nyatanya kacer gak turun2 je .... kata yang punya tuh kacer sering turun kebawah kalau liat lawan .
hehhe ada ada aja ya ... tp bisa dicoba juga tuh ...8->

Andy KM
16 June 2008, 03:44 PM
pakai ranjau......:

01.Mengunakan Kantong Plastik
02.Mengunakan karet pentil
03.Mengunakan rumput
04.Mengunakan ...........?????

yonet2007
16 June 2008, 03:53 PM
Om Bejo yang ke 4 itu apa ?????

Andy KM
16 June 2008, 03:55 PM
Om Bejo yang ke 4 itu apa ?????

hehehehe ......Silakan di tambah kalau masi ada tips dan trik lain Bro

ETTO
17 June 2008, 01:06 AM
mau tanya lagi om
1. Kira2 berapa lama om sangkarnya dikasih ranjaun
2. Boleh engga om kalo lomba sangkar kacer dikasih ranjau?
3. apa engga takut kalo pake kenur bening kaki kacer kalo kaget kesangkut dan lecet?
trims om atas masukanya..........

iwan
17 June 2008, 12:09 PM
Biasa nya saya memasang ranjau atau karet di dasar sangkar hanya waktu lomba/latber,kalo harian ranjaunya saya buka...kenapa...???karena kalo dipakai ranjau tiap hari maka si kacer/burung akan terbisa dan tidak takut lagi.

Heru Baskoro
17 June 2008, 02:51 PM
Kalau semua sudah dicoba dan tetap aja kacer tu main bawah, saya siap nampung.... he..he becanda...

simbah
17 June 2008, 07:00 PM
ada temen menyarankan pake fiber dibuat melengkung di dasaran sangkar om, saya blom nyoba sih tapi kedepannya akan saya coba deh,soale gemes juga sama kacer jawa yg dirumah kalo ditrek di latberan sering ngendok hehehe trus naik ke tenggeran ... ngendok lagi ...naik lagi jadi kurang deh nilainya ... saya pernah pake model karet pentil tetep gak kapok tuh kacer , pake senar juga tetep gak kapok...semoga yg terakhir ini bisa kapok hehehe
pareeenggggg :)>-

jay
17 June 2008, 08:05 PM
bener kata om iwan,pasang ranjaunya waktu mau lomba saja,jangan tiap hari,nanti sudah terbiasa


salam KM

Subianto
17 June 2008, 09:19 PM
Kasih es batu juga ampuh ,Oom

ETTO
18 June 2008, 12:27 AM
Trima kasih ya om atas pencerahanya akan saya coba semuanya tetapi kalo kata om subianto pake es batu gimana ya om nanti klo latber kacer saya didasarnya dikasih es batu malah juri yg lewat dibawah kurung ketetesan air om he he (bercanda om) gimana caranya om ???????????

Subianto
18 June 2008, 11:20 AM
Pakai tatakan plastik kasih ancuran es batu, kena juri biar aja Oom ,he..he..he Dulu saya kasih es kalo dirumah saja kok.
Tp kl gak mau basah bisa pake dry ice

yoms
18 June 2008, 01:42 PM
saya setuju nech om ma es batu
soalnya juga pernah coba n maknyus om kacer g turun lagi kalo karet udah tak coba tapi tetap gak ampuh om!!
tapi resikonya juri agak mengkerut om soalnya ada hujan kecil n rekap nilai basah hehehe......gak apa om yang penting kita puas.....!!!
kalo mungkin pake semua cara disini tetap ga pengaruh kasih beling, cutter, n pisau om mungkin mempan om......hehe..... just kidding.......

ETTO
18 June 2008, 07:41 PM
Trims om saranya akan saya cuba es batu saya ancurin kecil2 lalu dipasang di tatakan plastik (yg biasa buat di tempat mandi burung dikeramba ya om?) nanti hasilnya sy kbr in om, moga2 berhasil dan sekali lagi trims buat om semua..........

42d3e78f26a4b20d412==