PDA

View Full Version : Kacer dua hari dirumah mati



gusviking
28 May 2008, 02:08 PM
Mau tanya donk Om Bledek!...
Beberapa waktu yang lalu saya beli kacer dipasar burung... setelah saya beli burung itu... begitu 2 hari di rumah burung langsung mati dengan kotoran burung cair... kenapa bisa begitu ya Om?.... saya berikan voor tidak disentuh sama sekali ... tapi kangkrik dimakan... tolong donk Om penjelasannya....??

Amiex'z
28 May 2008, 02:31 PM
mungkin Burung belum bisa makan voer Om, serta jangkrik yang om berikan mungkin porsinya terlalu sedikit, sehingga burung masih lapar,..... jadinya mati kelaparan om....

bisa juga pada saat om beli kondisi burung sudah sakit atau tidak fit, serta perawatan kurang....

nicolasz2010
28 May 2008, 06:20 PM
tuh bakalan kayaknya om...
makanya koit... gak cuman kacer... selain kacerpun akan bernasib sama... apalagi telat kasih makannya... kalo mau ambil bakalan kacer usahain ada kacer yang udah makan voer om.... dan coba di campur di kandang yang agak gedean biar kacer bakalannya mau ikutan makan voer... saya beli kacer betina kan dulu bakalan juga nah saya treatment kayak gitu... seminggu akhirnya makan voer... tapi selain voer tetap di kasih makan jangkrik full selama masa di bareng itu om.... semoga bermanfaat yah

bagus H
29 May 2008, 12:14 AM
namanya saja bakalan ;
bakalan jadi
bakalan hebat
bakalan seneng
bakalan jelek
bakalan hidup
bakalan mati

yoms
29 May 2008, 12:17 AM
sedikit saran nech om mungkin aja bermanfaat cz masih bodo juga he....:((
saya dua kali beli bakalan kacer yang belum makan voer tapi tak kasih jangkrik eh malah mulutnya megap" terus n koit dech....
tapi saya beli lagi n g tak kasih jangkrik tapi pake campuran kroto n voer selingin ulat hongkong dikit hidup nech pek sekarang bunyi malah he...\:D/
jadi nek menurut saya mending jangan dikasih jangkrik dulu kalo belum makan voer biar gak koit r cari aman dach n eman duit.......:)>-
tarik mang.....:-"

BAZKA
29 May 2008, 10:38 AM
sedikit saran nech om mungkin aja bermanfaat cz masih bodo juga he....:((
saya dua kali beli bakalan kacer yang belum makan voer tapi tak kasih jangkrik eh malah mulutnya megap" terus n koit dech....
tapi saya beli lagi n g tak kasih jangkrik tapi pake campuran kroto n voer selingin ulat hongkong dikit hidup nech pek sekarang bunyi malah he...\:D/
jadi nek menurut saya mending jangan dikasih jangkrik dulu kalo belum makan voer biar gak koit r cari aman dach n eman duit.......:)>-
tarik mang.....:-"

Salam
Mo tanya Om, cara pemberian makannya gmana ? dijadiin satu atau tempatnya dipisah2 (utk kroto, voer, ulat hongkong).

Terima kasih
Heru

ray
29 May 2008, 11:02 AM
sekedar masukan saja...
untuk burung bahan/bakalan saya pakai treatment ini, dengan syarat waktu pembelian burung dalam keadaan harus gemuk, sehat n tidak sakit:
- makanan full kroto untuk burung JK, MB, dll selama satu mingguan
- selingi ulat kandang/jangkrik yang kecil saja
- campur vitamin diair minumnya semisal V*****T atau sejenisnya
- selama semiggu full kerodong agar burung bahan bisa makan dengan tenang tidak gelabakan dan taruh ditempat yang agak rendah biar pengontrolan makanan lebih mudah jikalau habis bisa ditambah lagi
- setelah satu minggu berlalu coba voornya tumbuk/gerus sampai halus dan campurkan kroto kemudian diaduk n tambahkan juga ulat kandang/hongkong sedikit saja dengan tujuan agar bila burung ini makan kemungkinan voornya termakan juga olehnya. ulang beberapa hari pemberian campuran kroto dengan voor halus ini. setelah itu coba kroto ditaruh ditempat tersendiri n beri voornya tanpa ditumbuk lagi.
- jangan berharap bunyi dulu untuk burung bahan, yang penting pertama kali adalah hidup. dengan bergulirnya waktu dan dengan perawatan yang baik nantinya burung juga akan bunyi.

maap jikalau ada kekurangan monggo ditambahkan................
salam

Joko_BBC
29 May 2008, 11:18 AM
Mungkin tadinya langsung di mandikan yach atau kacer tsb didapat dr pancingan bukan pikatan....

Amiex'z
29 May 2008, 11:27 AM
anggap aja belum rejeki om....

pengalaman adalah guru terbaik.

jika beli kacer, mebding baca baca dulu thread di KM,.... banyak manfaatnya

112w4nskom
29 May 2008, 02:29 PM
nih sekedar nambahin...bolehkan para pakar?
tip memilih kacer bakalan :

1. pilih yang gerakannya lincah serta bentuk yg porposional.
2. selalu rajin makan pada tempat yang disediakan, biasanya para pedagang burung mencampur pur dengan kroto lalu diletakan di lantai sangkar.
3. jangan tertipu dengan kacer yg bawaan nya tenang seolah2 mentalnya bagus dan kalo dikasih jengkrik lansung disambarnya..padahal sedang kelaparan dan lagi lemas..
4. pilih kacer yang selalu menaik turunkan ekornya sambil mengeluarkan suara suitan kecil kalo ada.
5. sewaktu ditangkap coba periksa bagian dada apakah sudah kurus atau masih ada dagingnya..kalo kurus itu bakalan 2 hari lagi deh umurnya..
6. usahakan setelah sampai dirumah jangan dimandikan dulu dan tarok ditempat yang tenang.
7. untuk pakan kasih pur hijau yang dihaluskan campur dengan kroto..biasanya dalam waktu 4 hari tuh burung dah makan pur dengan cara menngurangi porsi campuran kroto, hari ke satu 50:50, hari kedua 50:25, hari ke tiga 50:10, hari ke empat tanpa kroto..lalu coba perhatikan kotorannya pada sore harinya apakah berwarna hijau..kalo hijau berarti sudah bisa makan pur tuh burung dan tahap selanjutnya mulai merobah pur yang halus ke pur kasar tentu secara bertahap pula.
8. untuk jangkrik 2 pagi 2 sore
9. kroto 1 kali seminggu jika perlu 1 sendok teh
10.bakalan mati berobah jadi bakalan hidup..bakalan bunyi...bakalan yg lain deh...
salam dari saya...

jay
29 May 2008, 03:44 PM
turut prihatin om,atas kacernya
mungkin lain kali tanya yg beli,porsi makannya gimana,msh bakalan atau sudah cukup.
semoga dapat kacer yg lebih bagus

salam KM

liverpooldian
30 May 2008, 03:27 AM
Mau tanya donk Om Bledek!...
Beberapa waktu yang lalu saya beli kacer dipasar burung... setelah saya beli burung itu... begitu 2 hari di rumah burung langsung mati dengan kotoran burung cair... kenapa bisa begitu ya Om?.... saya berikan voor tidak disentuh sama sekali ... tapi kangkrik dimakan... tolong donk Om penjelasannya....??
kemungkinannya bayak om ..
kalo di pasar burung biasanya itu ada yang hasil ternakan tapi perternak yang kurang nama jadi ga pake ring, ini masih tidak apa2 asal masih trotol / bakalan.

yang di takutkan itu hasil pancingan .. pasti ga lama mati dah karena aku pernah cari yang pancingan emang aku cari tapi langsung aku bilang aku beli ga pake nawar jadi kasih harga 2/3 dari biasanya.
sampe aku beli 2 kali tetep mati mati .. yang pertama mau makan voor , jangkrik waktu 7 hari trs mati ..yang kedua cuman jangkrik dia amakn ama kroto, waktu 3 hari mati .. it share pengalaman aja.. lain kali hati2 kalo di pasar burung.

kalo emang ga ada kenalan peternak atau harga peternak lebih mahal dari pasar burung..ada tips nya kok.
dateng pasar burng sering2, dan ngobrol dengan penjual..kalo akrab pasti yang di kasihkan bkan yang hasil pancingan :D

Amiex'z
30 May 2008, 08:51 AM
saya doakan semoga arwahnya diterima disisiNYA

Fatirall
30 May 2008, 09:39 AM
salam kicaumania, mohon pencerahannya kacer dirumah pas bunyi sering naik turun ke bawah, kayak burung yang lagi belajar terbang padahal usianya udah tua...ada yang saranin tangkringannya diubah dari posisi sejajar menjadi silang tapi sampai hari ini udah 1 minggu lamanya masi tetap sama, ada juga yang saranin dimasukkan dalam kandang umbaran kalo yang ini belum pernah coba soale umbarannya kagak ada.......mungkin rekan KM ada yang punya solusinya...terima kasih

tedi_762000
4 June 2008, 11:08 AM
sekedar tambahan: biasanya kacer bakalan jangan diberi jangkrik dulu, lebih baik kasih kroto campur voer.seperti pengalaman om yoms.

Amiex'z
5 June 2008, 09:54 AM
tul

nana
5 June 2008, 11:10 AM
betul! emang seharusnya kacer bakalan dikasih makan kroto campur voor lembut warna kecoklatan rada basah,UH,UB....sekedar pengalaman aja om.selalu dicek tiap hari perkembanganya,kotoranya berbentuk dan warna voor,berarti dah mulai doyan voor,tambahkan sedikit demi sedikit voor yg bulat panjang,jng lupa tetap kasih makananan hewani.maaf om! bila ada yg salah.

Amiex'z
5 June 2008, 11:11 AM
setuju

yonet2007
5 June 2008, 02:59 PM
Sekedar urun pendapat

Mungkin dari KM di atas sudah banyak yang menjelaskan bagaimana untuk mengatasi KC bakalan tadi, perlu dicermati bahwa burung bakalan hasil tangkapan dari alam, jika mau dikondisikan sebagai burung peliharaan terlebih dahulu kita harus buat burung se-nyaman di alam (baik "makan","tidur","situasi" dsb), perlahan baru kita bentuk sesuai dengan keinginan kita.
Intinya burung jangan stess.... walaupun BBM naik Om.

GERRY
9 June 2008, 10:28 AM
Perkenalan ......omm...
nama saya Gerry dari caruban madiun
saya termasuk pemula dalam dunia per"kaceran"
mohon pencerahan tentang pemilihan kacer bakalan maksudnya yang hasil tangkapan kan harganya agak miring, dan agar cepat makan voer gimana caranya, serta biar cepet bunyi gimana donk.....
trisms atas bantuannya " lemah telessss...."

GERRY
9 June 2008, 10:33 AM
Nanya lagi ya omm,
menurut teman2 di pasar burung caruban, antara kacer lokal ( jatim ) dan non lokal ( jabar, kalimantan, sumatra ) bagusan yang lokal, apa betul demikian, kalau dilahat harganya sich memang gitu kacer lokal lebih mahal dibanding yang non lokal
trims

anisku
9 June 2008, 12:17 PM
BW or blek, katanya sih tgantung selera om, BM malah banyak yg moncer. Walaupun dipasar umumnya blek > mahal, mungkin krn tingkat kelangkaan itu om yg bikin mahal. Emang jangkrik spt keras untuk burung tangkepan, sy dah kesekian kalinya nyoba - koit mulu, kapok ! mendingan yg dah makan voer.

Heru Baskoro
10 June 2008, 10:18 AM
Mendingan kalau mau piara kacer beli yang sudah mengkal atau setengah jadi aja om biar gak repot. Karena walau harga sedikit tinggi dibanding yang bakalan, toh nantinya kalau diperhitungkan sama aja biayanya yang harus dikeluarkan. Burung dah makan voer dan sudah bunyi tinggal dipoles saja dan resiko kematian sangat minim...

yudi winarno
10 June 2008, 10:55 AM
setujuuuuu.........

42d3e78f26a4b20d412==