PDA

View Full Version : Umur Berapa Bulan AK Belajar Ngerol? Juga Siap Dipasangkan?



wilestari
13 November 2006, 05:26 PM
Minta pendapat dan saran dari teman-teman semua.
Umur berapa bulan AK mulai belajar ngerol? Saya punya sepasang AK ternakan Pak Agus dari Parung Bogor. Umur sudah 5 bulan lebih. Yang jantan sudah setiap hari ngriwik dari yang pelan hingga kenceng. Tapi tidak pernah mau ngeplong apalagi ngerol. Umur berapa AK belajar ngeplong dan terus ngerol ?

Kondisi di rumah juga punya AK yang rajin ngriwik dan sangat jarang ngeplong dan hanya mau ngerol sesekali yaitu ngiriwiknya bertambah cepat dengan volume yang keras trus jadi ngerol. AK junior itu baru mau ngiriwik jika jauh dari seniornya.

Pasangannya betina, cukup lenjeh sering ngriwik juga tapi pelan. Umur berapa boleh mulai dipasangkan untuk siap kawin?

Mohon petunjuk dari para pakar.
Terima kasih sebelumnya.

salam cicit cuit
widodo lestari
ciputat

sonny
13 November 2006, 09:20 PM
seharusnya usia 5 bulan kalo dari hasil tangkaran..sdh ngeplong..bahkan ada bbrp yg gacor...spt luna dan maya nya om indra UK...
coba terapi gelontor cacing....sekuatnya...pagi diembunkan..dan disendirikan saja...

memang AK kalo lebih dari 1...harus dipisah..1 dpn 1 belakang...(maklum burung muda)

mohon koreksinya..

-sinden minggat-

MK21
14 November 2006, 09:18 AM
Wah itu pertanyaan yang sulit. Biasanya ternakan lebih cepat jadi dari tangkapan alam karena sudah terbiasa dengan lingkungan hidup manusia. Tapi juga kembali lagi pada karakter masing2 burung apakah pemberani atau masih malu2. Setau saya belum ada satu patokan yg pasti. Yang penting sabar aja seperti para pengemar AK. Ada yg punya teman hampir 2 thn baru ngeplong dan lgs ngerol. Thanks.

wilestari
14 November 2006, 09:33 AM
Gelontor cacingnya berapa? Jamuan setiap harinya sih: pagi cacing 2 - 3 ekor dan kroto sedikit, jangkrik tidak doyan. Siang dan sore tidak ada perlakuan. Malam kalau sempat masuk kandang mandi, juga pagi (kalo sempat).

Ndengerin sambil ngintip dia ngriwik sih sudah seneng banget. Tapi kalau bisa ngeplong dan ngerol pasti lebih siip. Masalah tempat menggantang mestinya harus lebih saya perhatikan.

Kesabaran terus diuji memang.

dan terima kasih atas atensinya.

salam cicit cuit
widodo lestari
ciputat

Newbie20
6 October 2009, 08:31 AM
Saya pemula om jadi gk tau Ak jantan ato betina jadi modal percya z sama penjual , semalam saya beli Ak ad ring di kaki kanan ny burungny agak giras , kata penjual si ud rajin bunyi makanya ku beli . Eh ternyata sampe rumah setelah ku tangkap dan pindah sangkar paginy langsung ngeplong . Jadi jantan y om ? Ato betina juga bisa ngeplong ?

Ony T
6 October 2009, 11:18 AM
Klo pny ane dulu umur 2 bulan ngeplong. Umur 4 bulan bljr ngerol. Ni AK ane tangkaran member KM jg. Sekarang dh siap lomba,cm disini kelas AK dah hlng... Jd cm rumahan aje...

Rawatan ane gini:

Sebelum ngerol:
1. Embun pagi jm set 5..Cacing pagi 7 ekor+kroto 1 sdk mkn.
2. Mandi
3. Jemur cuma 15 menit.
4. Mandi lg malam jm 7+cacing 3

Dengan rawatan spt it umur 2 bulan ngeplong.

Setelah ngerol:
Sama spt wkt ngeplong,cm jmlh cacin jd pagi 2 malam 2.
AK ane gak doyan buah om..

Ni cm share,maaf klo salah. Ane jg msh belajar....

ishak_dutaplaza
8 October 2009, 08:42 PM
AK tangkaran mana Oom?
dan brp maharnya kalau boleh tahu.
Dari umur brp digelontor cacing Cacing 7+3, jd tidak kasih jangkrik ya oom?

arkum2x
9 October 2009, 09:16 AM
Klo pny ane dulu umur 2 bulan ngeplong. Umur 4 bulan bljr ngerol. Ni AK ane tangkaran member KM jg. Sekarang dh siap lomba,cm disini kelas AK dah hlng... Jd cm rumahan aje...

Rawatan ane gini:

Sebelum ngerol:
1. Embun pagi jm set 5..Cacing pagi 7 ekor+kroto 1 sdk mkn.
2. Mandi
3. Jemur cuma 15 menit.
4. Mandi lg malam jm 7+cacing 3

Dengan rawatan spt it umur 2 bulan ngeplong.

Setelah ngerol:
Sama spt wkt ngeplong,cm jmlh cacin jd pagi 2 malam 2.
AK ane gak doyan buah om..

Ni cm share,maaf klo salah. Ane jg msh belajar....


Subhanallah... bener-bener hebat tuh AK klo 2 bulan sudah ngeplong....
Ane belum pernah menemukan AK seperti ini... Sepertinya AK calon juara nih..
kenapa ane bialng bener-bener luar biasa ? karena dari pengalaman ane selama ternak AK yang ane dapet begini :
1. Bertelur tiap hari 1 dan biasanya rata-rata 3 butir
2. setelah terlur ke 3..besok baru mengerami dan biasanya 14-18 hari baru menetas..
3. Usia 10 hari baru bulu piyiknya rapih menutup seluruh badan kecuali bulu buntut
4. usia 10 hari s/d 15 hari mulai nangkring dan mulai terbang.. ( terkadang ngeriwik di tenggorokan )
5. usia 25 hari s/d 30 hari baru mulai belajar makan sendiri
6. usia ngeplong byang pernah saya temukan paling cepat usia 3.5 bln dan rata-rata 4-6 bulan.
7. bulu piyik berubah jadi bulu dewasa sangat dipengaruhi pola makanan, dan perawatan.. dan biasanya m,ulai penuh sempurna itu usia 4-8 bulan. terkadang ada yang cepat tp lebih banyak di usia 5 bulan/ 6 bulan.
8 Waktu belajat ngerol AK juga variatif ya. mulai dari 4bulan tapi rata-rata 6 bln baru keliatan bahakan banyak yg diatas 1 thn baru ngerol..

mudah2xan ane bisa dapet AK yang cepet ngeplong seperti ini.. supaya gak kelamaan nunggu ngeplong


Salam AK mania...=D>

Yoes
10 October 2009, 05:54 PM
Wah.. Kalo suhu ane dah kasih pencerahan pasti jelas dan lugas... Makin mantaff dech nech.. Ane masih banyak belajar nech...

Ony T
10 October 2009, 08:38 PM
Subhanallah... bener-bener hebat tuh AK klo 2 bulan sudah ngeplong....
Ane belum pernah menemukan AK seperti ini... Sepertinya AK calon juara nih..
kenapa ane bialng bener-bener luar biasa ? karena dari pengalaman ane selama ternak AK yang ane dapet begini :
1. Bertelur tiap hari 1 dan biasanya rata-rata 3 butir
2. setelah terlur ke 3..besok baru mengerami dan biasanya 14-18 hari baru menetas..
3. Usia 10 hari baru bulu piyiknya rapih menutup seluruh badan kecuali bulu buntut
4. usia 10 hari s/d 15 hari mulai nangkring dan mulai terbang.. ( terkadang ngeriwik di tenggorokan )
5. usia 25 hari s/d 30 hari baru mulai belajar makan sendiri
6. usia ngeplong byang pernah saya temukan paling cepat usia 3.5 bln dan rata-rata 4-6 bulan.
7. bulu piyik berubah jadi bulu dewasa sangat dipengaruhi pola makanan, dan perawatan.. dan biasanya m,ulai penuh sempurna itu usia 4-8 bulan. terkadang ada yang cepat tp lebih banyak di usia 5 bulan/ 6 bulan.
8 Waktu belajat ngerol AK juga variatif ya. mulai dari 4bulan tapi rata-rata 6 bln baru keliatan bahakan banyak yg diatas 1 thn baru ngerol..

mudah2xan ane bisa dapet AK yang cepet ngeplong seperti ini.. supaya gak kelamaan nunggu ngeplong


Salam AK mania...=D>



Maaf klo ane salah,tapi mank ini om kenyataanya,ane sendiri juga gak percaya. Tp AK ane pertama ngeplong pada jam 2 malam waktu ane nonton bola. Ni AK hasil ternakan om Kurniawan. Saat itu juga ane langsung kasih kabar ke om KUR. Dari pertama bawa umur 1 bulan dah ngeriwik kasar n keras, 1 bulan setelah ane rawat dengan cacing tak terbatas,mandi jam 10 malam. AK ni mau ngeplong..... Cuma ni AK ngeplong cuma pada pagi hari saat masih dalam kerodong. Klo AK dah kena embun gak mau ngeplong............




Mohon maaf para suhu AK,ane nulis ni juga karena pengalaman,,,, Bukan untuk melebih2kan..... Jadi sekali lagi mohon maaf klo salah......[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<

Ony T
10 October 2009, 08:46 PM
AK tangkaran mana Oom?
dan brp maharnya kalau boleh tahu.
Dari umur brp digelontor cacing Cacing 7+3, jd tidak kasih jangkrik ya oom?


Ni tangkaran Om kurniawan. Maaf lupa om,tu jangkrik cuma 3/3. Mandi pada umur 2-4 bulan ane mandiin jam 10 malam. Mandi jam 7 itu setelah AK rajin ngeplong...........







Maaf klo salah.....................[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<

Adit
11 October 2009, 12:17 AM
Wah.. Kalo suhu ane dah kasih pencerahan pasti jelas dan lugas... Makin mantaff dech nech.. Ane masih banyak belajar nech...

bener om yoes.. yg ngomong itu suhu jadi ikutin aja....

42d3e78f26a4b20d412==