PDA

View Full Version : Kataraxs pada anis merah



yobenbingung
27 December 2006, 11:29 AM
Mohon pencerahan dari para senior KM atau rekan KM, saya baru dapat hibahan AM tapi matanya kena katarak.untuk jelasnya saya kirim picnya.dulu sebelum saya dapat tuh AM bunyi udach ngeplong, tapi blom teler.tmanku tidak tau settinganya.untu perawatan : 2 jangkrik, voer, kroto pagi, dan 3 jangkrik untuk malam, mandi 3 kali sehari.tolong ya gimana cara ngilangin kataraknya.kesalahanya waktu mabung AM tidak ditutup tapi dipanaskan/dijemur lalu diberi makan EF ulat hongkong. :
1. cara ngilangin katarak apa apa?
2. supaya teler bagaimana.? terima kasih.
http://http://i130.photobucket.com/albums/p252/yobenbingung/DSC00093-1.jpg

Dragon
28 December 2006, 05:15 AM
Saya pernah dengar ada cara untuk hilangin katarak tapi dengan resiko tingkat tinggi dan ini hanya bisa dilakukan pada saat awal-awal burung tersebut mengalami penyakit tersebut.

Menurut seorang pedagang burung langganan saya, dia bisa sembuhkan awal penyakit katarak tersebut dalam waktu 2 minggu dengan tarif 100k (saya belum pernah punya burung katarak, jadi belum pernah coba) dengan cara pake peniti yang telah disteril serta obat mata insto serta anti biotik.....Well, don't try this at home!

yobenbingung
28 December 2006, 09:16 AM
makasih saranya om drago..ngomong-ngomong namanya siapa ya.salam kenal saya.kalau cara itu mungkin saya pilih dikasih insto..tapi apa benar ada yang bilang diberi cendro cetron..apa burung AM tidak stres atau tidak bunyi/macet kalau dipegang..perawatan harian 2 jangkrik,kroto dikit,1 cacing,voer.mandi spray,abis tidak ada waktu karena harus kuli dulu.sore 2 jangkrik,cacing,gimana caranya agar bisa bunyi lagi.trims..ini fotonya Om dragon..tolong komentarnya ya.. ttg AMku.http://i130.photobucket.com/albums/p252/yobenbingung/DSC00093-1.jpg

Joe
28 December 2006, 09:45 AM
salam kenal om yoben yang lagi bingung he he he... ikut saran ya.

maaf saya juga masih pemula, setau saya untuk katarak tahap awal mungkin masih bisa diobati, tetapi (maaf kalau salah) dari pic keliatannya kataraknya sudah parah ya, sepertinya tidak bisa lagi diobati.

mungkin senior2 lain bisa menambahkan atau koreksi. Om budi armyn dll.

Masgay
28 December 2006, 09:57 AM
dengan cara pake peniti yang telah disteril serta obat mata insto serta anti biotik.....Well, don't try this at home!

Wah gila serem banget om...
Itu penitinya ditusukan ke mata yah ?...
Mata gak sembuh duit hilang.

yobenbingung
28 December 2006, 04:30 PM
iya tuh mas..gimana nih saya juga sedih blom lagi nggak bunyi.. dulu sih bunyi apa gara-gara deket ama AM saya yang udach ngeplong bunyi.. kirain apa ditukar lagi ya...:confused:

Ronny
29 December 2006, 10:26 AM
waduh..saya turut berduka om yoben..setau saya kalau kataraknya seperti yang di gambar sudah susah untuk di sembuhkan om..kalau masih awal mungkin masih bisa memakai cendro cetron..sebaiknya cepat di lembiru aja om..walaupun sebelah saja yang kena, lama2..mata yang di sebelahnya akan tertular jg dan akhirnya burung ga bisa melihat...sampai sekarang juga saya selalu tanya ke teman tentang katarak ini..dan sampai saat ini juga saya belum menemukan jawaban yang tepat..kalau pake jarun tadi..!!wah saya ga tega om..di apain tuh jarumnya..?

yobenbingung
29 December 2006, 10:50 AM
betul om ron gimana lagi ya.. mau tak kembalikan aja ya.. ehmm.dari dulu pingin punya AM bunyi n teler blom kesampaian..sedih dech.. mungkin ada yang mau hibahkan 1 aja atau yang murah.. buat bunyi di rumah...

hary
29 December 2006, 12:46 PM
betul om ron gimana lagi ya.. mau tak kembalikan aja ya.. ehmm.dari dulu pingin punya AM bunyi n teler blom kesampaian..sedih dech.. mungkin ada yang mau hibahkan 1 aja atau yang murah.. buat bunyi di rumah...

hehehehe....rasah ditangisi bos....
lha wong dibuat bunyi2an dirumah ya gak papa tho bos....
nek gak muni iku sing susah...wes katarak gak muni sisan...
nek manuk murah nang suroboyo lak akeh buanget tho bos....
nyang latberan wae om....tuku sing ra mlaku nang gantangan mung nek dewean muni kui akeh nan....hahahaha....mburu nang kalibokor wae....

Salam,
Hary

Dragon
29 December 2006, 04:22 PM
makasih saranya om drago..ngomong-ngomong namanya siapa ya.salam kenal saya.kalau cara itu mungkin saya pilih dikasih insto..tapi apa benar ada yang bilang diberi cendro cetron..apa burung AM tidak stres atau tidak bunyi/macet kalau dipegang..perawatan harian 2 jangkrik,kroto dikit,1 cacing,voer.mandi spray,abis tidak ada waktu karena harus kuli dulu.sore 2 jangkrik,cacing,gimana caranya agar bisa bunyi lagi.trims..ini fotonya Om dragon..tolong komentarnya ya.. ttg AMku.http://i130.photobucket.com/albums/p252/yobenbingung/DSC00093-1.jpg

Nama saya Rio bung Yoben (kalo itu nama anda) salam kenal juga. Kalo masalah yang anda tanyakan saya tidak bisa jawab karena saya sendiri kan belum punya burung yang katarak. Saya hanya dengar issue tersebut dari pedagang burung langganan saya. Jadi sorry, not much help.

Arjuna
30 December 2006, 12:08 AM
Om yoben jangan bingung,,, menurut pendapat saya kalo memungkinkan mendingan ditukar atao dikembalikan lagi aja...soalnya saya pernah ngerasain bahkan sampai 3 x menimpa AM, AK & JS kesayangan saya,,,AM saya beli 2.25 jt (5 tahun yg lalu).. ditangan saya +/- 2bln matanya mulai gejala seperti photo yg om yoben kirim.. trus saya obatin pake cendo citrol 1hari 2x... tp tidak membaik malah +/- 2 bln kemudian kena kedua belah matanya..hik hiks kesel saya kasihin aja ketemen... trus 2 tahun yg lalu AK saya yg udah rajin ngeror tao2 kena lagi dgn gejala yg sama... trus udah saya obatin juga pake obat cendo medriatil (tutup merah) tapi nasibnya sama... yg terakhir menimpa JS kesayangan saya.. yg ini udah saya coba pake Catarlent special katarak produksi cendo juga... tp nasibnya sama aja...jadi kesimpulan saya kalo gejala awal yg kita ketahui udah seperti dalam gambar AM om yoben menurut saya udah terlambat & susah utk diobati kecuali di operasi kali ( wualah emangnya mata orang 1x operasi bisa +/- 7 - 8 jt'an )....

btw,,, kalo om yoben penasaran mao coba2 obatin... saya anjurkan coba pake yg Catarlent aja... soalnya itu special katarak awal...

indra
31 December 2006, 10:07 PM
Am piyikku +- 2 minggu kena katarak bisa dihilangkan ndak? thanks

niceguy
31 December 2006, 11:01 PM
gampangnya aja.,,,, hibah atau jual murah,,,
soalnya sampe sekarang saya blum menemukan orang yg bisa menyembuhkan katarak,, bukan bikin down sih,, tp memang kenyataan aja,,,

ada pengalaman dengan MB jagoan ane yg kataraknya gak keliatan,, alias blum putih,, tp mmang sudah buta seblah,, ane pake produk cendro yg tutup merah,, cendro catalent kalo gak salah sih,,, ( masih ada sisanya... mau ?)
dan percuma tuh,, padahal udah ikutin saran senior,, tetesi sehari 3x.. trus kerodong selalu burung di tempat gelap,, biar gak kena sinar/cahaya., dan tetap saja,, 2 minggu masih gak ada kemajuan,, kasian MB jd drop,, ane rawat seperti semula aja,, alhasil seteah 6 bulan malah ke dua duanya kena.. yg baru kena malah langsung putih,, udah ane simpen aja buat bunyi bunyian dirumah,,, untung gacor,,, kalo nggak udah ane buang kali,, tp kasihan burungnya,,, MB medan usia 7 tahun,.,, selama ini makan dan minum pake insting aja dia,,, tp untung jg bunyi terus,, bs master MB muda.....

niceguy
31 December 2006, 11:02 PM
oh ya,, kalo ada yg tanya,, jawab aja itu bukan katarak,, tp AM nya pake softlense hehehe,,, itu pedagang di cengkareng kalo nge-joke begitu hehehe

stanley mahardhika
1 January 2007, 01:17 AM
gawattttt !!!! ada yg bisa sembuhkan ? saya sendiri pesimis ...
sepertinya, ini bukan berasal dari kelebihan ekstra fooding tertentu tapi sinar ultraviolet yang berlebihan, maaf .. sepertinya am anda telah buta total, terlihat warna putin yang lebih pekat pada tengah mata.
gmana lagi dong ?

arief
3 March 2007, 12:44 PM
Bravo KMNers, mungkin KMNers bisa berbagi pengalaman di AM krn pada AM saya sudah ada gejala katarak (alias bintik putih), saya juga binggung kenapa terjadi apa mungkin dari saat penjemuran atau pada malem hari krn lampu,
Apa dapat disembuhkan,


Terima Kasih

Ronny
3 March 2007, 02:40 PM
Mungkin sudah ada yang menjelaskan apa penyebab mata bisa katarak, kalau mas arif baca secara teliti di forum AM mungkin akan tau, tapi intinya mata katarak banyak penyebabnya mas :
1. Kemungkinan karena terlalu over EF.
2. Kemungkinan karena kotoran yang menempel di mata.
3. Kemungkinan pernah tersentuh sesuatu benda pada saat dia nabrak kandang atau mungkin karena yang lain.
Yaah, salah satunya seperti itulah..kalau tanda putihnya masih kecil sekali kemungkinan masih bisa di obatin/ditetesin 'cendo citrol' tapi sampai saat ini belum ada yang bisa mengembalikan agar supaya katarak hilang..paling tidak mengurangi/memperlambat laju pertumbuhan kataraknya.
Kalau katarak tidak di obatin/dibiarkan apa adanya maka tidak menutup kemungkinan lama kelamaan akan menjadi buta/tdk melihat bahkan akan menular ke sebelah mata yang satunya lagi.

arief
3 March 2007, 03:23 PM
Ok Om sebelumnya makasih banyak sorry maklum jarang OL sih jadi ngak terlalu baca di forum.
Om bantu doa ya supaya dapat sembuh hehehehehe krn burungnya lumayan
Ntar kalo ke cirebon call ya
Thanks

Ronny
3 March 2007, 03:34 PM
Siip om semoga cepat sembuh..nanti kalau ke CRB tak tlp dah...see u
Wslm

arief
3 March 2007, 04:00 PM
Ok bye see u

Bravo KMNers

gie_srhy220
4 March 2007, 01:14 AM
Bravo KMNers, mungkin KMNers bisa berbagi pengalaman di AM krn pada AM saya sudah ada gejala katarak (alias bintik putih), saya juga binggung kenapa terjadi apa mungkin dari saat penjemuran atau pada malem hari krn lampu,
Apa dapat disembuhkan,


Terima Kasihom kalo boleh saya bagi pengalaman. soalnya burung AM saya ada yang kena katarak saya pake cindo cixtrol lalu untuk vitaminnya saya tambah matovit saya suntik ke jangkrik sekitar 2.5 ml setiap hari. Emang belum lama baru saya kasih sekitar 1 minggu yg lalu. moga 2 aja kataraknya jadi sembuh. maaf yah om saya juga baru nyoba jadi belum kelihatan hasilnya. salam kenal untuk kicaumania semua

Ronny
4 March 2007, 08:34 AM
om kalo boleh saya bagi pengalaman. soalnya burung AM saya ada yang kena katarak saya pake cindo cixtrol lalu untuk vitaminnya saya tambah matovit saya suntik ke jangkrik sekitar 2.5 ml setiap hari. Emang belum lama baru saya kasih sekitar 1 minggu yg lalu. moga 2 aja kataraknya jadi sembuh. maaf yah om saya juga baru nyoba jadi belum kelihatan hasilnya. salam kenal untuk kicaumania semua

Kang Yogi, kenalan dulu atuh kang :) :) :) kan udah ada tuh aturannya tinggal masuk ke forum perkenalan terus tinggal ketik dan kenalan dah...ga susah kan:) ?

sh
4 March 2007, 04:15 PM
ya tuh kenalan dulu yah, entar biar kebagian vitamin, haratisssss pissaaannnn euuuuyyyyy..........

Ronny
4 March 2007, 04:20 PM
ya tuh kenalan dulu yah, entar biar kebagian vitamin, haratisssss pissaaannnn euuuuyyyyy..........

Om SH, mana Vit yang gratisan tea yah ?
Saya mah belum kebagian euy...

sh
4 March 2007, 04:33 PM
Loh jangan minta saya atuuh, bukan saya mantrinya vitaminnnnn.....

Ronny
4 March 2007, 04:37 PM
jadi siapa yah mantrinya Vit...?
Om arief ga ada kabarnya lagi neh ? udah di coba belum yah b combionnya ? eh..sori salah..maksud saya..obat kataraknya...

sh
4 March 2007, 04:43 PM
:D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D ki ki ki ki ki ki....
:rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: siapa yaaaa?

Ronny
4 March 2007, 05:10 PM
Om jgn cengengesan gitu nanti katarakan loh....
Ngaciiiiiiiirr..........

sh
4 March 2007, 07:55 PM
aaahhh tenaaannnng kan ada pak mantri.

niceguy
4 March 2007, 11:06 PM
back to topic.

vit Vitasol sudah ada ditangan saya,,,, (thanks om Satrio)
nanti akan saya pack dan bagi bagi kan sewaktu GUSDUR awards.
jadi utk semua rekans di daerah juga kebagian (moga-2)
tetep dengan sistem siapa cepat dia dapat karena persediaan juga terbatas dan karena sudah mau expired, jadi semoga dapat langsung di aplikasikan utk momongan rekans semua.

soal AM bintik putih, mari berharap itu bukan pertanda katarak,,,,
semoga cuma luka karena tergores atau nabrak suatu benda di sangkar.
dites saja dengan jangkrik, ada reaksi atau tidak,,, dan biasanya kalo bukan katarak nanti akan sembuh sendiri.
kalo memang katarak,, wah,, yang sudah-2 sih susah disembuhin,, coba yg sudah berhasil nanti di sharing disini.

pengalaman sama MB saya,,, sudah ada titik kecil (setitik jarum) di bola mata dan penglihatan di mata kirinya cuma beberapa persen saja,,, saya tetesi obat cendro cataling (utk katarak) antibiotik, kerodong penuh, hasilnya :
titik putih jadi tompel putih di biji mata hehehe jadi kesimpulannya,, SULIT bukan main utk menyembuhkan katarak pada burung.

mau coba pake RADEX VITAE, (obat tradisional/alternatif utk katarak)
kalo pada manusia sih manjur, gak tau pada burung,, cuma karena masih mahal jadi saya blum kebeli obat itu.

arief
5 March 2007, 04:27 PM
back to topic.

vit Vitasol sudah ada ditangan saya,,,, (thanks om Satrio)
nanti akan saya pack dan bagi bagi kan sewaktu GUSDUR awards.
jadi utk semua rekans di daerah juga kebagian (moga-2)
tetep dengan sistem siapa cepat dia dapat karena persediaan juga terbatas dan karena sudah mau expired, jadi semoga dapat langsung di aplikasikan utk momongan rekans semua.

soal AM bintik putih, mari berharap itu bukan pertanda katarak,,,,
semoga cuma luka karena tergores atau nabrak suatu benda di sangkar.
dites saja dengan jangkrik, ada reaksi atau tidak,,, dan biasanya kalo bukan katarak nanti akan sembuh sendiri.
kalo memang katarak,, wah,, yang sudah-2 sih susah disembuhin,, coba yg sudah berhasil nanti di sharing disini.

pengalaman sama MB saya,,, sudah ada titik kecil (setitik jarum) di bola mata dan penglihatan di mata kirinya cuma beberapa persen saja,,, saya tetesi obat cendro cataling (utk katarak) antibiotik, kerodong penuh, hasilnya :
titik putih jadi tompel putih di biji mata hehehe jadi kesimpulannya,, SULIT bukan main utk menyembuhkan katarak pada burung.

mau coba pake RADEX VITAE, (obat tradisional/alternatif utk katarak)
kalo pada manusia sih manjur, gak tau pada burung,, cuma karena masih mahal jadi saya blum kebeli obat itu.

Ok om memang sudah saya coba pake obat tetes cendo utk katarak dan vitaminannya saya pake biovision di suntik ke jangkrik semoga AM nya hilang dari bintik putih
Sekali lagi thanks banget atas info nya yang bermanfaat bagi KMNers
Thanks

Bravo KMNers

arief
5 March 2007, 04:29 PM
jadi siapa yah mantrinya Vit...?
Om arief ga ada kabarnya lagi neh ? udah di coba belum yah b combionnya ? eh..sori salah..maksud saya..obat kataraknya...

Om Ronny sorry saya baru OL lagi biasa di rumah ngak bisa OL ntar takut dimarahin bini hehehehehe
Masalah katarak udah seminggu saya terapi semoga dapat sembuh yang penting doa dari KMNers supaya burung nya dapat sembuh

Thanks Ya om

Bravo KMNers

AH
7 March 2007, 12:46 AM
Om Arief, saya punya pengalaman AM dng katarak sdh 5x, semua sdh di coba dng bermacam-macam cara dan obat, tp tetep aja tuh kataraknya gk bisa hilang. Mungkin yg belum cuman pake kacamata aja tuh AM spy kataraknya gak keliatan. Tapi dicoba aja dng treatmentnya itu, mudah2an berhasil.

Yuris
10 June 2007, 08:04 PM
Sebelumnya Salam Kicau Mania...

Rekan2 saya punya burung anis merah,dulu bagus tapi sekarang kena penyakit katarak pada mata sebelah kiri, mungkin teman2 punya tips yang bisa membantu saya untuk mengatasi hal ini?

Trimakasih sebelumnya
[-O<

Ronny
11 June 2007, 07:12 AM
Om Yuris, silahkan memperkenalkan diri dulu om...
Baca rule forum "PERKENALAN".

hrengga
11 June 2007, 09:25 AM
ok lbh baiknya anda buka kartu dulu eh identitas gitu loh.

xbo_e
11 June 2007, 10:21 AM
Bener om perkenalakan diri dulu jangan asal nyelonong gethu aja...
silahakan om k forum perkenalan dulu...
Monggo...

wongkito
11 June 2007, 10:48 AM
nah lohhhhh dimarahhhhhhhhhhiinkan !!!!!!!!!!!!!!!!

Ryo_Chandra
11 June 2007, 03:53 PM
apa bisa dioperasi ya..kaya menungso gtu..

Venus
12 June 2007, 04:15 PM
Salam KM

Rekan2 ada kemungkinan ga penyakit katarak pada AM dapat disembuhkan dengan madu murni.
Soalnya madu murni juga sudah terbukti dapat menyembuhkan penyakit katarak pada manusia dengan cara diteteskan pada mata 3x sehari.
Bukan bermaksud menyamakan antara penyakit katarak pada mata manusia dengan katarak pada mata AM tp tentang khasit madu yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Rekan2 ada yang sudah coba atau bahkan mau mencoba?

Mohon masukan senior2.
Thanx's

aquciliq
12 June 2007, 04:21 PM
saya pernah denger ada obat mata yg dari Madu murni + tumbuhan lain ( pengobatan sesuai AlQur an & hadist )yg berkhasiat menyehatkan mata, mengurangi bahkan menyembuhkan katarak...
Tapi apa mungkin bisa diaplikasikan ke burung, masalahnya perihnya Om, luar biasa...( katanya lho ), jangan2 burungnya malah sembuh dari katarak tp malah stress & koit pisan...
mungkin sdh pernah ada yg mencoba?

Indraf
12 June 2007, 04:54 PM
saya pernah coba dan pakai.. alhamdulillah sampai sekarang saya tetap pakai kacamata.. he he he... nggak berhasil kang.. mungkin cocok-cocokan kali ya...

padahal sudah habis 4 botol.

kalau dikasih ke burung ya.. saya rasa nggak masalah.. perih memang.. tapi burung saya pikir bisa tolerir.. maksudnya tidak sampai mati.. kalau stress.. saya jamin pasti stress.. he he he.. orang burung kaki patah aja cuek.. apalagi cuma perih.. (logika saya loh)

tapi siapkah anda mempunyai burung yang stress... ?

dan satu lagi.. kayaknya lebih tepat di forum ngobrol ya.. he heh e

maaf kalau salah

larky07
12 June 2007, 10:09 PM
Sekedar sharing ... Pernah cb dulu utk AM ku yg kena & hasilnya ..... tewas . Jadi bkn cuma hrs siap punya burung stress tp jg hrs siap kl momongan tewas. Skg msh pemasaran nyari jurus ngatasi tu mslh katarak.

emoel6407
21 June 2007, 08:37 PM
Lam kenal Om KM semua
saya punya AM baru saya beli dari teman, selesai mabung udah teler om
ternyata setelah dirumah matanya bengkak sepertinya mau katarak
apa obatnya ya om
mohon pencerahannya, maklum baru punya Om.

@-)

arkum2x
22 June 2007, 08:00 AM
Untuk masalah katarak, sepertinya susah sekali obatnya Om...

Saya juga pernah mencoba dengan menggnakan beberapa obat terhadap beberapa burung misalnya pakai : Cendo Cetrol, Air Embun, Lendir bekicot, getah daun dll, tapi jarang yang berhasil dengan baik.

Tapi bila di cermati untuk penyakit mata biasanya ada 3 jenis ( menurut pengamatan saya lho ) antara lain :
1. Mata Katarak Karena Retinanya yang rusak.
2. Mata seperti katarak ( hanya lapisan luarnya yang putihbiasanya karena gigitan serangga atau benda asing )
3. Mata berair.

Untuk masalah No. satu untuk burung tidak ada solusi klo untuk manusia bisa dengan Operasi ( hal ini pernah saya konsultasikan dengan salah satu ahli Mata dari AU di Halim )

Untuk masalah no. dua, bisa diatasi dengan pemberian obat mata seperti cendocetrol dana lain lain

Untuk masalah no. 3, lebih banyak ke perubahan perawatan seperti mengurangi penjemuran, tidak memebrikan EF yang berlebihan ( Ulat hongkong dan Kroto ). dan untuk pngobatan bisa menggunakan obat mata biasa.

Menurut saya diantara penyebab penyakit mata ( katarak ) pada burung lebih banyak disebabkan karena EF yang berlebihan, teruatama untuk UH dan kroto.

Saya secara pribadi sangat tidak mengganjurkan pemberian UH kepada burung selain MB, Branjangan dan Pentet.
Dan dari pengamatan saya hampir rata-rata AM yang sdh tua terserang katarak dan semakin cepat bertambah ( kebutaan ) bila diberi kroto yang berlebih.

Demikian Om, sharing dari saya, mohon koreksi bila salah....
Monggo Om-om.. dikoreksi

Salam

Ari Suprawadi

ione_bagja
22 June 2007, 09:20 AM
silahkan di baca,, moga dapat membantu
http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=2814&highlight=ione_bagja#

emoel6407
25 June 2007, 12:48 PM
Makasih banyak infonya Om, smoga burng saya cepat........dijualnya.

Bajingan_Kesepian
13 July 2007, 12:24 AM
Salam Kicau Mania

Sebelumnya saya minta maap saya baru posting lagi soalnya saya pulang ke Tasikmalaya (istri kerja di sana). Ini saya mau berbagi pengalaman mengenai AM yang matanya katarak/buta, kebetulan saya punya AM yang kedua matanya katarak asalnya sih iseng-iseng buat master AM yang lainnya ternyata AM itu mentalnya luar biasa (kenapa ya kalo yang cacat mentalnya bagus) dan juga suaranya sangat keras, isiannya komplit walaupun bulunya tidak karuan pada patah-patah tapi AM itu tetap moncer. Akhirnya saya berpikir apa salahnya saya coba-coba eksperimen buat ngobatin matanya yang katarak, pertama sih pake daun sirih ditetesin ke matanya, terus ada kakak yang ngasih tahu katanya dia pernah uji coba pada ayam adu hasilnya memuaskan. Saya pikir apa salahnya saya coba, kata kakak saya coba pake "daun korejat" kalau dalam bahasa sundanya nggak tau kalau di daerah lain apa itu namanya daun tersebut, tumbuhnya di tebing-tebing, bunganya berwarna putih. Bunganya itu yang saya pake pengobatan terhadap AM saya, bunga tersebut dipetik lalu di rendam ke dalam air selama 5 menitan setelah itu saya coba teteskan ke mata AM saya yang katarak, memang sih kasihan melihat AM saya seperti kepedihan matanya. Lalu AM saya kerodong, besoknya saya coba pancing matanya dengan memasukan jangkrik ech ternyata AM saya yang buta itu mulai agak melihat dan mematuk itu jangkrik, asalnya AM saya itu sama sekali tidak melihat tp moncernya minta ampun. Sampai sekarang saya rutin meneteskan air "daun korejat" tersebut ke AM saya, perkembangannya memang luar biasa AM saya kelihatan sehat dan agresif dan mulai bisa melihat dan katarak di matanya mulai mengecil. Kebetulan suatu hari saya baca di majalah Trubus ternyata daun tersebut digunakan juga oleh seorang dokter mata untuk mengobati mata katarak, rabun, minus, silindris dsb dan dibuat menjadi obat tetes mata.
Buat rekan-rekan Kicau Mania barangkali ada yang mau eksperimen seperti pengalaman saya, dan mudah2an bermanfaat bagi KM semuanya.

Terima Kasih


*(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)* Kesepian :-*

niwress
13 July 2007, 01:55 AM
boleh nih di coba ...
tapi daun korejat gimana bentuknya om...
setelah di rendam yg di teteskan airnya apa getah daunnya,..?
thank B4

ahmadauzi
13 July 2007, 06:58 AM
kalo ada pict daun korejat wah lebih komplit om

Imam Setiawan
13 July 2007, 08:13 AM
wah info bagus nech, memang Kmers harus kreatif begini.... dan harus di sharing kesini...
tapi tumbuhan korejat itu seperti apa ya,,,,
fotonya dong ommm...

agus
13 July 2007, 08:25 AM
tolong kirim pic daun ama bunganya sekalian bos...
thanks.....

niceguy
13 July 2007, 08:36 AM
kalo di majalah trubus, kalo gak salah nama produknya RADEX VITAE, bisa utk menyembuhkan katarak, minus dan silinder,, tp harga cukup mahal buat sebotol kecil (ukuran botol insto) harga 400rb.

kalo gak salah nih,,, dokternya bule,, dan menyembuhkan katarak, cuma asalnya dari daerah papua.

dedy_kusnadi
13 July 2007, 09:12 AM
Korejat itu kalo bahasa sunda artinya kaget, apa maksudnya putri malu gitu ya ?

Salam,
Dedy

muafiq
13 July 2007, 09:33 AM
Bukan bermaksud promosi, tapi barangkali ini lebih mempermudah KMs... tapi sayang aku gak bisa nampilin gambarnya...

Tetes mata herbal radix vitae dari Irian Jaya
Indikasi : Mampu menyembuhkan katarak, pterigium, miopia, hipermetroipia, gloukoma, astigmatis, mata berair pada lansia, sakit mata karena infeksi mikroba, mata merah/sakit mata, pandanganan mata kabur, migraen dan sinusitis.

Di produksi oleh : PT. RADIX VITAE PAPUA

Perhatian : tetes mata herbal ini bukanlah obat ajaib. Tidak semua penyakit pada mata bisa tersembuhkan dengan tetes mata herbal ini. Hanya beberapa penyakit pada mata saja yang bisa tersembuhkan seperti yang telah di tulis diatas.
Ramuan herbal ini telah dipakai lebih dari 40.000 jiwa baik didalam dan diluar negeri. Dari 35,000 orang yang telah menggunakan 85&#37; sukses dan 15% tidak terlalu sukses (termasuk orang-orang yg. Coba-coba dan tidak disiplin dalam penggunaan obat tetes mata tsb.)
Dan tidak perlu operasi

Harga untuk satu botol tetes mata herbal keben Radix Vitae isi 8 ml. adalah Rp: 400.000 (belum termasuk ongkos kirim) + ongkos kirim kira kira Rp: 30.000

Untuk Pemesanan:
Silahkan Hubungi Aries Tiara / Lia Sicilia
Jl. Bendungan Hilir VII dalam no. 138 Jakarta Pusat 10210

HP: 081-310 320 946
HP: 0811-814370
Tel/fax: 021 – 5702844

untuk pembelian
cukup ditransfer/setor ke rekening
BCA, KCP Bendungan Hilir
a/n. Lia Sicilia
no. rek. 3011364592
harap konfirmasi setelah uang disetor/ditransfer dan berikan nama+alamat lengkap + no. tel. utk kemudahan pengiriman.

gacor
13 July 2007, 09:59 AM
kalo ada pict daun korejat wah lebih komplit om

om ahmad nama latinnya polygala paniculata L gambarnya klik aje om di google ada koq.

toni_y
13 July 2007, 10:03 AM
saya coba masukin di galery photo dari web polygala paniculata L. maaf kalo salah

iCHONk 5,9 SR
13 July 2007, 01:36 PM
wah bisa masuk agenda daftar obat buat burung ni....eh bisa kan buat brung mungkin dosis di kurangi...

tamrin
13 July 2007, 03:17 PM
Om nama jawanya daun korejat apa ya om ? bisa ditampilkan fotonya om. ini pengalaman yang sangat berharga. Bagi Om-om yang lain yang mungkin tahu nama jawa dari daun korejat, tolong dong diberitahu.

rudy_alex
13 July 2007, 04:25 PM
Wah boleh di coba juga tuch... Soalnya saya pernah dapet AM yang matanya kena katarak saya beli 150k. Besoknya tuh AM saya denger bunyi tapi akhirnya AMnya saya jual soalnya saya kasihan mau makan and minum suseh banget......

Ridwan Ch.
13 July 2007, 11:53 PM
Wah .. ini baru berita bagus nih.. om
sayang obat yang sdh jadi masih mahal. Kalau benar bisa sembuh engga takut lagi nih beli Anis katarak,..

ione_bagja
14 July 2007, 08:12 AM
Good experiment...hebat..euy....
Kang BK,progress report di lanjut terus yah...,,biar rekan KMers bisa membuktikan keampuhan daun korejat.
Lanjut........kang,,

anton_vst
14 July 2007, 08:56 AM
berita bagus nih om BK.....
kalau bisa ditampilkan jenis daun korejat seperti apa OM....
biar nggak salah ambil .....

tanx,s infonya kan BK

deffryan
14 July 2007, 09:51 AM
om ahmad nama latinnya polygala paniculata L gambarnya klik aje om di google ada koq.

Udah di googling, nah ini gambar polygala paniculata L

http://www.kicaumania.org/forums/gallery/data/500/pol_pan_fl.jpg

http://www.kicaumania.org/forums/gallery/data/500/polygalapaniculata11.jpg

ahmadauzi
14 July 2007, 10:02 AM
waduh sayang sepertinya nggak ada tumbuhan korejat ditempatku trims om pictnya nambah ilmu nih

BUD_1
14 July 2007, 11:52 AM
Gimana sih Om, caranya netesin ke mata AM .. apa kita pegang dulu badannya, trus langsung kita teteskan ... gitu ya?

Bajingan_Kesepian
19 July 2007, 01:50 PM
Salam KM, ...

Aduh mengenai daun korejat itu saya blom punya pic nya neh, entar Insya Allah kedepan saya tampilin pic nya, daun itu tumbuhnya liar bunganya putih yang diambil itu bunganya lho bukan daunnya, di rendam kira2 5 menitan terus tangkapnya aja tuh AM yang matanya katarak, langsung tetesin ke matanya 2 atau 3 tetes secara rutin bukan hanya sekali aja, bagusnya sih setiap hari. Mudah2an resep ini berguna bagi rekan-rekan KM sekalian. Apa salahnya khan kita mencoba dan ikhtiar. Semoga berhasil ...

tatanka
19 July 2007, 03:10 PM
Kang, apakah nggak bahaya ke AMnya apabila pake daun itu? menjadi buta misalnya? soalnya dipakai pada manusia saja pedihnya minta ampun....

rudy_alex
19 July 2007, 04:17 PM
Lanjutin komentar om *(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)*_kesepian ttg daun korejat. Tadi malem saya baca Tabloid Tr**** trus liat tanaman seperti daun korejat, di situ ditulis namanya daun Kitolod (Longiflora/star flower). Kalo temen2 KMers berminat silahkan hubungi Bpk Iskandar Ali, SE telp. 08881818108/081388318808 atau Se-Shine telp. 021-80874411/081386940777 yang produksi obat buat mata dari daun korejat/kitolod. Kalo ada yg udah berhasil silahkan kabarin di forum ini yaaa..... Salam kicau mania

hery
3 August 2007, 03:07 PM
Sorry ya om kalau pertanyaan ini pernah di ulas.
Apa benar kalo jemur AM lewat jam 9 pagi dapat menyebabkan kebutaan atau katarak pada mata AM?(ideal jemur AM jam brp?)
Atau faktor apa semua yang menyebabkan kebutaan pada AM?
Dan apakah ada fungsinya jemur AM pakai kerodong tipis dan yg bagus warna kerodongnya apa?(ideal jemur jam brp?)
Tolong dong infonya,TQ

toni_y
3 August 2007, 03:24 PM
begini OM hery setahu saya sih kebutaan pada AM akibat jemur itu bukan katarak tetapi ada sel mata atau retina mungkin yang pecah karena terlalu teriknya sinar matahari pada saat jemur
kalau waktu jemur ideal sih tergantung cuaca juga OM (jam 7 s/d jam 9 atau 2 s/d 3 jam)
kalau biasanya waktu jemur AM jarang pakai kerondong OM
demikian OM sekedar sharing ...
silahkan para pakar.....

abas anjelo
3 August 2007, 05:01 PM
ktnya kbanyakan UH jg bisa tuh om

Bajingan_Kesepian
4 August 2007, 01:30 AM
Betul kata Kang Tony kebutaan pada AM akibat sewaktu di jemur terlalu lama dan terik matahari sangat panas terus lagi kalo udah di jemur suka langsung di kerodong mustinya di angin-angin dulu di tempat teduh jangan langsung di kerodong. cekap sakitu ach sharingna Kang ....

irawanmh
6 August 2007, 09:24 AM
Kl boleh nambahin, AM-nya waktu malem jgn digantang deket ama lampu yg nyala. Katanya ada efek sinar cahaya (kl terlalu deket) pada AM yg menyebabkan katarak walaupun Kdgnya dikerodong. Mohon maaf kl ada yg kerang tepat..

rudy_alex
6 August 2007, 10:03 AM
Betul om abas kalo kebutaan mungkin karna kebanyakan UH ama kroto, kalo masalah jemur mungkin juga sich, tapi AMku pernah dijemur dari jam 7 ampe jam 12 siang tapi gpp apa karna cuman sehari doang yaaa. Ada juga yg jemur pagi jam 7 masih pake krodong trus mandi jam 9 trus jemur tanpa krodong paling ampe jam 10-11 atau kalo burung udah mangap brarati dah cukup tuch mas.... Monggo disambung ama yg lain

readyagogo
30 October 2007, 05:40 PM
mohon petunjuk para sesepuh adakah yang tau obat katarak yang ampuh dan tidak berbahaya buat AM mohon bagi ilnunya bagi yang punya

Indra Nugraha
30 October 2007, 06:20 PM
saya sudah 2 kali mengalami hal yang sama,,dua2nya AM andalan om,,sudah berbagai cara dan obat yang dipakai tidak ada hasil yang berarti, AM yang pertama kena katarak/rabun akhirnya mati, menurut informasi dari para pakar AM di millis kita ini pada saat kopdar, belum ada obat yang bisa menyembuhkan AM katarak.
Cara yang dipergunakan oleh salah satu pakar AM di bandung salah satu pentolan parahyangan team adalah dengan perawatan rutin memakai salah satu produk cair untuk mandi burung, saya kira produk yang memakai daun sirih(maaf saya tidak menyebutkan merk karena takut menyalahi aturan KM), pada saat AM dimandikan bag mata disemprot halus dengan campuran air dan product tersebut. Mohon koreksi kalau ada yang salah.

Salam

IN

taka
19 December 2007, 09:39 PM
Beberapa hari lalu saya main ke teman, ditawarin AM nya yg juara n teler dgn harga murah. hanya saja tuh AM mata sebelah kiri katarak, kalo buat rumahan saja sih oke juga...

Menurut rekan-rekan KM bagaimana? diambil ato tidak tuh AM?:-/ :-/
Terimakasih sebelumnya...

Darmadi_Boban
19 December 2007, 10:07 PM
kalo buat rumahan doank ga pa2 , tapi lama2 yang sebelah nya menyusul mas katarak lagi . yang kasihan pas kita kasih makan , burungnya nutuk2 nyari gitu , soalnya aku pernah puny yang kiri dan kanan katarak , cuma emang burung begitu teler aja , ga tau kaloa di adu katanya muter2 mencari bunyi ,

AH
20 December 2007, 02:07 AM
Walah saran saya jangan di beli dech mas AM katarak, lbh baik uangnya buat yg lainnya aja.
Berdasarkan pengalaman, AM katarak lama2 akan buta, dan juga tdk bisa di sembuhkan.

simien99
20 December 2007, 12:33 PM
AM yg sehat masih banyak kok om, mending beli yg sehat aja, biar hati kita tenang....

taka
20 December 2007, 11:41 PM
walah kalo sampe buta kasihan juga tuh burung, ribet juga nantinya..
Kalo gitu nga jadi saya ambil deh, untung ada rekan2 KM bisa tanya.
Saya lagi ngelirik CI Kepala kuning sebagai gantinya..

Terima kasih banyak om AH, om Simien, om darmadi atas sarannya
Salam Kicau Mania,

Ari JB
4 January 2008, 09:52 PM
kalo buat rumahan doank ga pa2 , tapi lama2 yang sebelah nya menyusul mas katarak lagi . yang kasihan pas kita kasih makan , burungnya nutuk2 nyari gitu , soalnya aku pernah puny yang kiri dan kanan katarak , cuma emang burung begitu teler aja , ga tau kaloa di adu katanya muter2 mencari bunyi ,


Enggak juga kok Om, saya punya AM juga dah buta, tapi masih joss banget, mandi saya tangkep pindah keramba selesai saya balikkin lagi. Makan emang ngeraba raba asal jgn diganti tempat posisi pakan gitu aja. Emang dah ngga turun lomba lagi takut diejek. jadi buat rumahan aja mancing2 yg lain

http://i266.photobucket.com/albums/ii258/Mas_JB/KyaiDur-1.jpg

wrardi
26 January 2008, 11:35 PM
Om2 yg pakar dlm merawat AM, mohon pencerahannya ya. Ak br dikasih AM ma sodara, skrg dlm kondisi mabung. Trus matanya yg sblh kanan brwarna putih. Apakah ini yg disebut katarak? Trus apa yg harus saya lakukan? Maklum, br kali ini punya AM.

trigumelar
27 January 2008, 03:02 AM
Salam KM,
Mungkin itu benar katarak, om.
Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata, yang tadinya jernih dan tembus cahaya jadi keruh/kabur.
Sepengetahuan saya penyakit katarak tidak bisa disembuhkan kecuali dengan proses operasi mata.
Tapi coba om buka2 lagi thread tentang katarak banyak dibahas, mungkin beberapa temen kita punya cara penyembuhannya seperti semprot pakai rebusan air sirih atau lainnya.
Semoga membantu.

ahmadauzi
27 January 2008, 09:42 AM
apa ini nggak termasuk antik om heheheh

Ijhoel
27 January 2008, 10:28 AM
Wah itu sich bener katarak..susah disembuhin..bener apa kata Om Trigumelar satu2-nya jalan ya di operasi..kalo mau sembuh..tapi menurut saya selama AM itu masih Gacor dan cuma untuk burung rumahan...rawat aja brooer..nikmati kicauannya buat ngilangin stres..sambil diperhatiiin mata yg satunya jangan sampai kena..

wrardi
28 January 2008, 10:05 AM
Wah wah wah, trnyata katarak ya... Br prtama punya AM kok katarak. Dan skrg msh mabung. Mudah2an ntar setelah mabung mau bunyi lg... Mohon doanya para sesepuh... Makasih atas petunjuknya.

box.eric
28 January 2008, 12:33 PM
just share to all ...

ini benar2 pengalaman tetangga depan rumah ane ...

katarak selama belum full (mungkin masih bintik kecil ato setengah boal mata) itu masih gampang disembuhin, contohnya adalah pengalaman tetangga ane.

waktu itu beliau dapet pemberian dari saudaranya, seekor Kacer Jadi yg kena katarak bintik setengah bola mata di 2 matanya dan kondisi waktu itu burung sangat tidak terurus. akhirnya dibawah ke rumah beliau dan tiap hari sering dimandiin lama tiap pagi & sore pakai perasan air sirih di keramba. Di biarkan burung mandi terus & akhirnya setelah 2 mingguan lebih agak mulai ada hasilnya yaitu bintik putih mulai mengecil. Trus tiap hari begitu, sampe lama2 skitar hampir 2bulanan, bintik2 tersebut udah tidak kelihatan lagi dan si Kacer udah mulai gacor lagi. Pas burung udah gacor, malah bikin orang tertarik sampe mau nukerin Murai Medan Jadi ama tuh Kacer :) :) :) ...


*) ini bener2 cerita nyata yg terjadi 2tahunan lebih yg lalu

ahmadauzi
29 January 2008, 09:17 PM
nah ini br cerita nyata yg bisa dipraktekin trims om sharingnya

I-One Kammpas
21 May 2008, 04:05 PM
mohon bantuan nya om2 pakar AM

ini ada pertanyaan dari temen2 om, masalah katarak pada AM
kira2 apa saja yg menyebabkan AM jadi katarax ya om...?
padahal kalau saya lihat perwatan temen itu sudah bener, nich perawatanya..:
1. jemur selama 1jam dari jam 7-8 pagi
2. angin2 1/2 jam kemudian mandi di kramba selesai krodong sampai sore
3. pemberian EF jangkrik pagi 2ekr dan sore 2ekr + kroto 1 sendok teh
4. saat akan lomba dari hari kamis di beri ulat hkg 3-5ekr + sabtu cacing 1ekr
5. sore di mandikan kembali lalu krodong lagi
setelah hampir 1,5 tahun AM tadi jadi katarak sebelah sebulan kemudian jadi keduanya.
apakah pemberian EF nya kelebihan ya om..?
atau karena cuaca yg teramat panas di kaltim ya ?
gimana solusi buat yang baik agar tdk terulang ya om..?
thanks

ben
21 May 2008, 04:41 PM
http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=9581

Om Ione, masalah katarak, silahkan baca link diatas.
Ilmiah, langsung dari sumbernya.

I-One Kammpas
22 May 2008, 08:57 AM
http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=9581

Om Ione, masalah katarak, silahkan baca link diatas.
Ilmiah, langsung dari sumbernya.

thanks buanget ya om Ben
[-(

aazen
22 May 2008, 11:51 AM
thanks buanget ya om Ben
[-(
kita harus afik dan teliti OM '' klo beres penjemuran, jangan langsung di kerodong OM .... kloo bisa diademin dlbarang beberapa menit. pemilihan EF kroto, klo bisa yg udah besih dari semut yg masih hidup ...ntu pengalam aku aza mungkin para saehu yg laen mau mendambahkan lagii......

anisku
22 May 2008, 01:32 PM
Ya om, dah ada link lain untuk masalah yang sama.

Godoy
28 May 2008, 10:53 PM
bung iwan ngomong2 AM siapa tuh wkwkwkwkwkwkwkwkwk..........
mungkin bisa jd emang tu AM dah uzur, dah waktunya katarak kl bung

I-One Kammpas
29 May 2008, 05:09 PM
bung iwan ngomong2 AM siapa tuh wkwkwkwkwkwkwkwkwk..........
mungkin bisa jd emang tu AM dah uzur, dah waktunya katarak kl bung

punya temen nich om
mungkin juga ya om dody ha..ha..ha..
:)) :))

42d3e78f26a4b20d412==