PDA

View Full Version : Perawatan



Duto Sri Cahyono
29 May 2006, 09:11 PM
Berikut ini tanya jawab saya (Duto Sri Cahyono) dengan rekan Widodo Tri C di milis KM. Bisa dikembangkan lebih lanjut.

Tanya (Widodo Tri):
Mas Duto,
Saya punya anis merah dalam kondisi beberapa bulu ekor sudah seperti lidi dan bulu sayapnya ada yang baru dan ada yang tua/kering sekali dan bulu halus masih muda/kinclong. Tetapi sudah hampir satu bulan burung ini tidak mau mabung-2. Setiap hari saya kasih jangkrik pagi 3 sore 3, dan kroto 2 sendok teh pagi saja. Voor juga sudah saya ganti ( dari chirpy rumput laut ke top song yg bukan rumput laut). Mandi 1 minggu sekali. Dan setiap pada saat mandi, burung tsb mencabuti bulu halusnya sendiri. Tetapi setelah dimandikan burung malah jadi rajin bunyi dan bulunya tidak juga rontok-2.
Kebetulan saya browsing di internet lagi dan menemukan tulisan mas Duto ini. Mohon dong di kasih ilmunya secara detail cara untuk merontokkan bulu anis merah ini, karena saya tidak menemukan di tulisan mas Duto ( diatas ) mengenai jumlah/porsi EF cacing,jangkrik&buah ( apakah masih perlu diberikan? ). Juga apakah perlu tidaknya penjemuran selama dalam treatment perontokan bulu. Kemudian perawatan pada masa mabungnya sendiri bagaimana ya? Dan juga perawatan pasca mabung. Soalnya ini yang kedua kali saya memelihara anis merah. Yang pertama gagal total, karena burung mati setelah mabung tanpa tahu sebabnya. Jadinya saya sangat khawatir terhadap anis merah yang satunya ini. Untuk itu, mohon dong sharing ilmu perawatan anis merahnya. Trim's berat dech atas bantuan mas Duto. Dan ini sangat saya tunggu-2 informasinya.
NB : Burung anis kandeg itu apaan sich, mas ?


Jawab (Duto):
Salam kenal.
Tentang bulu anis merah yang belum rontok meski yang lain malah sudah tumbuh bagus, nggak perlu risau. Tidak perlu dipaksakan untuk di-segera-rontok-kan. Hanya saja, sementara ini buah jangan diberikan dulu; porsi kroto ditambah; tidak dimandikan dan juga tidak dijemur kecuali hanya sebentar saja.
Masalahnya sekarang, apakah Anda memelihara anis itu untuk kicauan dan kesenangan ataukah untuk segera dilego/ditukarkan burung lain. Kalau memang untuk kesenangan, maka rawatlah anis merah secara normal, yakni diberi pakan seperti halnya ketika kondisi normal. Ya dimandikan, ya dijemur, ya diberi EF dg ukuran normal, ya diberi buah. Dengan begitu, anis tetap sehat dan terus bunyi meski dengan kondisi bulu tidak ideal.
Kalau nantinya mau segera dilego dan karenanya anda harus nguber segera utuh kondisi bulunya, ya paksakan saja untuk mempercepat proses ngurak dengan menggenjot porsi kroto; juga menyetop buah, mandi dan jemur.
Tapi hal ini tidak saya sarankan. Lebih baik, rawat saja burung secara normal dan kita nikmati kicauannya tanpa rasa tergesa-gesa untuk melihat semua aspek dari burung kita berada dalam kondisi ideal.
Untuk parawatan pascamabung, ya sama saja dengan kondisi normal. Cuma, jemurnya jangan lama2 karena akan menyebabkan bulu rusak. Juga jangan terlalu banyak jangkrik, dan kroto dan/atau cacing dulu karena akan membuat burung gemuk (biasanya masa-masa sehabis mabung, burung banyak makan). Burung yang gemuk tidak akan rajin berkicau. Kalau tidak, ya malah kandeg. Apa itu kandeg? Kandeg itu istilah jawa untuk burung yang macet bunyi. Banyak burung yang kondisi fisiknya terlihat bagus, mental bagus, tidak terlihat takut terhadap orang atau burung lain, tetapi malsa atau bahkan tidak bunyi. Itulah kandeg, banyak hal yang menyebabkan burung kandeg. Antara lain adalah kegemukan.
Demikian jawaban saya saat ini. Moga-moga bermanfaat.

Tanya (Widodo Tri):
Terima kasih banyak atas masukannya. Sebenarnya saya memelihara anis merah ini adalah untuk tujuan lomba. Karena terus terang saya belum pernah main di burung ini. Sedangkan biasanya saya main lomba di burung-2 type fighter ( kacer, hwamei dan murai batu ). Dan setiap saya ketemu orang yang punya jagoan anis merah, kemudian saya tanya mengenai seluk beluk perawatannya selalu saja mengelak. Justru malah memberikan informasi yang 'menakutkan' yang katanya ginilah atau gitulah kalau memelihara anis merah. Tapi itu justru membuat saya semakin penasaran. Kebetulan dulu waktu saya tugas di jambi, saya sempat browsing dan menjadi anggota milis MPZ, dan saya lihat tulisan maupun penjelasan yang diberikan mas duto itu enak sekali. Tidak menutup-nutupi suatu hal. Cuma sayangnya saya nggak sempat copy banyak mengenai perawatan burung anis merah dan begitu kembali ke jakarta server kantor kena serang virus sehingga semua milis di yahoo di block oleh IT kita. Jadinya saya belum bisa gabung lagi di milis dan saya minta bantuan mas dutonya melalui japri.
Mengenai perawatanan anis merah untuk lomba apakah berbeda sekali dengan perawatan normal seperti yang mas duto tuliskan di bawah? Apakah pemberian extrafooding yang berlebih yg dapat memepercepat rontok bulu punya efek negatif yang besar setelahnya?
Dan saya ingin menanyakan fungsi ekstra fooding. Terutama cacing dan buah. Ada yang memberi informasi kalau pemberian cacing tiap hari akan memudahkan anis merah teler waktu di gantang. Tetapi ada yang memberitahu kalau tiap hari di beri cacing akan membuat burung tsb gembos. Dan buah khususnya apel merah bisa menggelontor/menguruskan burang pasca mabung. DAn katanya itu harus diberikan setiap hari. Yang benar itu gimana mas?


Jawab (Duto)
Ok Mas,
Perawatan anis merah untuk rumahan dan lomba, sebenarnya tidak ada bedanya. Semuanya harus menurut standar kecukupan gizi (untuk makanan) dan perlakuan (agar tidak mudah stress). Cuma saja, biasanya, burung untuk rumahan tidak terawat secara maksimal karena kita hanya memerlukan kicau merdunya setiap hari, setiap saat. Sedang kalau untuk lomba, kita perlu melatihnya bertarung di berbagai arena latihan bersama. Kalau terbukti suaranya "tembus" (keras melebihi kerasnya suara rata-rata burung lain) dan bermental bagus (teler habis dari awal sampai akhir) dengan gaya teler yang bagus (ngipas-- ekor kembang-kempis seperti kipas atau nyacah-- gaya teler dengan kepala mengangguk2 beritme cepat), maka kita pelihara burung itu untuk jagoan di arena lomba.
Sedangkan kalau hanya sebatas gacor tetapi gaya telernya biasa atau hanya teler kalau sendirian misalnya, maka itu cocok untuk burung rumahan.
Intinya, untuk perawatan, sebaiknya tidak ada beda. Harus sama-sama bagus.
Percepatan perontokan dengan penambahan EF (biasanya kroto dan ulat hongkong) bisa dilakukan. Cuma saja, ulat hongkong dibatasi jumlahnya (paling 10-15 ekor) dan itupun hanya ulat hongkong yang sudah diberi makan wortel atau daun pepaya.
Efeknya, burung bisa kegemukan dan kalau sudah kegemukan, sulit sekali menguruskannya lagi. Padahal, burung gemuk biasanya males bunyi.
Soal cacing, ya pastilah dia akan membuat burung mudah teler karena cacing bergizi tinggi dan merangsang burung untuk selalu bergembira ria (hehehehe....setara daging kambing untuk manusia kali ya.....).
Kalau kaitannya dengan gembos, saya kira tidak. Cuma, kalau burung terlalu banyak bunyi ketika sendirian. Maka dia akan mudah gembos kalau ditarungkan. Nah kita pilih mana? Kalau kita perlihara burung untuk kicauan di rumah, ya kalau di rumah nggak usaha dikerodong biar bunyi terus. Kalau mau buat lomba, ya kalau di rumah dikerodong terus agar tidak kehabisan stamina ketika lomba karena sudah bunyi terus sehari-dua hari sebelumnya secara terus menerus.
Kalau burung makan buah jadi kurus itu ya masuk logika sih Mas. Cuma biasanya, pemberian buah harus dibarengi dengan pengurangan jatah pakan lain (vorr-------sumber karbohidrat ataupun EF yang banyak lemaknya spt jangkrik dsb). Kalaupun digelontor buah kok tidak ada pengurangan karbohidrat, ya sama saja bohong.
Kalau kurang karbohidrat dan cuma banyak mengkonsumsi buah, maka burung bisa cepet kurus.
Cuma, pengurangan karbohidrat dan EFnya jangan kebangetan, nanti kurang gizi.
Untuk pengurusan, hal yang paling utama adalah sering memandikan burung di karamba. Dengan mandi di karamba, burung mengeluarkan energi yang besar untuk mengepak2kan dan menggetarkan sayap serta untuk menaikkan suhu tubuh. Jadi itulah sebenarnya, mengapa burung yang sering dimandikan malam hari "relatif" bagus. Sebab, kelangsingan tubuhnya terjaga dan karenanya rajin bernyanyi.
Begitu dulu ya Mas, moga-moga bermanfaat.

Tanya (Widodo Tri):
Sory mas Duto ada pertanyaan yang ketinggalan,
Kalalu anis merah dimasukkan dalam kandang umbaran ( seperti yg biasa saya lakukan untuk burung-2 fighter ) kira-kira boleh nggak ya? Apakah nanti malah bisa terjadi masalah? Ataukah malah sebaliknya, performannya dan fisiknya malah bagus?


Jawab (Duto):
Nggak menjamin jadi bagus Mas. AM itu burung yang relatif peka terhadap perubahan2 kandang, pakan, kondisi dsb. Maunya pengin jadi bagus, bisa-bisa malah jadi jeblok. Terus terang, selama ini belum pernah saya melihat/mendengar ada AM yang diterapi kandang umbaran (untuk meningkatkan stamina dengan cara memaksa dia "berolahraga"). Tapi kalau Anda mau mencobanya, itu sangat bagus.
Tinggal nanti saya menunggu report-nya. Bagaimana? Hehehehe....
Salam,
Duto Solo

N1L4
30 May 2006, 11:19 AM
Skedar nambahin bahasan om Duto.

Untuk umbar AM cukup menggunakan kandang CR yg ukuran 60 x 60. Asal jangan lupa kualitas tangkringan jangan berbeda menyolok dengan kandang normalnya.

Cara ini saya sering terapkan utk brg2 anis yg gemuk/ kualitas bulu kurang atau bahkan stamina. Biasanya cara ini saya pake utk solusi kualitas jemur yg kurang terpenuhi di rumah saya.

Mohon koreksi

Wassalam,

Duto Sri Cahyono
31 May 2006, 02:01 PM
Untuk umbar AM cukup menggunakan kandang CR yg ukuran 60 x 60. Asal jangan lupa kualitas tangkringan jangan berbeda menyolok dengan kandang normalnya.

Yang dimaksud kualitas ini sebenarnya lebih pada ukuran yang sama. Misalnya, biasanya si AM pakai tangkringan dengan diameter 2cm, ya kalau dipindah ke sangkar lain maka tangkringannya juga tetap berdiameter 2 cm. Perubahan diameter tangkringan kadang menyebabkan AM ngadat bunyi.

Salam,
Duto Solo

N1L4
31 May 2006, 06:21 PM
Setuju dengan ulasan pak Duto. Klo saya biasanya menggunakan 2 tangkringan yg dipasang bawah dan atas ngetrap. Ukuran berbeda utk melatih kekuatan cengkraman kaki skalian latih stabilitas brg (istilahnya biar gak cengeng). Saat pindah kandang gak rewel lagi. Selain itu juga jangan lupa sifat burung anis terutama anis merah cenderung bosen tempat. Sbagai contoh adalah saat beli kita dpt burung super gacor stelah 1 minggu pasti males2an. Saat sering kita ajak jalan akan cenderung stabil tapi klo sperti saya yg males jalan pasti lama2 jadi bisu degh. Nah diakalin dengan rutin mengganti kandang beserta asesoris dalemnya. Alhamdulillah burung gak rewel dan cenderung bandel juga gak mudah bosen tempat.

Mohon koreksi.

Wassalam;

PKM - JJ

anton
22 June 2006, 01:50 PM
Setuju dengan ulasan pak Duto. Klo saya biasanya menggunakan 2 tangkringan yg dipasang bawah dan atas ngetrap. Ukuran berbeda utk melatih kekuatan cengkraman kaki skalian latih stabilitas brg (istilahnya biar gak cengeng). Saat pindah kandang gak rewel lagi. Selain itu juga jangan lupa sifat burung anis terutama anis merah cenderung bosen tempat. Sbagai contoh adalah saat beli kita dpt burung super gacor stelah 1 minggu pasti males2an. Saat sering kita ajak jalan akan cenderung stabil tapi klo sperti saya yg males jalan pasti lama2 jadi bisu degh. Nah diakalin dengan rutin mengganti kandang beserta asesoris dalemnya. Alhamdulillah burung gak rewel dan cenderung bandel juga gak mudah bosen tempat.

Mohon koreksi.

Wassalam;

PKM - JJ



terimakasih atas masukan nya rekan2x KM
sekarang Anis Merah saya lagi mabung,dan males2x an untuk bunyi.. memang kalo waktu mabung nggak fiit,apa sebaiknya di masukkan ke kandang umbaran ya.....
buat terapi...... fisik mungkin...?

apakah sebaiknya begitu rekan2x...
mohon bimbingannya ,

tengkyu
anton solo

Kalo ciri AM cewean gimana?

dedy_kusnadi
22 June 2006, 01:53 PM
Kalo gak salah sich, kalo lagi mabung jangan dimasukin kandang umbaran dech, soalnya burung lagi mabung kan butuh energi extra, kalo terbang-terbang melulu kan butuh energi juga, jadi dikhawatirkan tenaganya malah terkuras untuk terbang

Kalo salah tolong dikoreksi ya

Widodo3C
27 June 2006, 10:39 AM
Wah, tulisanku jadi masuk milis. Jadi malu nich, Mas! So Mas duto harus bayar royalti dong ke aku.... hee..hee...
Aku disini pakai nick name singo edan, mas. Nama asli masih tetap nggak berubah. Dan aku belum sempat kirim perkenalan+foto spt mas duto lakukan dan temen-2 yang lainnya. Menyusul dech...
kembali ke topic...Memang berat memelihara burung yang satu ini. Dibanding burung firghter lainnya, anis ini memang lain daripada yang lain. Ganti kerobong dari warna polos ke batik, jadi kelabakan lalu bulu rontok. Lihat gorden warna pink kelabakan, rontok lagi. Heee..hee... aneh khan? Tapi untung ada pakar spt mas Duto ini. Jadi enjoy dech memelihara. Yang pasti aku selalu inga'...inga'.. thingg..ggg !!! pesan mas duto "Burung adalah penghilang stress kita, bukan malah burung yang bikin kita stress !". Itu yang selalu aku pegang.
Sedikit cerita tentang kasus anisku tsb, setelah aku coba saran dari mas Duto, burung itu akhirnya ambrol juga. Meski waktunya lama, 4,5 bln !!! Tapi sekarang sudah mulai gacor lagi, cuma telernya di pinggir tangkringan ( hal ini pernah aku tanyakan juga ke mas duto di milis KM ). hee..hee.. tapi malah dikritik mas Duto, katanya yang lain pada bingung gimana bikin anis teler, ini malah bingung gimana bikin anis teler di tengah tangkringan. Mamang manusia tidak pernah puas. Ampun dech, mas !!!
Dan saat itu ada hal yang terlewat dalam perawatan anis pasca mabung. Menurut info teman, burung anis harus full buah setelah mabung utk menghindari sifat galak yang berlebih. tapi ini tidak aku lakukan, dan memang anisku ini galaknya bukan main. Dg anis lain dia spt ingin bertarung kaya ayam, tetapi kalau dg orang anis ini berlaku spt orang solo ( hee..hee... mksdnya kalem ). jadi gak matok tangan. Katanya ya ini akibat tidak dikasih buah setelah mabung. Gimana mas Duto mengenai info ini ?? Bener nggak ya ?

Duto Sri Cahyono
27 June 2006, 11:54 AM
Pertama, soal teler di tengah, belum lama ini saya juga dapat pertanyaan soal itu lagi, Mas. Karena si penanya nggak juga putus asa, maka saya sarankan dia untuk eksperimen sekalian. Saya bilang, "OK. Sekarang tangkringannya dibuat model tangkringan MB, pakai leter T." Maka dipindahlah AM ke sangkar pakai tangkringan T. Eh, si AM ternyata telernya nggak mau di tangkringan, tetapi di bawah dan mepet ke dekat jeruji. "OK. Sekarang bagian dasar sangkar dikasih karet pentil yang dipasang silang2." Maka dia lakukan juga saran saya. Apa yang terjadi? AMnya mau bunyi di tangkringan tetapi tidak mau teler. Nah, pemiliknya stress. Saya? Terbahak2 hahahaha.......
Akhirnya dilepaslah karet2 dan tangkringan dikembalikan seperti semula. Maka, AMnya pun jadi happy lagi. Bunyi, teler, meski selalu minggir dekat jeruji, dan kalau pas teler kepalanya sering terantuk ke jeruji. Tetapi ternyata hal itu kini malah membuat kawan saya terpingkal2 kalau melihat telernya si AM. "Antik ya?" dia bilang. Maka saya pun menyahut, "Kamu lebih antik........"

Soal sebab-akibat antara makan buah dan kegalakan, saya tidak tahu persis. Yang jelas, buah diperlukan AM untuk kecukupan serat, vitamin dan mineral. Soal galak, coba sering2 ditrek dengan AM lain agar terbiasa "bersosialisasi" dan tidak usil lagi bila suatu ketika di turunkan di arena.

arkan rusdy
4 July 2006, 04:20 PM
Dear KM,

gimana mengatasi agar AM tahan teler lama???

terima kasih

rusdy

joxer
12 November 2006, 11:26 AM
Salam kepada para pakar AM
saya ini pemula banget ingin bertanya. saya punya AM baru setelah saya barter ama 2 AM lama saya yang nggak bunyi selama 15 bulanan. sampek saya stress peliharanya padahal dulu saya beli harga Rp 350 dan yang satu barter ma wham mei(sudah gacor), tapi ternya ta macet.
sekarang yang baru masih muda bunyinyam asih ngeriwik pelan. EF nya saya kasih pisang, apel, pepaya, jangkrik, kroto, cacing bergantian. tapi AM ini nggak mau mandi di bak, gimana caranya mengajarkan mandi di bak?
yang kedua kalau bulu sayapnya agak nyisir tapi ada yang baru tumbuh apa perlu di paksa mabung???
kalau mancing AM di sejajarkan ama yang bunyi apa nggak takut ngedrop(saya baca tulisan di forum)?
untuk pasangan burung AM yang bagus apa???
dan pertanyaan terakhir harga AM bunyi awalan brp?? saya mau cari lagi untuk pasangan yang baru ini

andreas_nw
30 March 2007, 09:02 PM
Mas Duto.... salam kenal ya mas.Mohon pencerahan hal AM saya... yang saya tulis ini apa adanya..... sejak ( kata orang ) salah rawatan disaat mambung sampai hari ini ... belum bisa kembali ke performance awal.... saya sampai malu nanya nanya terus, tapi ini demi hobby... kondisi AM saya benar benar seperti kesetanan... lompat lompat tangkringan / jruji... bunyi ngplong teler.... lompat lagi wuih... jengkel rasanya.... diajak lomba malah .... nggak mau nangkring... ( kata sahabat KM ) over birahi.... nah saat ini om burung saya titipin diperawat.... ( pasar )... sejarahnya gini om... awal makannya kroto krsital merah... jangkrik 4- 4 mandi malam kroto sehari sekali seminggu 2 kali buah dan cacing... terus ngurak.... makanan saya ganti fancy... EF tetap.... habis ngurak bulu bagus 3 bulan saya bawa latber.... wah " nujah ...nujah ... seperti burung kesetanan "... nah sekarang burung saya kasih jangkrik 2 - 1 , buah ... tomat, ktoto stop... tapi ya masih " nujah nujah " enaknya gimana om... mohon bantuannnya... dirawat dirumah sendiri ? terus makan & EF nya bagaimana ... sembah nuwun

irawanmh
12 June 2007, 02:02 PM
Setahu sy jangkrik alam yang plg baik untuk brg kita tercinta (tinggi proteinnya) cuman sayangnya susah didapat dan tidak tahan hidup dibandingkan jangkrik ternak, tetapi sy pribadi kalo disuruh milih pasti milih jangkrik alam. CMIW

Arigprs
25 June 2007, 12:05 PM
Tanya (Ari Jogja)
Mas Doto,
Salam kenal dr jogja. Saya mau tanya tentang Anis Merah (AM)
Begini , sy pny AM terlalu birahi dan suka makan ekornya sendiri (sampai bulu ekor patah), catatan AM saya tidak kutu-an, Padahal dulu tidak spt itu.Tlng donk kasih solusi ???
Thx B4

anomhidayat
5 July 2007, 12:52 PM
Salam kenal Mas Duto.
mohon pencerahannya nih, AM ku sudah 3th ngemplong,volume tembus tebal variasi bagus tapi nggak teler2.
saya coba dekatin AM yang teler juga tidak berhasil tapi tetap aja ngempong terus,mandi jemur teratur.
saya kerodong 1 bulan tetap ngemplong,dibuka kerodongnya 1bulan tetap aja ngemplong.
pusing nih gimana atasinnya mas Duto dan para pakar AM.
makasih, tolooooooooooong donk ah.

bjah
19 September 2007, 06:25 PM
salam kenal tuk kicaumania.

ada yang bisa bantu saya? please..
begini ceritanya. satu bulan yang lalu saya beli AM asal citayam ( katanya sih bunyi ),teman saya bawa dari citayam transit kebekasi dengan mobil ( malam ),besoknya saya bawa dengan motor ke tanjung priok.
kenapa sampai rumah tidak bunyi? apakah karena perubahan iklim?
sebab didaerah citayam berhawa dingin sdg ditemoat saya suhunya panas ( tanjung priok ).
sekarang sudah mulai bunyi tapi jarang sekali ( 1 kali seminggu kadang 2 minggu sekali, itupun pagi hari sekitar jam 6 pagi saat sepi ) belum teler
untuk perawatan harian pagi dan malam dimandiin jemur pagi kira2 30 menit.
EFnya jangkrik 3 pagi 3 sore cacing 2 pagi sore, buahnya pepaya seminggu 3 kali ( maunya cuma buah pepaya ).

Bagaimana caranya supaya bisa cepat rajin bunyi dan teler? mohon bantuannya.

terima kasih
salam kicaumania

fauzan_zhd
13 June 2008, 10:24 AM
Nanya ah, ada efeknya nggak, kalau misalnya rawatan AM saya nggak stabil/konsisten. Misalnya dalam hal mandi, pemberian EF, penjemuran.

Duto Sri Cahyono
14 June 2008, 01:37 AM
Nanya ah, ada efeknya nggak, kalau misalnya rawatan AM saya nggak stabil/konsisten. Misalnya dalam hal mandi, pemberian EF, penjemuran.

Njawab ah....:

Kalau Anda memang "konsisten untuk tidak konsisten" dalam waktu lama ya mungkin nggak apa2 karena AM-nya jadi jadi AM yang terbiasa menghadapi ketidak-konsitenan secara konsisten (wah sulit nih membayangkannya...).
Tapi saran saya, coba baca ini: http://kicaumania.org/forums/showthread.php?t=12995

Salam,
Duto

Atiga
25 June 2008, 07:32 AM
Mau tanya om duto, kalo AM tiba2 berhenti mabung gmn? Padahal dah 5 hari rontok terus lalu tiba2 bhenti. Padahal masih bnyk bulu2 tuanya. Sampai sekarang dah hampir 1 bulan ndak rontok. Sampai2 sy beri perontok. Tlng masukannya ya om. "Thank you"

Duto Sri Cahyono
30 June 2008, 04:02 PM
Mau tanya om duto, kalo AM tiba2 berhenti mabung gmn? Padahal dah 5 hari rontok terus lalu tiba2 bhenti. Padahal masih bnyk bulu2 tuanya. Sampai sekarang dah hampir 1 bulan ndak rontok. Sampai2 sy beri perontok. Tlng masukannya ya om. "Thank you"

Kalau diberi perontok nggak juga rontok berarti memang belum waktunya saja. Jadi mungkin dulu memang belum waktunya rontok tetapi karena faktor lingkungan (fisik atau mental) dia ngurak.
Sekarang diperlakukan biasa saja seperti halnya AM yang tidak ngurak ataupun mabung. Nah nanti kalau terjadi tanda2 rontok lagi, maka Anda bisa melakukan treatment biasa ataupun "ngoboy". Untuk treatment biasa, ya lakukan saja penanganan seperti biasa. Kalau mau pengin cepet ambrolnya, bisa dilakukan cara "ngoboy", yakni mandi distop, ganti merk voer (bertahap selama 3-4 hari), nggak usah dibersihkan kotorannya, full kerodong, full kroto, stop buah, tambah UH antara 3-4 ekor sehari (jangan banyak2), diletakkan di ruangan yang relatif panas (ya diukur lah jangan sampai burung kesiksa).
Semua terapi "cowboy" itu adalah untuk mempercepat rontok bulu. Okey?

Salam,
Duto

Christ Murdock
4 July 2008, 01:30 PM
Salam kenal Mas Duto.
mohon pencerahannya nih, AM ku sudah 3th ngemplong,volume tembus tebal variasi bagus tapi nggak teler2.
saya coba dekatin AM yang teler juga tidak berhasil tapi tetap aja ngempong terus,mandi jemur teratur.
saya kerodong 1 bulan tetap ngemplong,dibuka kerodongnya 1bulan tetap aja ngemplong.
pusing nih gimana atasinnya mas Duto dan para pakar AM.
makasih, tolooooooooooong donk ah.

Sebelumnya Met Kenal Om Duto......!!
Saya coba baca pertanyaan rekan kita ( seperti diatas ),,, dan saya merasa tertarik dengan pertanyaan tersebut. Banyak rekan2 di KM yang bila Kopdar membicarakan hal ini juga yang terjadi pada burung kesayangannya,,,, mohon kiranya Om Duto dapat memberikan masukannya,,, karena Jawaban Om Duto banyak manfaatnya juga bagi kami yang suka memelihara AM.

Thanks Ya Om 8->8->8->8->8->

Duto Sri Cahyono
5 July 2008, 03:21 AM
Sebelumnya Met Kenal Om Duto......!!
Saya coba baca pertanyaan rekan kita ( seperti diatas ),,, dan saya merasa tertarik dengan pertanyaan tersebut. Banyak rekan2 di KM yang bila Kopdar membicarakan hal ini juga yang terjadi pada burung kesayangannya,,,, mohon kiranya Om Duto dapat memberikan masukannya,,, karena Jawaban Om Duto banyak manfaatnya juga bagi kami yang suka memelihara AM.
Thanks Ya Om 8->8->8->8->8->

Ok saya coba jawab:
1. Sudah pernah dibawa ke Latber? Pernah dicas bareng2 AM banyak; atau minimal pernahkah ketemu dengan AM lain dalam jumlah banyak?
Kadang ada AM yang sama sekali tidak pernah teler sampai bertahun-tahun tetapi tiba-tiba langsung "leeerrr" teler begitu ditandingkan dengan banyak AM.
2. Yakinkah bahwa AM Anda hanya ngeplong2 saja? Sebab, ada kok gaya AM yang teler dengan tetap menegakkan kepala, dan hanya sedikit menggoyang2kan kepala atau juga hanya buka-buka ekor. Untuk membedakan apakah AM itu teler atau tidak, coba saja dengarkan lagunya. Kalau awalnya hanya ngeplong2 dengan jarak antar ngeplongan relatif lama, tetapi menjadi relatif cepat dengan lagu yang lebih variatif, bisa jadi itu AM dalam kondisi teler.
3. Ada AM yang memang "tidak bisa teler" kalau pengertian teler adalah bunyi dengan speed rapat sambil mendengklukkan kepala, goyang, buka ekor dan sebagainya. Ini memang AM yang "langka". Kalau AM Anda memang demikian, sayang sekali bahwa hal itu bukan terjadi pada pertengahan dekade 90. Sebab pada masa itu, AM seperti inilah yang diburu para penghobi AM dengan harga yang selangit. Mengapa diburu? Sebab pada masa awal-awal kepopuleran AM di pertengahan dekade 90, AM yang gacor tetapi tidak teler-lah yang dianggap sebagai AM bagus. Sedangkan kalau ada AM belum-belum sudah teler, maka akan segera terdengar "huuuu" mencemooh.

Untuk itulah barangkali perlu lagi kita "kompori" adanya lomba AM non-teler, pasti banyak dan ramai peminatnya.

Terlepas dari itu semua, coba saja amati secara jeli poin 1-3 yang saya sampoaikan pada AM Anda. Dengan demikian, ada bahan lanjutan untuk diskusi ini.

Salam,
Duto

Atiga
20 July 2008, 12:54 AM
Mau tanya lagi om duto.
Kondisi AM saya sdh selesai mabung 2 bulan. Skrng tiap sabtu mulai dilatber. Tapi kok setengah2 telernya (mantul2) gitu lo. Padahal dulunya waow keren.
EF:
pagi jangkrk 1, apel 1/2 jemur sampe jm 10, sore jngkrk 1, malam mandi trus kasih cacing 2. Apakah ada yg salah dgn setelan ini om? Tolong sarannya om. Terima kasih

Duto Sri Cahyono
20 July 2008, 02:24 AM
Mau tanya lagi om duto.
Kondisi AM saya sdh selesai mabung 2 bulan. Skrng tiap sabtu mulai dilatber. Tapi kok setengah2 telernya (mantul2) gitu lo. Padahal dulunya waow keren.
EF:
pagi jangkrk 1, apel 1/2 jemur sampe jm 10, sore jngkrk 1, malam mandi trus kasih cacing 2. Apakah ada yg salah dgn setelan ini om? Tolong sarannya om. Terima kasih

Sementara jangan pelit-pelit kasih jangkriknya. Pagi 3 sore 2. Nanti kalau terlalu birahi, kurangi jadi 2/1. Pepayanya mana?

vyan
20 July 2008, 06:03 AM
Pagi om Duto. Sy mau tanya manfaat and efek ulat hongkong bagi AM tu apa om? Thx sebelumnya om Duto.

Atiga
20 July 2008, 07:20 AM
Sementara jangan pelit-pelit kasih jangkriknya. Pagi 3 sore 2. Nanti kalau terlalu birahi, kurangi jadi 2/1. Pepayanya mana?

He he... Siap kasih pepaya bos! Kabar selanjutnya akan menyusul. TERIMA KASIH:)]

Atiga
21 July 2008, 03:26 PM
Om duto AM sy kok tiba2 "tÚlo" (susah berdiri n terbang) tapi masih bisa makan n minum. Waduuh knapa ya? Obatnya apa ya.
Padahal baru beli.. :(

jhonitriharto
26 July 2008, 09:19 AM
om yg baik sy punya AM boleh saya bilang suaranya sangat kencang tapi agak gemuk dan susah sekali untuk teler, bgmn caranya biar bisa teler om

Duto Sri Cahyono
28 July 2008, 01:39 AM
Pagi om Duto. Sy mau tanya manfaat and efek ulat hongkong bagi AM tu apa om? Thx sebelumnya om Duto.

Ulat hongkong bagus untuk EF, tetapi harus terukur pemberiannya karena, menurut pengalaman beberapa penghobi, bisa membuat mata burung tertentu mletis (katarak ataupun tumbuh bisul di mata). Hanya saja saya tidak berani mengatakan apa itu (membuat mata katarak) benar atau tidak sebab saya belum pernah mempunyai pengalaman punya momongan sakit mata karena UH.
Hanya berdasar pengamatan dan pengalaman saya, UH tampaknya sangat "enak" bagi burung. Buktinya, kalau saya beri EF bersamaan untuk MB misalnya, yakni 4 UH, 4 jangkrik dan sesendok makan kroto, maka yang langsung diserbu MB adalah UH-nya duluan. Begitu juga dengan pentet ketika saya masih piara burung itu.
Ya, apapun juga, kalau kebanyakan pastilah tidak baik. Saya saja kalau di meja makan ada sate kambing, sayur lodeh dan tempe bacem, pastilah yang saya serbu satenya dulu. Tetapi kalau kebanyakan?.... waduh, sakit mah saya jadi kumat di malam hari. Sedikit-sedikit "mah... bangun...mah...", hehehehe.

Duto Sri Cahyono
28 July 2008, 01:49 AM
QUOTE=Atiga;238430]Om duto AM sy kok tiba2 "tÚlo" (susah berdiri n terbang) tapi masih bisa makan n minum. Waduuh knapa ya? Obatnya apa ya.
Padahal baru beli.. :([/QUOTE]

Ketika beli apa tidak ada tanda2 sakit? Bulu mengkeruk tidak rapat ke body misalnya? Jangan2 bekas dopingan...
Kalau akibat kena virus atau penyakit pada umumnya, coba saja pakai obat yang mengandung sulfa atau tetra (atau antibiotik lainnya). Tetapi saya tidak yakin AM Anda bisa selamat (bukan nakut2i lho) sebab kayaknya sakitnya sudah kronis. Tetapi tetap saja harus diobati, siapa tahu bisa selamat sentosa.


om yg baik sy punya AM boleh saya bilang suaranya sangat kencang tapi agak gemuk dan susah sekali untuk teler, bgmn caranya biar bisa teler om

Ada AM yang memang tidak bisa teler dalam pengertian ngoceh sambil menekuk leher dan geleng2 kanan kiri, dan hanya bisa ngeplong2 nglagu. Kalau AM Anda dulu pernah teler, berarti nantinya akan bisa teler lagi. Coba teliti lagi riwayat AM itu. Kalau bukan rawatan Anda sejak awal, tanya2 ke majikan2 sebelumnya, bagaimana dulu settingannya dan juga EF yang biasa diberikan.
Coba di trek dengan AM lain lebih dari 1. Kalau tetap ngadat, bisa Anda berikan cacing 2/2 per hari selama 3 hari dan lihat perubahannya.
Kalau tidak ada perubahan, coba perbanyak mandinya untuk mengurangi kegemukannya dan jangan lupa buah2annya.
Saya tunggu perkembangannya.

Ekopuji.yulianto
28 July 2008, 12:16 PM
Salam kenal Om Duta

Ijinkan saya bertanya tentang penyembuhan katarak om,dengan cara apa ya.. katarak pada anis merah bisa hilang? Karena pada awalnya tidak ada, sewaktu saya jemur Am ku baik-baik aja namun setelah 1 minggu tiba-tiba muncul lingkaran putih di mata nah.. saya coba untuk bertanya ama teman, dia bilang kena katarak om dan sejak itu Amku ngambek padahal rawatan ndak berubah , mandi 2 kali pagi dan malam jangkrik 1 sehari , cacing 1 sehari, buah pepaya, mohon bantuannya om makasih

salam
Aphace

Duto Sri Cahyono
29 July 2008, 12:48 AM
Salam kenal Om Duta
Ijinkan saya bertanya tentang penyembuhan katarak om,dengan cara apa ya.. katarak pada anis merah bisa hilang? Karena pada awalnya tidak ada, sewaktu saya jemur Am ku baik-baik aja namun setelah 1 minggu tiba-tiba muncul lingkaran putih di mata nah.. saya coba untuk bertanya ama teman, dia bilang kena katarak om dan sejak itu Amku ngambek padahal rawatan ndak berubah , mandi 2 kali pagi dan malam jangkrik 1 sehari , cacing 1 sehari, buah pepaya, mohon bantuannya om makasih
salam
Aphace

Terus terang saya belum pernah bisa menyembuhkan katarak pada burung. Hanya saja menurut drh Jatmiko, kalau belum parah bisa dicegah perluasannya, tetapi secara detailnya saya belum mendapatkan penjelasan lebih lanjut (coba nanti saya kejarnya....).
Cuma perlu dilihat lagi, apakah itu katarak atau tumbuh semacam bisul di bagian dalam mata. Soalnya kalau semacam bisul, kemungkinan besar bisa diatasi dengan pemberian antibiotik burung.

ST_168
20 August 2008, 12:14 AM
Terus terang saya belum pernah bisa menyembuhkan katarak pada burung. Hanya saja menurut drh Jatmiko, kalau belum parah bisa dicegah perluasannya, tetapi secara detailnya saya belum mendapatkan penjelasan lebih lanjut (coba nanti saya kejarnya....).
Cuma perlu dilihat lagi, apakah itu katarak atau tumbuh semacam bisul di bagian dalam mata. Soalnya kalau semacam bisul, kemungkinan besar bisa diatasi dengan pemberian antibiotik burung.

salam kenal mas duto dan om om semua,...
gimana mas duto hasil pengejarannya ? koq sampai ini hari belum juga dijelasin pencegahan perluasan kataraknya
mungkin drh jatmiko kekencengan larinya ya om ?.........he...he....ma"af om becanda

salam

Duto Sri Cahyono
20 August 2008, 03:08 AM
salam kenal mas duto dan om om semua,...
gimana mas duto hasil pengejarannya ? koq sampai ini hari belum juga dijelasin pencegahan perluasan kataraknya
mungkin drh jatmiko kekencengan larinya ya om ?.........he...he....ma"af om becanda

salam

Hahaha, saya belum sempat ngejar karena harus sibuk kejar yang lainnya. Beberapa hari belakangan ini saya berada di luar Solo terus sampai-sampai nggak sempat online. Saya akan cari tahu sesegera mungkin setelah selesai merampungkan pekerjaan yang mendesak untuk segera klaar.

fandi_459
20 August 2008, 11:33 AM
om saya punya AM tapi koq sering loncat2 n klo bunyi cmn klo pas sepi orang..apa salah perawatan yaa??

ST_168
23 August 2008, 12:16 PM
Hahaha, saya belum sempat ngejar karena harus sibuk kejar yang lainnya. Beberapa hari belakangan ini saya berada di luar Solo terus sampai-sampai nggak sempat online. Saya akan cari tahu sesegera mungkin setelah selesai merampungkan pekerjaan yang mendesak untuk segera klaar.

Ok boz sabar koq qta,......semoga cuuuepeet klaar pekerjaannya,......
nek oot nyuwun pangapunten sanget om mod

dadan express
23 August 2008, 12:45 PM
om saya punya AM tapi koq sering loncat2 n klo bunyi cmn klo pas sepi orang..apa salah perawatan yaa??
am loncat loncat bisa kurang kenyang(tambah ef)
klu bunyi ngak ada org mungkin blm stabil mungkin njuga karakter am takut sama pemiliknya(saya juga punya)

fandi_459
25 August 2008, 10:26 AM
udah saya tambah ef nya tuh om..klo kurang stabil gmn caranya ya om??apa mandi malem solusinya??maturnuwun

Boss_djaka
25 August 2008, 03:51 PM
Mau nanya nih om... AM saya kok akhir - akhir ini kalo bunyi + teler di bawah... Perawatan mandi malam jam 8. jangkrik 1 sore, cacing 1 pagi buah pepaya. Jemur jam 6 s/d 8 pagi... Sudah tak coba ganti sangkar + tangkringan kok masih tetep... apa karena terlalu birahi ???? trima kasih sarannya

Duto Sri Cahyono
2 September 2008, 11:24 PM
udah saya tambah ef nya tuh om..klo kurang stabil gmn caranya ya om??apa mandi malem solusinya??maturnuwun

Hm, jangan bingung ya kalau saya justru menyarankan dikurangi EF-nya. Dalam perawatan burung, memang perlu coba-coba selama tidak membahayakan fisik dan mental burung. Banyak AM stabil kerja, justru dengan EF yang minim (kadang EFnya malah sehari cuma 1 ekor jangkrik). Perbanyak mandi; malam juga boleh. Coba juga diembun2kan di pagi hari (seputaran subuh sudah dikeluarkan).
Bagaimana dengan pemberian buah? Beri pisang yang benar2 matang dan lebih baik lagi kalau pepaya atau sawo yang benar2 matang.

Salam,
Duto Solo

Duto Sri Cahyono
2 September 2008, 11:29 PM
Mau nanya nih om... AM saya kok akhir - akhir ini kalo bunyi + teler di bawah... Perawatan mandi malam jam 8. jangkrik 1 sore, cacing 1 pagi buah pepaya. Jemur jam 6 s/d 8 pagi... Sudah tak coba ganti sangkar + tangkringan kok masih tetep... apa karena terlalu birahi ???? trima kasih sarannya

Coba ingat2 lagi ukuran (diameter) tangkringan yang dulu (ketika belum suka teler di bawah) dipakai. Kembalikan ke ukuran waktu itu. Pada bagian bawah sangkar bisa dicobakan diberi karet pentil yang ditali menyilang (jangan kencang2) sehingga burung akan naik lagi begitu nyenggol karet yang Anda pasang.
Juga periksa bagian telapak kaki AM. Jangan2 ada bagian yang sakit/luka sehingga burung tidak enjoy untuk nangkring.

Salam,
Duto Solo

kus4nag1
6 October 2008, 04:16 PM
mau nanya nihh om.. ukuran ideal untuk kurungan AM itu sebenarnya berapa..? kata kebanyakan orang lebih baik ukuran 40 aja.. lebih baik menggunakan kurungan yang model kotak atau bundar...? trims om.......

agusmibu
15 October 2008, 11:05 AM
Salam Kenal U/ para rekan2, Senior & ahli AM,...
Setelah salah baca dari awal, smpai akhir Thread,..saya masih belum Bisa Ambil Rangkuman/kesimpulan dari pembahasan ini,..atau yang bisa dibuat pegangan,hanya seberapa yang sy pahami,..
sy minta tolong kepada para rekan,senior,& ahli AM Atau mungkin Pak Moderator Sendiri,(heheheee) untuk memberi urutan dalam memilih/menentukan jenis kelamin Yang lebih Spesifik,khususnya AM yg masih anakan(yng masih disuapi atau Trotol),...
Terus terang Saya Sudah 3 kali Membeli dan saya rawat Cukup lama,..hasilnya AM Sy ini Cewek, kejadian ini berulang terus sampai yang ketiga kali,..Sy sampai2 Setengah putus asa,..(hehehehee.......Jd kayak CURHAT Nich,.."Maaf),..Jd saya sngat Berharap sekali,..kepada Rekan2,senior/ahli dalam bidang AM ini,...??????????

Thank's Be For,..

abin_nita
11 November 2008, 02:01 PM
salam kenal mas..............
mas Duto,mau tanya neh...kalo AM dirumah gak berhenti2 bunyi & teler tapi kalo melihat anis merah yang lain malah macet..mohon pencerahannya mas...?trims

salam KM..

bedjoe
13 November 2008, 10:06 AM
salam kenal om duto
saya mau tanya om,saya punya AM baru pemberian kakak saya,kondisi pada waktu saat ini mabung,pemberian EF pagi 2 jangkrik 2 cacing,sore 2 jangkrik 2 cacing,pepaya 2 hari 1 x,saya kasih voer fancy,bunyi AM saya critttttt panjang,kadang - kadang ngeriwik,yang saya tanyakan kenapa AM saya sulit sekali masuk keramba saat mau dimandikan,apakah boleh waktu mabung dimandikan malam hari,penjemuran saya lakukan hanya hari minggu saja karena aktivitas kerja saya senin s/d minggu.apakah boleh kalo mabung dilakukan penjemuran?.saat ini AM saya kerodong terus waktu pagi saya buka dan waktu pulang kerja saya buka lagi.
demikian permasalahan AM saya mohon masukkannya,apabila ada kekurangan tulisan mohon maaf
terima kasih Om Duto

Duto Sri Cahyono
14 November 2008, 06:12 AM
mau nanya nihh om.. ukuran ideal untuk kurungan AM itu sebenarnya berapa..? kata kebanyakan orang lebih baik ukuran 40 aja.. lebih baik menggunakan kurungan yang model kotak atau bundar...? trims om.......

Nggak ada ukuran ideal. Tergantung kebiasaan masing-masing burung dalam waktu lama. Juga soal bulat atau kotak. Kadang AM yang terbiasa di kandang kotak, nggak akan segaor kalau di bulat atau sebaliknya.
Nggak usah terpancang orang lain soal ukuran, sebab pada dasarnya 1000 burung adalah 1000 karakter. Anda sendiri yang bisa melihat kebiasaan mana yang paling pas untuk AM Anda.


sy minta tolong kepada para rekan,senior,& ahli AM Atau mungkin Pak Moderator Sendiri,(heheheee) untuk memberi urutan dalam memilih/menentukan jenis kelamin Yang lebih Spesifik,khususnya AM yg masih anakan(yng masih disuapi atau Trotol),...


Kalau beli di pasar, kalau penjualnya bilang harganya "A rupiah", nggak usah nawar harga tetapi minta saja, "boleh pegang dan lihat lidahnya enggak Pak". Kalau boleh coba nanti dipegang, buka paruhnya, lihat pangkal lidah yang nyabang meghadap ke dalam. Kalau bagian itu gelap/hitam, jantan. Kalau merah muda, betina. Beberapa kali percobaan dan pengamatan, menunjukkan hal itu.
Kalau nggak boleh dibuka-buka, tambah saja uang Rp 25rb atau 50 rb. nanti dia pasti membolehkan.

QUOTE=abin_nita;309159]mau tanya neh...kalo AM dirumah gak berhenti2 bunyi & teler tapi kalo melihat anis merah yang lain malah macet..mohon pencerahannya mas...?trims
salam KM..[/QUOTE]

Sama dengan jawaban atas pertanyaan Anda via PM:
Bisa jadi memang masalah mental. Coba dibiasakan ditrek dengan AM lain. Syukur2 dicoba di latihan.
Kadang2 AM susah ditebak. Bisa jadi sendirian teler2 tetapi ketemu satu dua ekor diam, tetapi kalau ketemu banyak (seperti di latber misalnya) bisa jadi mau teler juga.
Dicoba terus saja. Trial and error.


saya punya AM baru pemberian kakak saya,kondisi pada waktu saat ini mabung, pemberian EF pagi 2 jangkrik 2 cacing,sore 2 jangkrik 2 cacing,pepaya 2 hari 1 x,saya kasih voer fancy,bunyi AM saya critttttt panjang,kadang - kadang ngeriwik,yang saya tanyakan kenapa AM saya sulit sekali masuk keramba saat mau dimandikan,apakah boleh waktu mabung dimandikan malam hari,penjemuran saya lakukan hanya hari minggu saja karena aktivitas kerja saya senin s/d minggu.apakah boleh kalo mabung dilakukan penjemuran?.saat ini AM saya kerodong terus waktu pagi saya buka dan waktu pulang kerja saya buka lagi.

Jadi masalahnya sebenarnya kan nggak mau masuk ke karamba. Banyak sudah tips dan trik diberikan kawan2 tentang itu. Silakan dicari melalui bantuan "search tool".

Salam,
Duto

aisyah
17 November 2008, 12:31 PM
lam kenal om....
sy punya AM 3ekor,yang 1dah teler dan gacor,yang 1 lg br beres mabung dan mulai ngriwik trus yang 1 lg sdang mabung,pertanyaannya boleh ga sy gantungin sangkarnya berdekat-dekatan...?trus gimana triknya supaya AM sy yg ngriwik biar cepat ngeplong dan teler...?sblumnya sy ucapin trm ksh tas infonya om.....

Duto Sri Cahyono
18 November 2008, 03:38 AM
lam kenal om....
sy punya AM 3ekor,yang 1dah teler dan gacor,yang 1 lg br beres mabung dan mulai ngriwik trus yang 1 lg sdang mabung,pertanyaannya boleh ga sy gantungin sangkarnya berdekat-dekatan...?trus gimana triknya supaya AM sy yg ngriwik biar cepat ngeplong dan teler...?sblumnya sy ucapin trm ksh tas infonya om.....

Kalau kondisi fisik beres semua, digantang berdekatan nggak apa-apa. Tetapi kalau kondisi ada yang tidak fit (mabung), pisahkan saja (nggak saling lihat).
Yang lagi ngriwik habis mabung, ya biar tuntas dulu mabungnya. nanti kalau sudah komplit mulai jemur bertahap. Kalau sudah fit, sehat, akan neler dengan sendirinya.

ariz vdt
18 November 2008, 02:41 PM
salam kenal nih om duto..
saya punya mslah sedikit tentang AM sy yang sudah hampir 3 bulan ini kerjanya cuma kadang2 ngemplong & ngeriwik sepanjang hari, sy tdk tahu apakah AM ini tdinya udah teler apa belum..soalnya waktu beli dlm kondisi tdk bunyi dan mau mabung..apakah dapat dikategorikan AM sy ini berjenis kelamin perempuan? perawatan udh maksimal, jam 6 pagi di embunkan sambil dijemur sampai jam 8 lalu diangin2kan dilanjutkan dgn mandi, setelah mandi sambil diangin2kan diberi jangkrik 2 ekor, kroto sejumput, cacing 1 ekor kemudian dikrodong sampai mlm, jam 7 mlm di mandikan lgi..kondisi sayap agak turun dan jika di trek ga mau "ngecul2" alias ky krg birahi tpi lihat brg / org agak galak..bagaimana solusinya ya om...mhn petunjuk

Duto Sri Cahyono
18 November 2008, 08:37 PM
salam kenal nih om duto..
saya punya mslah sedikit tentang AM sy yang sudah hampir 3 bulan ini kerjanya cuma kadang2 ngemplong & ngeriwik sepanjang hari, sy tdk tahu apakah AM ini tdinya udah teler apa belum..soalnya waktu beli dlm kondisi tdk bunyi dan mau mabung..apakah dapat dikategorikan AM sy ini berjenis kelamin perempuan? perawatan udh maksimal, jam 6 pagi di embunkan sambil dijemur sampai jam 8 lalu diangin2kan dilanjutkan dgn mandi, setelah mandi sambil diangin2kan diberi jangkrik 2 ekor, kroto sejumput, cacing 1 ekor kemudian dikrodong sampai mlm, jam 7 mlm di mandikan lgi..kondisi sayap agak turun dan jika di trek ga mau "ngecul2" alias ky krg birahi tpi lihat brg / org agak galak..bagaimana solusinya ya om...mhn petunjuk

Coba hilangkan krotonya....
Tetapi omong2... mana buahnya? Kapan diberikan? Coba beri pepaya secara rutin. Kalau bisa sesekali diberi buah sawo yang benar2 masak, yang empuk manis tetapi bukan busuk/kecut.
Pemberian buah, diimbangi dengan penambahan jemur, misalnya sampai jam 9.
Dicoba ya...

Boss_djaka
30 November 2008, 11:04 PM
Coba ingat2 lagi ukuran (diameter) tangkringan yang dulu (ketika belum suka teler di bawah) dipakai. Kembalikan ke ukuran waktu itu. Pada bagian bawah sangkar bisa dicobakan diberi karet pentil yang ditali menyilang (jangan kencang2) sehingga burung akan naik lagi begitu nyenggol karet yang Anda pasang.
Juga periksa bagian telapak kaki AM. Jangan2 ada bagian yang sakit/luka sehingga burung tidak enjoy untuk nangkring.

Salam,
Duto Solo

Makasih om.. sarannya..

obrien
4 December 2008, 09:01 PM
Mas Duto.... salam kenal ya mas.Mohon pencerahan hal AM saya... yang saya tulis ini apa adanya..... sejak ( kata orang ) salah rawatan disaat mambung sampai hari ini ... belum bisa kembali ke performance awal.... saya sampai malu nanya nanya terus, tapi ini demi hobby... kondisi AM saya benar benar seperti kesetanan... lompat lompat tangkringan / jruji... bunyi ngplong teler.... lompat lagi wuih... jengkel rasanya.... diajak lomba malah .... nggak mau nangkring... ( kata sahabat KM ) over birahi.... nah saat ini om burung saya titipin diperawat.... ( pasar )... sejarahnya gini om... awal makannya kroto krsital merah... jangkrik 4- 4 mandi malam kroto sehari sekali seminggu 2 kali buah dan cacing... terus ngurak.... makanan saya ganti fancy... EF tetap.... habis ngurak bulu bagus 3 bulan saya bawa latber.... wah " nujah ...nujah ... seperti burung kesetanan "... nah sekarang burung saya kasih jangkrik 2 - 1 , buah ... tomat, ktoto stop... tapi ya masih " nujah nujah " enaknya gimana om... mohon bantuannnya... dirawat dirumah sendiri ? terus makan & EF nya bagaimana ... sembah nuwun

gini om saran saya muda2xan dpt ngebantu krn di kasus saya hasil om.am om sebaik ny di sendirikan khan total gitu lo di gantung ny di satu tempat/kalo tdk memungkinkan dijauhkan dr burung lain, tidak sama skali mlihat burung lain. slain disendirikan jg di krodong kandang ny . kalo mendengar suara burung lain bole bgt asal jgn melihat karna ada untung ny mendengar suara burung lain,karantina plus master ketika comeback kondisi ny am om sdh di master jg.
dr crita om saya simpulkan am om ngedrop mental ny / ngeper stlh latber itu normal bgt ko om krn mental am om blum siap pasca mabung.bukan krn ef/voor ny diganti .merawat am ngeper saran saya adlh dgn menyendirikan/karantina am kt agar pd ny cepat kmbli simple aja saran saya om plus ditambah vitamin penagkal stress dan mandi jemur yg cukup.mohon maaf om kl tips saya salah inti ny saya hanya mau sharing dgn pnglaman saya pribadi benar/tdk ny saya jg tidak tau . ok d salam kompak slalu tuk tmn2x di forum KM

tommy
5 December 2008, 10:58 AM
Om duto saya mau tanya saya baru punya am tukeran saya mb sudah seminggu itu brg blm jg mau bunyi kondisi brg masih muda bgm takeran EF yg tepat buat am saya (untuk jangrik, cacing dan kroto sehari berapa banyak Om) supaya cepat bunyi buah apa yg baik buat am saya Om, untuk mandi sudah saya lakukan pada malam hari tapi brg tdk mau mandi di dalam kerambah dan akhirnya saya semprot pakai spray sampai basah. terima kasih Om duto saya tunggu jawabannya

deny_kojak@yahoo.com
5 December 2008, 11:35 AM
yth om Duto.........minta sarannya om.....
sy beli anis bunyi & teler, tapi sampai dirumah sudah 2 minggu boro2 mo bunyi negeriwik aja ga ( bingung jadinya om..........), padahal kandang dan perlengkapannya ga ada yang sy ganti.

trims atas masukannya
salam kicau mania

tommy
5 December 2008, 12:11 PM
Sama tuhh om deni, sama am saya yg ga mau bunyi, EF ud lengkap,...! mungkin tekeran yg kita kasih kurang tepat kali yachh om. Moga-2 om duto ngasih kita wejangan yg menbuat am kita cepat bunyi dan ngelong thanks

bjah
7 December 2008, 12:08 AM
Kalau diberi perontok nggak juga rontok berarti memang belum waktunya saja. Jadi mungkin dulu memang belum waktunya rontok tetapi karena faktor lingkungan (fisik atau mental) dia ngurak.
Sekarang diperlakukan biasa saja seperti halnya AM yang tidak ngurak ataupun mabung. Nah nanti kalau terjadi tanda2 rontok lagi, maka Anda bisa melakukan treatment biasa ataupun "ngoboy". Untuk treatment biasa, ya lakukan saja penanganan seperti biasa. Kalau mau pengin cepet ambrolnya, bisa dilakukan cara "ngoboy", yakni mandi distop, ganti merk voer (bertahap selama 3-4 hari), nggak usah dibersihkan kotorannya, full kerodong, full kroto, stop buah, tambah UH antara 3-4 ekor sehari (jangan banyak2), diletakkan di ruangan yang relatif panas (ya diukur lah jangan sampai burung kesiksa).
Semua terapi "cowboy" itu adalah untuk mempercepat rontok bulu. Okey?

Salam,
Duto

yg saya tau AM tidak bagus pake perontok bulu.

ojodumeh
13 December 2008, 01:40 PM
Om Duto salah 1 am sy ada yg lg ngurak,pertama sih nguraknya lancar tp akhir2 ini koq ndak brol?
Ekor udah tuntas,sayap beberapa udah jatuh tp dada leher n kepala belum. Kondisi skrg yg jatuh cuman bulu2 halus 5-10helai. EF sy kasih jangkrik, kroto+hongkong bergantian.
Gimana ya om agar cepet brol? Sy tunggu saran om Duto & maturnuwun

ojodumeh
13 December 2008, 02:04 PM
Mohon nasehat lg om
sy ada am yg habis ngurak pertama (2bln lalu) mpe sekarang bunyi cuman ngeplong2 aja itu cuman pagi & sore aja. Kondisi skrg udah selesai ngurak tp ada bulu yg tidak jatuh waktu ngurak (disayap 7helai & ekor 1helai).
Biar am sy jd gacor gimana menghadapi hal ini om? Mohon saran & masukan..maturnuwun

Duto Sri Cahyono
16 December 2008, 07:55 PM
Om duto saya mau tanya saya baru punya am tukeran saya mb sudah seminggu itu brg blm jg mau bunyi kondisi brg masih muda bgm takeran EF yg tepat buat am saya (untuk jangrik, cacing dan kroto sehari berapa banyak Om) supaya cepat bunyi buah apa yg baik buat am saya Om, untuk mandi sudah saya lakukan pada malam hari tapi brg tdk mau mandi di dalam kerambah dan akhirnya saya semprot pakai spray sampai basah. terima kasih Om duto saya tunggu jawabannya

Maaf nih terlambat njawab. Jadi, moga-moga sekarang sudah bunyi hehehehe.
Untuk pakan normal (bukan settingan burung jawara yang biasanya sudah punya settingan khusus) cukup jangkrik 2/2 pagi sore, cacing sepekan sekali 2 ekor, kroto (nggak diberi juga tidak apa-apa) sepekan sekali satu sendok makan diberikan pada hari yang berbeda dengan pemberian cacing.
Buah yang bagus adalah salak atau sawo yang sudah matang (cenderung sudah busuk tetapi bukan bau busuk karena ada belatung mati dsb tetapi berbau masam). Buah bagus lainnya adalah kates/ papaya, apel merah yang masir (nyaris busuk pula), dan pisang kapok putih adalah pilihan terakhir. Jangan pisang kapok merah/kuning karena mudah membuat burung bebelen/sulit buang kotoran.
Kalau nggak mau mandi karamba disemprot juga tidak apa-apa asal waktunya ajeg. Kalau pagi/sore ya pagi/sore terus. Kalau hanya pagi ya pagi teruis. Kalau hanya sekali dua hari, ya terus begitu. Intinya konsisten.



yth om Duto.........minta sarannya om.....
sy beli anis bunyi & teler, tapi sampai dirumah sudah 2 minggu boro2 mo bunyi negeriwik aja ga ( bingung jadinya om..........), padahal kandang dan perlengkapannya ga ada yang sy ganti.
trims atas masukannya
salam kicau mania

Perubahan suasana menjadikan dua dampak, bagus dan buruk. Bagus untuk AM yang pembosan (hanya mau bunyi gacor lagi kalau pindah/ pindah-pindah tempat). Punya Anda sebaliknya, perubahan tempat/suasana tidak menyenangkan.
Atau coba periksa apakah Anda punya burung yang potensial membuat Am takut spt AK, cililin atau isian lain yang suara cederung keras dan dominan.
Periksa juga apakah AM itu punya “kelemahan” melihat barang apa yang membuat dia stress, misalnya warna-warna tertentu atau benda tertentu seperti gantungan lampu dsb.
Kalau semuanya normal, ya sabar saja itu masalah penyesuaian/waktu.


yg saya tau AM tidak bagus pake perontok bulu.

Betul. Saya tidak merekomendasikan penggunaan obat perontok.


Om Duto salah 1 am sy ada yg lg ngurak,pertama sih nguraknya lancar tp akhir2 ini koq ndak brol?
Ekor udah tuntas,sayap beberapa udah jatuh tp dada leher n kepala belum. Kondisi skrg yg jatuh cuman bulu2 halus 5-10helai. EF sy kasih jangkrik, kroto+hongkong bergantian.
Gimana ya om agar cepet brol? Sy tunggu saran om Duto & maturnuwun

Coba diterapi ngurak secara ekstrem. Kerodong full jangan dimandikan, kotoran tidak perlu dibersihkan asal kering dan tidak berjamur (jangan digantung di ruangan lembab). Terapi ini akan menyebabkan bulu tua yang bandel rontok segera rontok, sementara untuk bulu muda akan lebih mudah tumbuh karena semua pori-pori membuka.
Untuk menambah lembab kering (panas) coba taburkan dedak/katul di dasar sangkar setebal sekkitar 1 cm. Itu akan menambah panas di dalam sangkar. Tetapi jangan sekali-kali karena pengin panas lantas dijemur dibawah matahari karena justru hal itu akan membuat pori-pori mengecil dan menyebabkan bulu tumbuh sulit sementara bulu tua sulit rontok.
Oke?


Mohon nasehat lg om
sy ada am yg habis ngurak pertama (2bln lalu) mpe sekarang bunyi cuman ngeplong2 aja itu cuman pagi & sore aja. Kondisi skrg udah selesai ngurak tp ada bulu yg tidak jatuh waktu ngurak (disayap 7helai & ekor 1helai).
Biar am sy jd gacor gimana menghadapi hal ini om? Mohon saran & masukan..maturnuwun

Ini juga perlu diterapi ngurak secara ekstrem. Ngurak yang tidak sempurna banyak menyebabkan AM atau burung apapun sulit tampil maksimal.
Okey bos? Kalau ada masalah, postingkan lagi ya?
Maaf terlambat njawab.

Salam.

niceguy
16 December 2008, 08:53 PM
Om duto saya mau tanya saya baru punya am tukeran saya mb sudah seminggu itu brg blm jg mau bunyi kondisi brg masih muda bgm takeran EF yg tepat buat am saya (untuk jangrik, cacing dan kroto sehari berapa banyak Om) supaya cepat bunyi buah apa yg baik buat am saya Om, untuk mandi sudah saya lakukan pada malam hari tapi brg tdk mau mandi di dalam kerambah dan akhirnya saya semprot pakai spray sampai basah. terima kasih Om duto saya tunggu jawabannya


Sama tuhh om deni, sama am saya yg ga mau bunyi, EF ud lengkap,...! mungkin tekeran yg kita kasih kurang tepat kali yachh om. Moga-2 om duto ngasih kita wejangan yg menbuat am kita cepat bunyi dan ngelong thanks


yth om Duto.........minta sarannya om.....
sy beli anis bunyi & teler, tapi sampai dirumah sudah 2 minggu boro2 mo bunyi negeriwik aja ga ( bingung jadinya om..........), padahal kandang dan perlengkapannya ga ada yang sy ganti.

trims atas masukannya
salam kicau mania


selamat bergabung di dunia AM yang misterius,,,

oh ya,, met kenal juga ya om,, met datang di www.kicaumania.org semoga betah disini,,,,
kenalan yuk di forum perkenalan,,,, ditunggu yaa,,,,,,,, have fun here

tommy
17 December 2008, 10:51 AM
Om duto terima kasih bangeet....atas sarannya yg sangat lengkap dan sangat bermanfaat untuk kita semua

spurnomo
20 December 2008, 03:25 PM
Om Duto, Saya baru beli AM trotol kemaren di PB Pramuka,katanya si co (sudah saya posting di forum AM). Bulu kmaren rontok satu helai, trus pagi ini nambah 5 helai. Apakah itu sudah termasuk mabung ya Om? Kmaren saya kasih cacing 1 , tadi pagi 1 juga. Voer chirpy rumput laut campur kroto 1/2 sndok teh. Saya rencana mau full krodong Om, tidak saya mandikan dulu. Mohon dikoreksi Om. Teriakasih.

Salam KM kompak selalu,
spurnomo

Duto Sri Cahyono
21 December 2008, 01:36 AM
Om Duto, Saya baru beli AM trotol kemaren di PB Pramuka,katanya si co (sudah saya posting di forum AM). Bulu kmaren rontok satu helai, trus pagi ini nambah 5 helai. Apakah itu sudah termasuk mabung ya Om? Kmaren saya kasih cacing 1 , tadi pagi 1 juga. Voer chirpy rumput laut campur kroto 1/2 sndok teh. Saya rencana mau full krodong Om, tidak saya mandikan dulu. Mohon dikoreksi Om. Teriakasih.

Salam KM kompak selalu,
spurnomo


Ya. Itu sudah masuk proses mabung. Bisa dilakukan treatment untuk burung mabung.



Om Duto ... saya pemula neh .. saya di kasih burung anis bata sama tetangga ... tapi bunyinya hanya Cieettt .... itu saja yg terdengar, udah saya kasih cacing, kroto, jangkrik, apel ...dan di krodong udah seminggu ..tapi tetep belum ada bunyinya ... cara merawatnya gimana ya Om ...HELP ya ommm

Untuk perawatan secara umum, sudah banyak dibahas di sini. Coba Om baca-baca dulu ini. Nanti kalau ada hal spesifik yang jadi masalah, bisa disharing di sini.

Mohon perhatian untuk KMer's semua, terutama yang baru gabung. Tolong deh, karena ini kan forum kita bareng, maka pertanyaan hendaknya ditujukan kepada semua kawan di KMer's. Rugi lo kalau sebenarnya ada teman KMer's yang lebih paham persoalan burung Anda, tetapi enggan menjawab karena pertanyaannya seakan-akan jadi sangat personal kepada saya.
Peace......dan kompak selalu

wigi
21 December 2008, 01:47 AM
saya pny anis merah yg kerjnya tiaap hari hny ngriwik melulu.
untk setelan harian:
pagi jam 7 keluarin.jam set 8 mandi,trz ksh EF jangkrik 3,kroto seminggu 3 kali,
trz jemur 1 jam kemudian kerodong.sore EF 3 jangkrik,mandi malam set 8.

tp knp kok trs ngriwik ae ya....

mohon petunjuk bagi kmers maupun empunya AM buat AM aq?
TRIMS SEBELUMNYA

hengki jogja
21 December 2008, 01:54 PM
saya pny anis merah yg kerjnya tiaap hari hny ngriwik melulu.
untk setelan harian:
pagi jam 7 keluarin.jam set 8 mandi,trz ksh EF jangkrik 3,kroto seminggu 3 kali,
trz jemur 1 jam kemudian kerodong.sore EF 3 jangkrik,mandi malam set 8.

tp knp kok trs ngriwik ae ya....

mohon petunjuk bagi kmers maupun empunya AM buat AM aq?
TRIMS SEBELUMNYA

kalo boleh tau, AMnya umur berapa, kapan terakhir bodol dan dulunya udah bunyi atau msh bahan? salam..

spurnomo
22 December 2008, 08:52 PM
Terimakasih ya Om Duto=)

pitagoras
22 December 2008, 09:20 PM
om2 semua kalo am lagi mabung nyulam perawatannya gimana? samakah dgn perawatannya dgn kondisi mabung biasa (ambrol).

Subianto
22 December 2008, 09:40 PM
saya pny anis merah yg kerjnya tiaap hari hny ngriwik melulu.
untk setelan harian:
pagi jam 7 keluarin.jam set 8 mandi,trz ksh EF jangkrik 3,kroto seminggu 3 kali,
trz jemur 1 jam kemudian kerodong.sore EF 3 jangkrik,mandi malam set 8.

tp knp kok trs ngriwik ae ya....

mohon petunjuk bagi kmers maupun empunya AM buat AM aq?
TRIMS SEBELUMNYA

Kenapa harus pake mandi malam ,Om
Coba mandinya kurangi , siang sj.

Duto Sri Cahyono
22 December 2008, 11:30 PM
saya pny anis merah yg kerjnya tiaap hari hny ngriwik melulu.
untk setelan harian:
pagi jam 7 keluarin.jam set 8 mandi,trz ksh EF jangkrik 3,kroto seminggu 3 kali,
trz jemur 1 jam kemudian kerodong.sore EF 3 jangkrik,mandi malam set 8.
tp knp kok trs ngriwik ae ya....
mohon petunjuk bagi kmers maupun empunya AM buat AM aq?
TRIMS SEBELUMNYA

Coba deh EF-nya dikurangi. Jangkrik cukup 1/1, kroto sepekan sekali saja. Cacing juga bisa diberikan sepekan sekali 2 ekor (bukan hari yang sama dengan pemberian kroto). Burung kalau kekenyangan kadang malah malas bunyi.
Buahnya mana? Coba beri buah. Kalau ada salak matang yang cenderung busuk (bukan bau busuk belatung mati loh, tetapi busuk yang baunya masam menyengat) itu bagus. Juga, sawo matang yang sudah gembur, atau kates/pepaya, atau pisang kepok (alternatif terakhir). Tetapi jangan pisang kepok kuning atau merah. Cari yang putih yang tidak menyebabkan burung bebelen (sulit buang kotoran).
Soal mandi malam, biasanya untuk treatmen burung terlalu galak. Jadi untuk kasus ini saya sependapat dengan Om Subianto, gak usah mandi malam.



om2 semua kalo am lagi mabung nyulam perawatannya gimana? samakah dgn perawatannya dgn kondisi mabung biasa (ambrol).

Disamakan saja karena kondisinya sama-sama nggak fit.

wigi
23 December 2008, 11:06 AM
kalo boleh tau, AMnya umur berapa, kapan terakhir bodol dan dulunya udah bunyi atau msh bahan? salam..

uda bunyi om hengky.umurnya uda pernah ngurak 2 kali gt.n dlu dah prnh bunyi ma teler.

deddyand
12 January 2009, 11:22 AM
pagi/sore jangkrik + UH 2.cacing tiga hari sekali kasih 2 buah pisang kepok.mandi malem.... tp klo ketemu AM lain masih nabrak2 tlg dong buat pakar/senior,ahli AM.....meberikan solusinya.thank,s

BUD_1
13 January 2009, 01:28 AM
Kalo susah mabung gimana ya Om?

Duto Sri Cahyono
15 January 2009, 03:19 AM
pagi/sore jangkrik + UH 2.cacing tiga hari sekali kasih 2 buah pisang kepok.mandi malem.... tp klo ketemu AM lain masih nabrak2 tlg dong buat pakar/senior,ahli AM.....meberikan solusinya.thank,s

Sementara hilangkan UHnya dan ganti buahnya dengan pepaya.
Untuk mengurangi kegalakannya, tiap pagi masukkan tangan Anda ke sangkar biar dipatuki (enggak sakit amat kok). Kadang dia lalu numpang tangan seperti mau ngawini. Biarkan saja. Setelah sekitar 2-3 menitan tarik lagi tangan.
Nanti akan berkurang kesenangannya nabrak-nabrak sangkar mau mengejar AM lain.




Kalo susah mabung gimana ya Om?

Maksudnya? Bulu sudah ngerak-ngerak tetapi nggak juga ada yang jatuh? Berarti memang belum waktunya.
Begitu nanti ada satu-dua bulu halus jatuh, lakukan treatment mabung secara ekstrem saja biar mabungnya sempurna. Cara memabungkan AK (http://kicaumania.org/forums/showthread.php?t=19681)bisa diadopsi untuk AM.

Salam,
Duto

tita
15 January 2009, 10:14 AM
sama....om dadyand....AMku juga begitu kalau dicash Am malah nabrak2
untuk perawatannya
1.mandi pagi tiap hari jam 6.30
2.kroto plus jangkrik 2 ama sore
3.njemur cuma nyampai jam 07.15,biasa mau nguli
4.malam mandi jam 8 -9, cacing 2-3 ekor.
5.pagi embun
6.untuk buah jarang.
kondisi burung sering nyusur-matukin sangkarnya,dan klau dideketi ngecir.
burung blem pernah ngeplong cuma ngriwik aja,
gimana dong apa dilego aja ya?udah 2bulanan sih .....
http://i269.photobucket.com/albums/jj63/arif_id/Foto004.jpg
http://i269.photobucket.com/albums/jj63/arif_id/Foto005.jpg

Duto Sri Cahyono
16 January 2009, 02:23 AM
sama....om dadyand....AMku juga begitu kalau dicash Am malah nabrak2
untuk perawatannya
1.mandi pagi tiap hari jam 6.30
2.kroto plus jangkrik 2 ama sore
3.njemur cuma nyampai jam 07.15,biasa mau nguli
4.malam mandi jam 8 -9, cacing 2-3 ekor.
5.pagi embun
6.untuk buah jarang.
kondisi burung sering nyusur-matukin sangkarnya,dan klau dideketi ngecir.
burung blem pernah ngeplong cuma ngriwik aja,
gimana dong apa dilego aja ya?udah 2bulanan sih ....


Ssttt jangan keras2 soal dilego...
(Btw, berapa kalau antar sampai Kartasura =))=))=))=)))

gunawanhalim
16 January 2009, 08:47 AM
sama....om dadyand....AMku juga begitu kalau dicash Am malah nabrak2
untuk perawatannya
1.mandi pagi tiap hari jam 6.30
2.kroto plus jangkrik 2 ama sore
3.njemur cuma nyampai jam 07.15,biasa mau nguli
4.malam mandi jam 8 -9, cacing 2-3 ekor.
5.pagi embun
6.untuk buah jarang.
kondisi burung sering nyusur-matukin sangkarnya,dan klau dideketi ngecir.
burung blem pernah ngeplong cuma ngriwik aja,
gimana dong apa dilego aja ya?udah 2bulanan sih .....


kayaknya over birahi om...

ef di kurangi dulu aja... cuma beri jangkrik 1 ekor / satu minggu sekali.
Buah2an tiap hari diberikan
madi jemur dan pengembunan bisa di teruskan...

tita
17 January 2009, 02:01 PM
oke dech ....tak coba treatmen baru... dan sabar dulu....
thank atas solusinya....

Duto Sri Cahyono
17 January 2009, 02:13 PM
oke dech ....tak coba treatmen baru... dan sabar dulu....
thank atas solusinya....


Hehehe, nggak jadi di anu ta?
Mangkanya, sabar-sabar aja ya rawat AM.

Blank-24
20 January 2009, 03:42 PM
Om... Ane baru pelihara AM, masih muda... di pemilik lamanya belum pernah diajak jalan2, hanya di latber kampung sekitar 5 - 10 ekor AM. Suara tembus dan semi doyong.

Seminggu di rumah ane ud mau ngeplong dan teler, setelah 2 minggu ane coba ajak jalan2... dari awal sampe akhir cuma ngeplong aja.... minggu berikutnya ane ajak lagi jalan2...... eee..... tetap sama cuma ngeplong2 aja.
Ada Solusi Yang jitu g para AM mania untuk masalah ane ini.

Rawatan :
06.30 - 07.00 Mandi dikeramba
Bersihin Kandang, jangkrik 1, cacing 1, buah (bergantian
kates/pepaya, pisang kepok kapas, apel)
07.00 - 10.00 Jemur
10.00 - 10.30 Angin2kan, krodong, masuk kedalam (simpen)
22.00 - 22.30 Mandi keramba.
Bersihin Kandang, jangkrik 1, cacing 2
22.30 - 23.00 Angin2kan, Krodong, masuk kedalam (simpan)

Apakah perawatan ane ada kekurangannya, mohon arahan dan masukkannya.

NB : Om boleh g klo pisangnya diolesin madu (rencananya mau coba),
apa efek baik dan buruknya buat AM

Sebelumnya ane ucapin terima kasih, atas bantuannya.

Blank-24
20 January 2009, 03:43 PM
Tambahan Om yang aane maksud muda ud siap lomba, bukan muda banget sich... ud 2 kali mabung dr trotolnya.

renan
20 January 2009, 03:52 PM
Tambahan Om yang aane maksud muda ud siap lomba, bukan muda banget sich... ud 2 kali mabung dr trotolnya.

iya om,padahal volume nya mak...tembus nih kuping..he.he.he....
lanjut kar....(pakar maksudnya).....

Duto Sri Cahyono
20 January 2009, 05:26 PM
Om... Ane baru pelihara AM, masih muda... di pemilik lamanya belum pernah diajak jalan2, hanya di latber kampung sekitar 5 - 10 ekor AM. Suara tembus dan semi doyong.

Seminggu di rumah ane ud mau ngeplong dan teler, setelah 2 minggu ane coba ajak jalan2... dari awal sampe akhir cuma ngeplong aja.... minggu berikutnya ane ajak lagi jalan2...... eee..... tetap sama cuma ngeplong2 aja.
Ada Solusi Yang jitu g para AM mania untuk masalah ane ini.

Rawatan :
06.30 - 07.00 Mandi dikeramba
Bersihin Kandang, jangkrik 1, cacing 1, buah (bergantian
kates/pepaya, pisang kepok kapas, apel)
07.00 - 10.00 Jemur
10.00 - 10.30 Angin2kan, krodong, masuk kedalam (simpen)
22.00 - 22.30 Mandi keramba.
Bersihin Kandang, jangkrik 1, cacing 2
22.30 - 23.00 Angin2kan, Krodong, masuk kedalam (simpan)

Apakah perawatan ane ada kekurangannya, mohon arahan dan masukkannya.

NB : Om boleh g klo pisangnya diolesin madu (rencananya mau coba),
apa efek baik dan buruknya buat AM

Sebelumnya ane ucapin terima kasih, atas bantuannya.


Saya kasih saran yang simpel saja dulu ya.
Itu buahnya diganti sawo matang yang mendekati busuk (bau masam, bukan bau busuk karena belatung mati, lho). Atau bisa juga salak dengan kondisi sama seperti itu.
Untuk rawatan secara umum sudah bagus.
Untuk kegunaan madu bagi burung, penah dibahas di Obrolan Burung. Tapi sementara ini, kalau AM mau disiapkan lagi untuk trek, nggak perlu di-madu dulu. Untuk ngetrek, juga di-cash sama AM jantan lainnya yang agak lama.
Dicoba ya.

Blank-24
21 January 2009, 07:25 PM
iya om,padahal volume nya mak...tembus nih kuping..he.he.he....
lanjut kar....(pakar maksudnya).....

Hehehe...., pemula Om... baru belajar.


Saya kasih saran yang simpel saja dulu ya.
Itu buahnya diganti sawo matang yang mendekati busuk (bau masam, bukan bau busuk karena belatung mati, lho). Atau bisa juga salak dengan kondisi sama seperti itu.
Untuk rawatan secara umum sudah bagus.
Untuk kegunaan madu bagi burung, penah dibahas di Obrolan Burung. Tapi sementara ini, kalau AM mau disiapkan lagi untuk trek, nggak perlu di-madu dulu. Untuk ngetrek, juga di-cash sama AM jantan lainnya yang agak lama.
Dicoba ya.

Terima kasih masukkannya Om, akan ane coba.... tapi kendalanya ane susah banget cari sawo di sini.... kayak barang langka

Mudah2an ada hasilnya Om...

ade saptaji
22 April 2009, 11:07 AM
Salam kenal..Mas,

saya baru bergabung dalam forum ini, saya mau tanya Mas kalo AM saya terlalu berani sama saya ( kalo saya mendekat AM saya langsung nabrak kandangnya kayak nafsu banget sama saya ) maaf Mas kenapa ya ? padahal saya gak pernah kasih jangrik atau menggunakan tangan. terimakasih sebelumnya.

LeoN0211
22 April 2009, 02:56 PM
Salam kenal..Mas,

saya baru bergabung dalam forum ini, saya mau tanya Mas kalo AM saya terlalu berani sama saya ( kalo saya mendekat AM saya langsung nabrak kandangnya kayak nafsu banget sama saya ) maaf Mas kenapa ya ? padahal saya gak pernah kasih jangrik atau menggunakan tangan. terimakasih


ud ad jawabanx klo ga salah..tp review lg..cb aj masukkan tangan paling cm sakit sedikit..2-3 mnt sampe lepasin birahix...


Seminggu di rumah ane ud mau ngeplong dan teler, setelah 2 minggu ane coba ajak jalan2... dari awal sampe akhir cuma ngeplong aja.... minggu berikutnya ane ajak lagi jalan2...... eee..... tetap sama cuma ngeplong2 aja.
Ada Solusi Yang jitu g para AM mania untuk masalah ane ini.


cb 2 sesi sblm turun ksh UH 2 ekor...smoga membantu

garimun
16 May 2009, 01:02 PM
Salam kenal Mas Duto n om om semua,saya punya AM dapatnya barusan tuntas mabung uda gacor, saya pindahin ke sangkar Kotak yang agak besar tapi tetap gacor,nurut riwayatnya AM ini uda teler, tiap pagi gacor variasi banyak banget tapi kok ga bisa teler ya,apa AM mesti harus sangkar yang kecil (gak terlalu Besar Atau sangkar Bundar).Habis Ngeplong2 biasanya sayap sedikit dibuka kayak mau teler tapi gak teler ,kepala tetap tegak dgn variasi yang cukup banyak, Apa sangkar Kotak yg agak besar(Nurut temen2 sih) bisa pengaruh ga mau teler ? mohon pencerahan

budi81
23 May 2009, 06:29 PM
salam kenal om duto...saya pelihara AM masih bakalan..kadang2 bunyi tp kecil itu pun klo di simpen di kamar mandi..kondisi burungnya masih gerabagan...bulu masih rusak ada yg patah..dan ada sebagian bulu rontok tapi tidak semuanya..sekarang masih fool krodong..pertanyaan saya bagaimana caranya AM ku biar tdk terlalu gerabagan...dan biar cepet ngeplong ataupun cepet teler..trim's sebelumnya mas...

ayiiip
12 June 2009, 05:01 AM
Teman-teman ada yang tau ga mengembalikan AM yang abis mabung trus ga bunyi,padahal sebelum mabung AM teler,bekas juara 2.perawatan harian 2ekor jangkrik pagi-sore,mandi jam 6pagi,kroto 1 sendok teh,buah pepaya/apel/pisang kepok putih dibuat fariasi biar ga bosen.padahal mabung yang pertama balik normal baik bunyi&telernya...trus mabung yang kedua malahan macet cm ngriwik kecil,padahal udah di taruh ditempat yang sepi sampai 3 bln sesudah mabung tetap ngriwik kecil ajjaa..tolong donkk kasih sarann yyaaa...

kadek
19 June 2009, 02:33 PM
Asalamualaikum, Salam Sejahtera Semua, Om Swatiastu, met kenal om duto dan temen2 semua, saya orang bali kelahiran n besar di Jakarta, saya jg senang AM, di tempat saya negara, AM atau Punglor biasa di jd burung rumahan seperti burung kutilang atau crucukan, tp di Jakarta bw lomba, yang jadi pertanyaan kenapa AM selalu batuk2 atau keselek, berbagai cara dicoba tp tidak sembuh juga, sy dah kasih cacing n buah aja tp masih juga smp kepala jangkrik saya potongin tetap aja keselek, padahal dah yg paling kecil dipotes pula kepalanya, mohon tanggapan gmn caranya ngatasinya? kepada temen semua jg yg punya tanggapan mohon dibantu saya ini ya, matursuwun semuanya

Indraf
19 June 2009, 03:06 PM
ud ad jawabanx klo ga salah..tp review lg..cb aj masukkan tangan paling cm sakit sedikit..2-3 mnt sampe lepasin birahix...

cb 2 sesi sblm turun ksh UH 2 ekor...smoga membantu

ilmu baru nih... terima kasih atas masukannya .. coba ahhhhhh

cj
19 June 2009, 03:32 PM
Thank u Om kamal, AM ane tak aksih UH kokmalah galak ya ....

ABI-Karawang
19 June 2009, 04:37 PM
Thank u Om kamal, AM ane tak aksih UH kokmalah galak ya ....

Lahhh.. katanya UH bisa bikin AM katarak krn panas.. gimana nih Om Kamal.?

ady_mv
24 June 2009, 01:14 AM
salam KM
katarak klo UH ny di berikan tiap hari...
hehehe...
cm sbg pemicu birahi dan kinerja saja...
ralat nih para pakar klo salah

tommy
10 July 2009, 12:30 PM
Mau tanya donk untuk para pakar Am, saya punya AM jarang sekali bunyi. AM saya kala saya kasih jangkring di tempat makanan itu burung mematokin tangan, sama bulunya mengenbung dan juga waktu mau menanbahkan air minim dgn botol yg ada selangnya si Am juga mematuk selang air minuman.....yg saya mau tanyakan apakah AM saya itu betina atau jantan dan untuk setingan EF yg benar bagaimana terima kasih.....tolong donk balasanya dan sya pingin punya AM yg gacor sekali lagi terima kasihhh.....:-h:-h

arifine
6 August 2009, 07:59 PM
salam kicaumania.. sy bru ngadopsi
MB nih, jenis lampung super,, sy tertarik krn suara dan gayanya yg ADUHAI... ga tau knapa, bgtu sy bawa kerumah, tu burung jd mekrok alias melengkret,, beda bgt swktu di pemilik lama.tlng dong ksh solusi bg yng lebih pngalaman ato pernah pnya kasus yg sama,gimana perawatanya spy SIDIA mau manggung lg spt smula... sebelumnya terimakasih..

santoso budi
7 August 2009, 10:24 AM
salam kicaumania.. sy bru ngadopsi
MB nih, jenis lampung super,, sy tertarik krn suara dan gayanya yg ADUHAI... ga tau knapa, bgtu sy bawa kerumah, tu burung jd mekrok alias melengkret,, beda bgt swktu di pemilik lama.tlng dong ksh solusi bg yng lebih pngalaman ato pernah pnya kasus yg sama,gimana perawatanya spy SIDIA mau manggung lg spt smula... sebelumnya terimakasih..

Salah kamar nih om seharusnya om tanya diforum MB

AgusMaruto
7 August 2009, 11:03 AM
Lahhh.. katanya UH bisa bikin AM katarak krn panas.. gimana nih Om Kamal.?

Setahu saya kalo UH diberikan tiap hari, akan mengakibatkan suhu badan AM panas sehingga bulu-bulu akan ambrol. Kalo AM bisa katarak banyak sebabnya om; dari penerangan lampu, pemberian kroto tiap hari tuk AM yg sudah dewasa (kecuali AM trotolan, WAJIB) & umur AM yg sudah tua.


Maaf para pakar, kalo saya salah kasih pendapat... Tolong diberi pengarahan, maklum pemula...



Best Regards,


ACum

Soetardjo
18 August 2009, 06:18 PM
om Duto yang baik hati, saya dapat AM selesai mabung, ditempat saya baru 4 hari, sebelum saya bawa saya sudah tanyakan cara perawatannya dan jenis makanannya. Namun selama ditempat saya semua jenis makanan yang disarankan tidak ada yang dimakan kecuali jangkrik. pisang, pepaya, apel, bahkan kroto selalu utuh. lha trus gimana om? saya lihat AM-nya dah nglentruk kayak mau wafat. padahal dulu saat saya lihat dirumah pemilik sebelumnya AM dah mulai ngriwik. piye bosss?

Satria
24 September 2009, 09:57 AM
Kalo Am matokin tangan birahi kali om..

fahd-lee
8 February 2010, 01:59 PM
om minta saran nih, umur AM saya udah lebih dari 4 tahun. Alhamdulillah sih selama ini belum pernah bikin pusing, tiap hari bunyi dan proses mabung lancar. Cuma kayaknya nih burung rada pilih-pilih juga kalo soal pakan. EF nya dia cuma doyan cacing dan buah apel doang, padahal waktu mudanya dia juga doyan EF yang lain, seperti jangkrik, kroto ato pepaya dan pisang. Efeknya volume jadi berkurang krn ga ada suplai jangkrik. Gimana caranya biar dia doyan jangkrik lagi? Dtunggu sarannya.

Duto Sri Cahyono
8 February 2010, 04:12 PM
om minta saran nih, umur AM saya udah lebih dari 4 tahun. Alhamdulillah sih selama ini belum pernah bikin pusing, tiap hari bunyi dan proses mabung lancar. Cuma kayaknya nih burung rada pilih-pilih juga kalo soal pakan. EF nya dia cuma doyan cacing dan buah apel doang, padahal waktu mudanya dia juga doyan EF yang lain, seperti jangkrik, kroto ato pepaya dan pisang. Efeknya volume jadi berkurang krn ga ada suplai jangkrik. Gimana caranya biar dia doyan jangkrik lagi? Dtunggu sarannya.

Sebenarnya jangkrik tidak berhubungan langsung dengan suara. Karena kalau masalah power, itu ya dari karbohidrat dan bagaimana absorbisnya di dalam pencernaan. Untuk protein dari jangkrik atau EF lain memang penting karena kadar protein di dalam voer burung pada umumnya kurang.
Jadi kalau sudah dicacing, sebenarnya sudah cukup. Mungkin Om saja yang jadi kurang pe-de kalau AMnya nggak makan jangkrik.
Kalau memang harus makan jangkrik, coba dilaparkan sedikit dari voer dan buah. Dalam kondisi agak lapar, beri dia jangkrik. Latih terus dengan cara seperti itu, lama2 AMnya akan suka jangkrik. Untuk nambah gairah, berikan jangkrik2 yang baru saja ganti kulit (masih putih) dan lama2 akan suka juga jangkrik yang relatif lebih keras.
Begitu Om.

EKO HANDOKO
9 February 2010, 01:42 PM
Siang om... mau nanya nih anis saya sekarang kenapa y suka nyabutin bulu halusnya terus kalo digantang udah kaya yang mau tarung aja paahal sebelumnya waktu pertama dateng mau jalan kalo digantang malah sempet nyabet 3 besar selama 3x kontes tp sekarang aduh.. pusing om ga mau jaln sama sekali..
perawatan harianya:
pagi mandi jam 7 kasih jangkrik 5 jemur sampe jam 9 trus dikrodong sampe ketemu lagi perawatan esok harinya
cacing 2x seminggu
buah pepaya senin - kamis
tolong y om saya butuh solusinya....
thanks... eko

Duto Sri Cahyono
10 February 2010, 06:00 PM
Siang om... mau nanya nih anis saya sekarang kenapa y suka nyabutin bulu halusnya terus kalo digantang udah kaya yang mau tarung aja paahal sebelumnya waktu pertama dateng mau jalan kalo digantang malah sempet nyabet 3 besar selama 3x kontes tp sekarang aduh.. pusing om ga mau jaln sama sekali..
perawatan harianya:
pagi mandi jam 7 kasih jangkrik 5 jemur sampe jam 9 trus dikrodong sampe ketemu lagi perawatan esok harinya
cacing 2x seminggu
buah pepaya senin - kamis
tolong y om saya butuh solusinya....
thanks... eko

Burung nyabutin bulu ada banyak kemungkinan, antara lain:
1. Birahi tinggi
2. Kutuan

Untuk No 1. coba turunkan dengan diperbanyak mandinya, bisa lakukan mandi malam (meski tidak mutlak, tetapi memang bisa menurunkan birahi pada burung2 tertentu); perbanyak pemberian buahnya terutama pepaya (memang jadi relatif lebih kotor, tetapi nggak apa-apa).

Untuk No 2, hilangkan kutunya. Baca tips2 tentang membasmi kutu burung.

Coba dulu ya Om.

EKO HANDOKO
17 February 2010, 11:50 AM
oke om tp saya jg coba teori om yang pake tangan dimasukin ke kandang biar AM ngawinin tangan saya eh ternyata tu AM ketagihan om...he..he..he..saran nya pasti saya jalani om trus untuk penjemuranya berapa lama om dan jangkrik ma cacingnya gimana om masih dikasih atau stop dulu...thanks y om duto yang baik hati saranya semoga kebaikanya di Balas Allah SWT... amin

aswin1972
3 March 2010, 05:03 PM
salam kenal om,saya aswin saya termasuk pemula. Baru2 ini saya baru beli AM yg tdnya dirawat sama teman.Am tsb sdh ngeplong tp belum teler (Am sdh cukup umur dilihat dr sisik kakinya).pd saat saya beli Am tsb mandeg krn stress liat gerobak sampah. Sekarang sdh sering ngeriwik apalagi pd saat hujan dan MB saya bunyi.apa yg saya hrs lakukan spy Am tsb bisa ngeplong kembali dan juga bisa teler.
Treatment yg saya berikan skr:
- jam 5 pagi saya embun2kan sd jam 6.
- diberi jangkrik 3 ekor +1 cacing pagi hari
- kroto 1 sendok teh 2x seminggu
- pepaya atau apel 2 hari sekali
- jam 19.30 saya mandikan dan diberi jangkrik 3 ekor sambil didengarkan kucuran air.
- jam 22 dikerodong smp pagi.
mohon pencerahannya agar Am saya bisa ngeplong kembali dan bs teler.
terima kasih sebelumnya.

biker_cb
8 March 2010, 11:02 AM
siang om duto dan siang semua nya kucau mania
mau tanya nich 3 hari yang lalu sangkar/kurungan anis merah saya jatuh sampai pecah waduh kecewa berat rasa nya,sekarang anis merah nya jadi pendiam dan ngak gacor sama sekali, padahal sebelum nya itu dya gacor dan udah teler, mohon solusi nya untuk mengembalikan mental burung tersebut,tips-tips nya mohon di kasih ke saya,,,
salam kompak selalu KM indonesia!!

Iyop
19 March 2010, 06:26 PM
Burung nyabutin bulu ada banyak kemungkinan, antara lain:
1. Birahi tinggi
2. Kutuan

Untuk No 1. coba turunkan dengan diperbanyak mandinya, bisa lakukan mandi malam (meski tidak mutlak, tetapi memang bisa menurunkan birahi pada burung2 tertentu); perbanyak pemberian buahnya terutama pepaya (memang jadi relatif lebih kotor, tetapi nggak apa-apa).

Untuk No 2, hilangkan kutunya. Baca tips2 tentang membasmi kutu burung.

Coba dulu ya Om.
Dear , Om Duto
From : Iyop

Salam Kenal,belum lama saya bergabung di Forum Kicaumania mohon bantuanya Om Duto mengenai AM saya jadi begini ceritanya Om Duto , saya baru beli AM di sukabumi pada saat itu saya melihat AM tersebut bunyi di tempat empunya-nya dan saya langsung kepincut sama AM itu jadilah transaksi dan sekarang AM tersebut sudah milik saya,jadi yang mau saya tanyakan kepada Om Duto adalah kenapa AM yang saya beli di sukabumi ketika sampai di jakarta belum juga bunyi sama sekali sampai saat ini udah ada 14 hari AM hanya diam saja seprtinya stress berat..apakah ini yang dinamakan KANDEG / MANDEG ,

1.Treatment apa saja yang harus saya lakukan dengan AM saya Om Duto
agar AM bisa bunyi lagi pada saat pertama kali saya beli di tempat mpunya
2.Dan extra Fooding apa yang harus saya berikan agar AM kembali fit dan bs
mengeluarkan suaranya seperti burung kicau lainya .
3.Bagaimana untuk rawatan hariannya untuk anis merah yang sedang jatuh
mentalnya dalam kondisi stress / drop .

Saya mohon pencerahan untuk yang ketiga poin tersebut , supaya AM saya bisa bersuara/ngeplong lagi Om Duto , terima kasih sebelumnya.

best regards ,

Salam Kicaumanis
yopie_zahra@yahoo.co.id
Nb : Saya mau daftar di BLOG nya Om Duto Bagaimana Caranya , saya tidak menemukan sign up mohon di bantu .

EKO HANDOKO
6 April 2010, 11:09 AM
Om..curhat lagi nih masalah anis merah ku...setelah mengikuti saran om duto ada kemajuan AM dah gak galak lagi...tuh AM dah mau berkicau lagi..tapi masalahnya om sewaktu dibawa kelatber tuh AM di pemanasan mau teler tapi setelah diturunkan dan ditrek 15 menit pas digantang gak mau bunyi ma teler om... kemarin tuh AM aku titipin ditemen selama 1 bulan perawatan tetap tidak dirubah sebab di rumah dah gak mau bunyi..tp di rumah temen gacor...perwatan harian :
Pagi mandi jangkrik kasih 5
pepaya tiap hari
dikrodong waktu malem hari saja
toloooong om solusinya biar tampil lagi...thanks ya om....

Usw2000
23 May 2010, 11:28 AM
Om kalau supit urang tuh apa? bisa di beri gambaran ngga posisinya sebelah mana

mas ronny
31 May 2010, 08:43 PM
Om nderek nimbrung,saya punya AM tapi punya kebiasaan matukin kotorannya sendiri,gimana caranya menghentikan kebiasaan tsb.matur suwun.

Duto Sri Cahyono
5 June 2010, 03:00 AM
Om kalau supit urang tuh apa? bisa di beri gambaran ngga posisinya sebelah mana

Sudah ada gambarnya kok Om. Silakan dilihat di thread ini. (http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?p=483852#post483852)

Duto Sri Cahyono
5 June 2010, 03:05 AM
Om nderek nimbrung,saya punya AM tapi punya kebiasaan matukin kotorannya sendiri,gimana caranya menghentikan kebiasaan tsb.matur suwun.

Om coba dilihat postingan saya di sini. (http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=34992)

Salam.

keplek
7 June 2010, 01:31 AM
salam om...saya penggemar br KM , setelah saya baca posting dari awal smpi akhir, kayaknya mata ini udah perlu diganjel korek api, makasi banyak infonya
Sekarang saya mohon masukannya..apakah gaya teler si AM sudah bawaan atau bisa dirubah? terus klu udah teler, speed telernya bisa dikencengin apa kagak ?
makasi om...matur suksma

agunk_sip
25 June 2010, 11:14 PM
Slm kenal om duto..sy lg bingung sm AM sy kenapa kok blm teler pdhal uda gacor..stellan harian 3jangkrik pagi sore buah pepaya tiap hr ...pagi diembun jm 5 sampe jm 6 kemudian dianginkan di teras rmh jm 7 dijemur setengah jm sore mandi..cacing 2x seminggu....mohon penjelasannya om dgn stelan harian sy...kok blm teleR AMnya.....puusing.....trims

lemburejo
24 October 2010, 03:17 PM
Om2 semua yang sudah lama belajar memahami karakter AM, ane mau nanya :
1 ) ane ada trotolan umur 2 bulan, makannya rakus banget, dan selama ini saya kasih menu variatif, kecuali jenis ulat. Pertanyaannya adalah diturutin gak kerakusannya itu ato tetep dijatah ? apabila diturutin itu sampai kapan?bila dijatah, apakah sudah bisa disesuaikan dengan menu AM dewasa.

2 ) Ane juga punya AM hibah dari teman, dia baru beli dan katanya dah teler, tapi 2 minggu ditempat dia, ngriwik aja belum denger. tapi setelah dibawa ketempatku malah sering ngeplong tapi belum teler. selama ini rawatan dari saya beda dengan temenku. EF jangkrik 2/2. buah apel tiap hari, dan ini baru tiga hari di tempatku. mandi pagi dan malam. kira2 bagaimana rawatan yang pas? apakah trial and error nya dimulai dari setting atas atau bawah? makasih atas jawabannya. tolong pakar2 AM turun gunung membantu yunior2!!!!

Agus telo
28 October 2010, 01:18 PM
lam kenal mas duto dan rekan2 semua ,gini mas saya baru stgh bln beli Anis mrh dr tmen udah ngriwik stln jgkrik 2/2 cacing tiap hari1/1 mandi 1x pgi jam 6 ,pisang/pepaya tiap hr ,stlh d tmpt saya stln jangkrik 3/3 cacing 1/1 pepaya tiap hari, mandi pagi sore jemur 1 jam, sekarang udang ngeplong2 klo denger suara cd anis m dan bunyi kacer, Yg saya tanyakan klo d gantang di atas pake kayu[gantar} suka matukin kayunya,klo tangan d dktkn jg matukin tgn, dan bulu sayap atau ekor selang 1/2 bln udah lps 5 lmbr, mhn pencerahan ada apa dgn burung saya? makasih

Lian
14 December 2010, 01:56 AM
Para om2 dan pakar2 burung saya mo crita dikit dan nanti minta saran dan pendapat kalo berkenan yah..
Sy baru beli AM dah bunyi dan teler kalo dilatberan dari teman saya si A yang pola rawatane full buah apel ma pagi sore jangkrik cm 1/1,non krodong,jemur ga tau dan dirumahe ada 5 AM juga bunyi,burung itu kepunyaan si B sblm dibeli dari si A dengan pola rawatan jangkrik 3/3 pagi sore laene ga tau dan stlh sy beli kondisi over birahi tapi emosi nda tinggi akhire sy rawat dengan pola rawatan harian jangkrik sehari 1 doank,non kroto cacing maupun UH..buah pepaya ma tomat bergantian,mandi sore/hari tapi hrs disemprot dulu mau mandi karamba,krodong hanya malam jemur cm 30 menit..yang ingin sy tanyakan
1.burung jarang bunyi apalagi teler dirmh apa sebabe? Pdhal sy dah sembunyi..
2.apakah dgn pengurangan jangkrik suara burung bisa serak ato krn sering sy bawa ke latberan buat cari setingan?
3.bagaimana mengatasi suara serak burung om?
4.akhir2 ini burung saya kok kliatan ga gacor and ga bunyi lagi,langkah saya harus bagaimana om biar mo gacor lagi tapi ndak over birahi?
Tolong dibantu saran dan pendapat yah om2 sekalian kalo tidak keberatan karena saya masih pemula..makasi..

iqbalgustin
10 February 2011, 10:23 PM
[IMG]http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/168342_189703607718382_100000362329543_556764_7678 179_n.jpg[/IMpermisi mau naya OM AM ni co/ce soalnya saya baru plihara AM bl tau ce,conya terima kasih

pangapuntene kalau ada yang kurang berkenan di hati

blackdeal
18 August 2011, 08:35 PM
mau tanya..apakah cucak ijo kalo sudah giras itu tidak bisa dijinakan??

downie
21 August 2011, 11:31 AM
sdh 5 bln AM sy kasih UH tp tdk terjadi katarak....ef UH mmng bagus bwt AM yg kurang birahinya selain cacing..tp dosis penakarannya sj yang hrs dikontrol menurut sy,....
1.diberikan 3 hr sekali 2 ekor uh sore hari setelah am mandi...(tergantung kondisi birahi am tersebut ketika di trek dgn bbrp am lain apabila kurang ngotot)itu bs terlihat ke esokan hr nya ...pasti birahi lbh naik dr hr sblmnya,ketika di trek
2..mungkin...sdh banyk dibahs oleh tmn2 KM yg lain...sy sangat setuju am katarak...apabila (matahari dan lampu)...berhati-hati dan kenali karakter AM anda...1 burung 1 karakter..jadi klo 1000 burung AM ya 1000 karakter....betul tidak...komandan Duto s c...he2x

downie
21 August 2011, 11:36 AM
Originally Posted by vyan View Post
Pagi om Duto. Sy mau tanya manfaat and efek ulat hongkong bagi AM tu apa om? Thx sebelumnya om Duto.

downie
21 August 2011, 01:21 PM
Pagi om Duto. Sy mau tanya manfaat and efek ulat hongkong bagi AM tu apa om? Thx sebelumnya om Duto.


maaf SALAH double thread...mohon di didelete saja 2 tread sebelumnnya om moderator...maklum gamtek...hehehe yg betul seperti ini :
sdh 5 bln AM sy kasih UH tp tdk terjadi katarak....ef UH mmng bagus bwt AM yg kurang birahinya selain cacing..tp dosis penakarannya sj yang hrs dikontrol menurut sy,....
1.diberikan 3 hr sekali 2 ekor uh sore hari setelah am mandi...(tergantung kondisi birahi am tersebut ketika di trek dgn bbrp am lain apabila kurang ngotot)itu bs terlihat ke esokan hr nya ...pasti birahi lbh naik dr hr sblmnya,ketika di trek
2..mungkin...sdh banyk dibahs oleh tmn2 KM yg lain...sy sangat setuju am katarak...apabila (matahari dan lampu)...berhati-hati dan kenali karakter AM anda...1 burung 1 karakter..jadi klo 1000 burung AM ya 1000 karakter....betul tidak...komandan Duto s c...he2x

Satria
23 August 2011, 11:13 AM
mau tanya..apakah cucak ijo kalo sudah giras itu tidak bisa dijinakan??

salah kamar om

Candra Es De
1 September 2011, 01:08 PM
ikut nyimak om... tp kok byk yg ga dijawab ya?? hmmm baru pada sibuk ketoknya para pakar

jarwo_11109
11 July 2012, 04:54 PM
Ikut nyimak para senior...
salam KM......

HilmanGant
14 December 2013, 09:51 PM
Ijin copas ya om, maklum pemula wat tambahn ilmu am. Trims

fathir2703
29 January 2014, 06:34 PM
saya mau tanya om, klo anis saya di gantang deket dengan murai,ci,kacer apa mempengeruhi jdi blom bunyi2 ya ma ngeper ya...makasih komandan anis

42d3e78f26a4b20d412==