PDA

View Full Version : Burung Beo...



Roels
11 August 2006, 04:09 PM
Saya baru beli Beo muda nih.. hampir pulih dari mbodhol..
Umurnya kata yg jual sekitar 6-8 bulan, sekarang udah lumayan rajin ngoceh biarpun suaranya masih ga jelas gitu..

Saya pengen tanya cara perawatan yg baik buat bakalan Beo saya. Apa aja extra foodingnya, trus mungkin ada tips2 yg bisa diterapkan buat ngajarin Beo saya biar dia cepet pinter ngomong.

Ditunggu masukan dan pencerahan dari master2..
thanks before ;)

agsal
11 August 2006, 05:28 PM
Salam KM,
Selain jangkrik, kroto, atau jenis serangga lainnya, agar beo jadi rajin ngoceh & mancing untuk belajar ngomong, berikan beo tsb nasi yg dicampur dengan cabe ulek tiap 2-3 hari sekali, minumnya kalo bisa dikasih beberapa tetes madu.
Agar beo tsb cepat merekam & menghafal suara2 yg didengar, bungkus/krodong beo tsb dengan kain hitam, lalu perdengarkan suara2 yg ingin ditirukan untuk beo tsb secara berulang-ulang. Misalnya; "Selamat Pagi..."Apa Kabar...." dll secara terus menerus. Kalo bisa lakukan pada waktu shubuh atau pagi hari, ingat ...., beo tsb harus masih dalam krodong hitam. Selain itu berikan juga buah2an seperti pisang & pepaya. Kalo uda mulai belajar menirukan suara yg diajarkan, maka untuk selanjutnya boleh melatihnya tanpa harus membungkusnya dengan krodong hitam. Selamat mencoba, mohon koreksi kalo ada salah & silahkan ditambahkan.

Salam KM,
Agsal-Jaksel

Ibnu_hz
11 August 2006, 05:49 PM
Aku nemu artikel nich :D
Mudah2an bermanfaat ..
__________________________________________________ ________________________

Melatih bicara pada burung kakatua

Burung kakatua dari Afrika dan burung beo dari Sumatra terkenal pandai bicara. Tapi jangan salah tafsir, tidak ada jaminan sama sekali bahwa apabila kita membeli burung maka burung tersebut akan menjadi bagian dari keluarga dan kelak dapat bicara. Melatih burung kakatua bicara memerlukan rasa kasih sayang, kesabaran, dan konsisten. Burung yang masih kecil pada umumnya jauh lebih mudah dilatih dari pada burung yang sudah besar.

Kasih sayang
Hampir semua binatang peliharaan memerlukan perhatian dan kasih sayang dari majikannya. Perhatian dan kasih sayang ini akan dibalas olehnya misalnya ditunjukkan pada saat si majikan akan pergi dari atau pulang ke rumah. Sebaliknya apabila si majikan tidak memperhatikan atau menunjukkan kasih sayangnya maka merekapun tidak akan peduli terhadap apa yang diinginkan oleh majikannya. Dengan demikian diperlukan kesungguhan tanpa syarat untuk menerima mereka apapun hasilnya apakah nantinya mereka akan bicara atau tidak. Burung kakatua disamping pintar juga terkenal sangat sensitif. Konon mereka dapat mempengaruhi Anda apabila mereka telah mengenal Anda.

Kesabaran
Seperti halnya melatih anak kecil untuk belajar berbicara, maka diperlukan kesabaran. Latihan sebaiknya dilakukan secara bertahap dan janganlah membuat target waktu yang pada akhirnya hanya akan menjadi beban berupa kekecewaan apabila harapan ternyata tidak terwujud. Perasaan kecewa juga dapat menimpa si burung kecil yang punya perasaan sensitif. Siapa tahu ketidaktaatan pada perintah adalah sebagai reaksi karena kecewa pada sikap Anda. Hendaknya selalu diingat bahwa bagaimanapun seekor burung tidak mungkin dapat disamakan dengan anak kecil yang dalam suatu periode waktu tertentu sudah dapat berbicara.

Konsisten
Methode pelatihan harus dilakukan secara konsisten dan disertai dengan ketulusan. Setiap perkataan atau phrase yang diajarkan harus ditunjang oleh arti atau tanda yang membedakannya dari perkataan yang lain. Sebagai contoh, pada waktu matahari terbit secara rutin dan berulang-ulang ucapkanlah "Selamat pagi" dan pada waktu matahari terbenam ucapkanlah "Selamat malam". Dari perbedaan waktu pagi dan malam si burung akan menyadari perbedaan arti dari ke dua perkataan tersebut. Janganlah dicampuradukkan yang akan membuat dia menjadi bingung. Contoh-contoh yang lain adalah:

Katakan "Mandi dulu!" pada saat dia akan dimandikan dan jangan mengatakan kata itu apabila tidak akan dimandikan.
Katakan "Ada tamu" pada saat menerima tamu, atau katakan "Sepi sekali" apabila tidak ada orang.
Katakan "Mau brokoli?" saat dia dikasi makan brokoli. Apabila dia tidak mau makan dan makanan tersebut dikeluarkan lagi katakan "Tidak mau?", atau apabila terus disimpan didekatnya katakan "Buat nanti ya!"
Katakan "Selamat tinggal" pada waktu mau pergi lama misalnya pergi bekerja dan apabila akan segera kembali katakan "Sebentar nanti kembali".


Sebelum mahir benar janganlah diajak dulu bercanda, misalnya menawarkan makanan tapi tidak jadi diberikan. Sebaiknya dihindarkan hal-hal yang menjurus atau akan menyebabkan dia mengeluarkan kata-kata jorok seperti menempatkannya di dekat kamar mandi.

Sumber: http://www.peternakan.com/Tip/bicara.html

Roels
12 August 2006, 09:43 AM
Wah.. thanks banget nih atas masukan2nya pak..

Yg saya bingung, beo saya ini kok ga doyan jangkrik yah? Kalo ta kasi jangkrik didiemin aja, sampe jangkriknya lompat keluar dr kandang beonya, ga mau ngejar & matok tuh? Kalo kroto blm ta coba.

"nasi-sambel" bisa juga diterapin buat Beo yah? selama ini saya cuma pernah terapin ke jenis2 jalak aja. Ok klo gitu nanti saya coba kasi nasi-sambel.

Pisang & pepaya udah boss.. tiap pagi saya kasih diseling2. Saya kasih juga voer 521.

Silakan kalo ada yg mau menambahkan tips2 jitunya..

Maturnuwun..

tenggo606
14 August 2006, 09:44 PM
Salam Ciut...
Apakah Kicau maniak pernah membahas burung beo?
Diforum mana yach ??
Thanks

tenggo606
15 August 2006, 08:10 AM
mas roels ... pasaran beo muda disana berapa yach>>??

Roels
15 August 2006, 11:28 AM
Wah, Beo di avatarnya Oom Tenggo keren lho... Udah bisa ngomong apa aja tuh?

Beo muda di Jogja lagi jarang ada nih mas..
Saya kebetulan aja dapet, cuma 1 ekor ini lumayan juga, masih muda & bodynya gede. Cuman masih agak liar. Kalo bersihin kotorannya/kandang disentuh masih suka kelabakan. Saya beli harga 275.

Tempo hari sempet hunting di Solo tapi cuman ada yg udah tua2, gelambir kepalanya udah puanjang2, hehehe..
Udah jauh2 ke Solo (2x lagi) tanpa hasil... eh, ternyata malah nemu di Jogja :D

agsal
15 August 2006, 12:40 PM
mas roels ... pasaran beo muda disana berapa yach>>??

Om, sebaiknya buka thread baru aja di forum pasar & aksesoris kandang, Insya Allah akan ada yg nanggapi kok. Biar lebih terarah, oke...?

Salam KM,
Agsal-Jaksel

tenggo606
15 August 2006, 06:15 PM
Bos agsal: Thanks bos ....
Mas roel ... itu beoku aku beli 750rb, udah pinter ngomong assakum.. kakak.. ibu.. selamat pagi.. ngakak .. aku beli di psr pramuka, terus aku mbawa ke smrg, selama perjalanan ngoceh aja, tapi pas masuk dalam kreta diem aja (kukirain mati), tapi baru 8 bulan beoku dicuri orang, padahal sebelahnya ada sepda montor .. yach udah .... makanya aku pengen peliara beo lagi ..

Pamudi1694
16 August 2006, 09:37 AM
Bos agsal: Thanks bos ....
Mas roel ... itu beoku aku beli 750rb, udah pinter ngomong assakum.. kakak.. ibu.. selamat pagi.. ngakak .. aku beli di psr pramuka, terus aku mbawa ke smrg, selama perjalanan ngoceh aja, tapi pas masuk dalam kreta diem aja (kukirain mati), tapi baru 8 bulan beoku dicuri orang, padahal sebelahnya ada sepda montor .. yach udah .... makanya aku pengen peliara beo lagi ..

Waduh untung yang di ambil Beonya aja, coba kalo motornya ikut raib kan cilaka 12 namanya :D :D

Pamudi1694
16 August 2006, 09:41 AM
Tapi saya ikut prihatin om moga tidak kapok dan maju terus pantang mundur, moga beo yang diharapkan akan didapatkannya dan menjadi beo yang cerdas

Roels
16 August 2006, 04:30 PM
tapi baru 8 bulan beoku dicuri orang, padahal sebelahnya ada sepda montor ..

Wah.. kok kesannya lebih sayang Beonya yg dicolong drpd montornya yah? hahaha...
ampuuuuunn mas... :D

Zulham Ariansyah
16 August 2006, 09:37 PM
mungkin bermanfaat...
rgds... zulham

======
Dahulu orang-orang melatih burung beo bicara atau bernyanyi dengan cara-cara tradisional yang tidak rasional. Misalnya setiap hari tertentu beo dimandikan menggunakan air kembang dan lidahnya dikerik cincin emas. Bahkan ada yang ujung lidahnya dipotong habis.

Cara-cara tersebut di atas oleh Ornitholog atau ahli burung tidak dibenarkan karena justru merusak organ penting untuk bersuara. Lidah yang dikerik atau dipotong jelas akan membuat beo menderita stress berkepanjangan dan mengurangi kemampuannya mengucapkan lafal-lafal tertentu. Lidah beo sebaiknya dibiarkan utuh supaya bisa mengucapkan kata atau bersiul dengan jelas, keras dan bagus.

Dengan mengandalan pada sifat dasarnya yang suka menirukan suara melatih beo bisa dilakukan dengan cara alami saja. Hindari diri dari cara-cara yang merusak organ tubuh atau menyebabkan burung menderita stress.

Mudah tidaknya beo dilatih juga dipengaruhi oleh faktor intern beo itu sendiri. Beo yang baik dan mudah dilatih adalah yang umurnya kira-kira baru 4 bulan dan belum pernah dilatih orang lain. Selain itu fisiknya harus terlihat baik dan sehat, terutama paruhnya harus simetris karena paruh yang tidak simetris mengakibatkan kemampuan burung menirukan suara berkurang.

Waktu yang baik untuk melatih beo menirukan suara adalah pada pagi hari saat perutnya masih kosong dan suasana tenang. Beo yang perutnya masih kosong cenderung lebih penurut sehingga mudah diperintahkan meniru suara, sebaliknya bila sudah kenyang burung ini cenderung "semau gue". Suasana tenang juga meningkatkan efektifitas pelatihan karena konsentrasi beo tidak terkacau oleh suara-suara lain.

Kalau untuk latihan kata-kata pertama-tama beo dilatih mengucapkan satu sampai empat kata seperti halo, halo sayang, selamat pagi tuan dan nona muda cantik sekali. Kata-kata tersebut harus diucapkan pelan, keras dan berulang-ulang di depan kandang sampai beo menirukannya. Beo yang pada dasarnya cerdas akan memperhatikan kata-kata tersebut sampai-sampai telinganya ditempelkan di jeruji sangkar agar lebih jelas mendengar suara yang akan ditirukannya. Setelah beo belajar menirukannya maka pemberian pakan boleh dilakukan sehingga beo merasa mendapat ganjaran dari apa yang telah dilakukannya.

Setelah beo menguasai kata-kata, waktu untuk menguasai kata-kata sekitar 1-2 tahun maka pelatihan dengan kata-kata baru bisa dimulai lagi sehingga kosa kata yang dikuasainya menjadi lebih banyak. Modal utama dalam hal ini tentu dengan kesabaran sebab dengan bentakan keras sedikit saja beo akan stress dan hilang semangat belajarnya.

Melatih beo bernyanyi, lagu Garuda Pancasila misalnya, juga persis sama baik metode, waktu maupun suasananya. Untuk mempermudah beo sebaiknya tidak dilatih menyanyi dengan kata-kata tetapi cukup menyiulkan lagunya saja.

Pagi hari saat suasana tenang dan beo lapar pemilik bisa menyiulkan bait pertama lagu tersebut. Siulan bisa diganti dengan kaset asalkan hanya bait pertama saja secara berulang-ulang. Bila bait pertama dikuasai selanjutnya diteruskan bait berikutnya. Demikian berulang-ulang sampai si beo benar-benar mampu menyiulkan lagu dari bait pertama sampai terakhir secara utuh dan benar.

Satu hal yang harus dimengerti juga bahwa kemampuan beo menirukan nada-nada lagu tidaklah sempurna seperti kita. Kecerdasan dan juga tingkat konsentrasinya menyimak nada-nada lagu sangat berpengaruh terhadap penguasaan lagu secara utuh nantinya. Sebab itu heruslah dimaklumi bila pada nada-nada tertentu suaranya menjadi fals, tidak sama dengan yang seharusnya.

Meski demikian tentu merupakan kebanggaan bagi kita memiliki seekor beo yang mampu menyiulkan sebuah lagu utuh. Karenanya dengan modal ketekunan dan ketekunan hal itu bukan sesuatu yang mustahil. Selamat melatih. (Agus Andoko)

tenggo606
17 August 2006, 10:38 PM
makasih atas artikel tsb .. hanya satu yang saya ingin tanyakan .....
Mengapa yach lagunya garuda pancasila?? Jaman sekarang itu anak kecil udah pinter2 nyanyi lagunya si slank .. S7 ....

Zulham Ariansyah
18 August 2006, 11:41 AM
wah.... kalo ada beo yang jadi slankers, saya juga mau nih:D:D

cj
21 August 2006, 08:03 AM
Beonya jangan diajarin omong jor ... ok ya ... he he

Pernah datang malam2 ke rumah temen di bekasi, tiba2 ada bunyi "BAG DONG", waktu itu kita lagi ngobrol cewek ... he he he bisa aje ...

Wah sayang saya lom suka BEO .....

ahmadauzi
23 August 2006, 12:53 AM
kalo beo gak cerdas apa perlu dikasih susu /cerebroford sirup ya?

tenggo606
23 August 2006, 08:08 AM
wahhhh .. boljug tuch kasih susu/cerebroford .... ada yang pernah coba ngak yach ???

cj
23 August 2006, 08:40 AM
Beo cerdas?
* Dasar bawaan artinya kapasitas otaknya
* Sebaiknya dari trotol

Emang kalau orang sdh tua, dikasih susu cerdas ?

CoupD'etat
23 August 2006, 11:41 AM
Om Om sekalian yang sudah punya pengalaman merawat dan punya burung Beo. Saya mau tanya nih :

1. Burung Beo apa ya yang bagus selain Burung Beo Nias ? masih bisa di cari tidak yah burung beo nias ini di Jakarta ? kalau ada ciri ciri nya apa ? harga kisaran berapa ? ( Bakalan dan Jadi ).

2. Burung Beo yang sudah tua masih bisa di latih ngomong atau tidak yah ? atau harus nyari yang muda dan cowok ?

3. Pelatihan ngomong burung beo itu bagai mana ? biar jago ngomong ?

4. Kisaran harga burung beo berapaan yah ? ( Medan, Nias dan lain lain ).

5. Tolong don informasi apa saja yang patut di ketahui tentang beo ( perawatan, beli burung, tips tips dan lain lain )

Trims loh maklum nenek saya minta burung beo jadi biar dia heppi harus nyariin satu nih buat temen dia pagi pagi bangun tidur.

Roels
19 September 2006, 01:13 PM
sekedar sharing dikit...
Ini momongan2 baru saya. Sebenernya udah di rumah dari bbrp minggu yg lalu, tp br diposting skrg, hehehe...

http://img245.imageshack.us/img245/1931/beo2mi2.jpg

http://img132.imageshack.us/img132/5784/beo3wh3.jpg

http://img81.imageshack.us/img81/2826/beo1se7.jpg

Maturnuwun... ;)

moel_sip
19 September 2006, 01:27 PM
Salam KM

BEONYA CAEM OM HARGANYA BERAPA DAN DARI MANA ASALNYA




MOEL
PEMULA

Fauzi Indra Sucahyo
19 September 2006, 01:37 PM
Salam KM...

Beo asal mana tuh om....

Bukan nias yah.....dah bisa ngomong paan om....he he he...

Roels
19 September 2006, 01:59 PM
Maturnuwun Oom...

Wah, saya ndak ngerti localitynya dari mana tuh.. Kayanya emang bukan Nias,klo Nias kan gede banget yah..

Tp saya malah suka yg dari Jawa (mudah2an dr Jawa), Soalnya biarpun ga terlalu gede, jenis yg dr Jawa katanya yg paling pinter ngomong, hehe..

Belum bisa ngomong nih Oom, tp lumayanlah udah pada pinter2, dan banyak variasi ngocehnya.. Selama di rumah saya tambah juga variasi ocehannya, termasuk niruin trucuk (trok..tok..tok..tok.. dgn suara yg lucu) dan besetan2 melengking cucak ijo, sering juga ngomel2 ga jelas... hehe..

Yg udah pinter ngomong udah hijrah ke Jatim, ditempat Mertua.. omongannya sebagian logat jawa timuran:
- koran'e gak teko to
- mbah uti gak popo'a
- banyune mati to
- mamahh..kopikuuu..
- tumbasss..
- niruin orang ketawa
- dll..
Sebenernya sayang juga.. tp karena yg 'nembung' mertua sendiri.. ya wislah.. masa ndak boleh, wong udah dituker ama anaknya gitu loh, hihihi...
Makanya sekarang cari momongan baru buat gantinya, hehe..

tenggo606
19 September 2006, 05:50 PM
Yg udah pinter ngomong udah hijrah ke Jatim, ditempat Mertua.. omongannya sebagian logat jawa timuran:
- koran'e gak teko to
- mbah uti gak popo'a
- banyune mati to
- mamahh..kopikuuu..
- tumbasss..
- niruin orang ketawa
- dll..

Wahhh ... Om Roels .... kalo beo nias atau beo sumatera, pasti beonya bisa pake bhs nias juga yach .... Jadi iri nich punya beo kayak Om roels itu .... kasih resepnya donk ...

Roels
20 September 2006, 09:35 AM
Hehe.. yah pastinya karena faktor kebiasaan aja Oom.. yg biasa dia denger yah itu yg dia tiruin.
Ga ada resep rahasia, Beo yg udah pinter ngomong itu, klo sengaja diajarin malah ga bisa2.. udah diajarin ngomong assalamualaikum sampe skrg ga bisa.. malah dia bisa ngomong banyak itu secara kebetulan aja, ga ada yg ajarin.

Ditaruh aja di tempat yg sering buat ngobrol orang Oom. Kalo punya saya yg dulu ditaruh di luar ruang makan, jd bisa denger klo ada orang ngobrol disitu.

ahmadauzi
23 September 2006, 05:09 PM
om kalo di pasar burung probolinggo banyak beo bakalan (nggak muda ) tapi nggak tau asalnya dari mana dan harganya Rp.250 ribu, itu mahal/murah ya?

Roels
25 September 2006, 12:28 PM
Yah, memang sekitar itu Oom pasaran Beo bakalan (yg masih giras/agak liar) di Jogja-Solo. Kalo masih muda biasanya lebih mahal dikit-lah. Punya saya itu belinya 350 udah jinak dan masih lumayan muda..

tenggo606
25 September 2006, 07:40 PM
Mas roel ////... di psr pramuka ... beo anakan dijual 500rbu ... paruh ama kakinya kuning banget .. udah makan poor sendiri.. gimana sich nyari boe yang bagus ???

Roels
26 September 2006, 09:37 AM
waduh.. saya ga begitu ngerti Oom, tips2 buat milih bakalan yg bagus klo masih anakan.
Kalo saya pribadi sih senengnya milih yg jinak masih muda tapi udah bisa ngoceh, pilih yg body-nya besar tegap panjang, suara tebal, dan ngocehnya banyak variasinya.. biasanya cepet pinter niruin suara2, termasuk suara manusia.

nieno
25 November 2006, 03:13 AM
sorry salah posting

vinharefa
20 December 2006, 12:10 AM
Hallo Yongkie,

Saya baca emailmu ttg Beo Nias.
kebetulan saya punya Beo Nias yang sudah bisa bicara, antara lain :

Selamat pagi Tuan, Hallo Bos, Sudah makan belum?, Good Morning Sir, dll.
Dan juga siulan Indonesia Raya, Di sini senang di sana senang, Semua karena Cinta.

Anda bisa kontak saya di no. 021 93348533 atau 081318181930 dg saya Vincent, posisi Depok. Email saya : vinharefa@yahoo.com

Ok. Saya tunggu


Terima kasih

herrypurwanto
20 December 2006, 09:09 AM
Hallo Yongkie,

Saya baca emailmu ttg Beo Nias.
kebetulan saya punya Beo Nias yang sudah bisa bicara, antara lain :

Selamat pagi Tuan, Hallo Bos, Sudah makan belum?, Good Morning Sir, dll.
Dan juga siulan Indonesia Raya, Di sini senang di sana senang, Semua karena Cinta.

Anda bisa kontak saya di no. 021 93348533 atau 081318181930 dg saya Vincent, posisi Depok. Email saya : vinharefa@yahoo.com

Ok. Saya tunggu


Terima kasih


sorry om vinharefa , postingannya salah kamar sebaiknya di posting di forum jual aja ya .

hartono
3 May 2007, 12:22 PM
.

hartono
3 May 2007, 12:41 PM
Hallo Om Vinharefa

Bagi-bagi tipsnya dong mengenai beo kok bisa pandai gitu
atau mungkin KM yang lainnya yang punya momongan beo
trim atas tipnya maklum pemula ni:))

Roels
3 May 2007, 04:01 PM
Om.. Saya dulu punya bbrp burung Beo, cuma 1 ek yg udah jadi. Pinter ngomong antara lain:
mamaa...kopikuuu.., koranne gak teko to, banyune mati to, mbah uti gak popo 'a (logat jatim), tumbaaaaas, dll...
Sekarang beonya ada di rumah eyang mertua saya.

Saya coba jawab berdasar pengalaman saya piara aja ya..

1. Burung Beo apa ya yang bagus selain Burung Beo Nias ?
>>> Semua burung Beo saya berasal dari Jawa (Jatim), dan saya pernah baca2 dari internet justru Beo Jawa (Java hill mynah) inilah yg paling pintar menirukan suara manusia, walaupun ukuran tubuhnya relatif lebih kecil dari Beo Nias.

2. Burung Beo yang sudah tua masih bisa di latih ngomong atau tidak yah ? atau harus nyari yang muda dan cowok?
>>> Pastinya lebih mudah ajarin yg lebih muda. Beo akan menirukan suara apapun yg lebih mendominasi di lingkungan sekitarnya. Jadi kalo bisa sedini mungkin, dia sudah harus mendengar suara manusia.
Bisa dibuktikan dengan memperhatikan bahwa Beo yg pintar bicara pasti sedikit sekali atau bahkan tidak ada sama sekali bunyi ocehannya (yg suara asli Beo). Dan kalo suara aslinya masih cukup banyak, biasanya kosa kata bicaranya yg sedikit, atau bahkan tidak bisa "ngomong" sama sekali.
Ini dikarenakan kebiasaan dia mendengar suara apa saja yg lebih mendominasi di lingkungan sekitarnya semenjak dia belajar bunyi.
Ada yg bilang Beo betina lebih pinter menirukan suara manusia. Tapi saya ga tau juga bener atau tidaknya, karena untuk bedain beo jtn/betina saja aku sulit, hahaha..

3. Pelatihan ngomong burung beo itu bagai mana ? biar jago ngomong ?
>>> Punya saya ga pernah diajarin ngomong, hanya ditaruh di kandang yg dekat dengan tempat yg sering buat ngumpul anggota keluarga. Jadi dia sering denger orang ngobrol.
Om saya pernah kasi tau, kalo mau ngajarin beo ngomong, coba pas sore2 abis maghrib, taruh kandangnya di pojokan, kerodong, dan ajarin ngomong, cukup 1 kata saja di ulang2 dgn suara yg jelas, pilih kaya yg mudah dulu misalnya saja "hallo"... Ulang2 terus cara tsb tiap hari. Dan selama kata yg kita ajarkan itu blm bisa ditirukan, jgn diajarin dulu dgn kata yg lainnya.

4. Kisaran harga burung beo berapaan yah ? ( Medan, Nias dan lain lain ).
>>> Wah.. terus terang yg ini saya ndak tau, hehehe..

5. Tolong don informasi apa saja yang patut di ketahui tentang beo ( perawatan, beli burung, tips tips dan lain lain )
>>> Perawatan mudah sekali, pakan cukup voor, EF buah pisang n pepaya, serangga seperti jangkrik, kroto, atau ulat bambu bisa diberikan sesekali.


Semua berdasar dari pengalaman pribadi, jadi kalo ada yg salah atau kurang.. silakan diralat dan ditambah... monggo..

hartono
4 May 2007, 02:34 PM
Trims bung Roels atas pencerahannya
akan saya coba dulu deh

Dmaz
9 July 2007, 01:28 PM
saya dimaz pemula di ternak kenari, yang saya mau tanyakan pada rekan2 KM..saya punya beo, rencana mau saya tangkarkan, kendala saya bagaimana membedakan jantan dan betinanya..iseng2 niy sapa tau berhasil..lumayan khan??? mungkin ada rekan2 yang bisa bantu..saya ucapkan terima kasih yang sebesar2nya

kumismacan
16 July 2007, 09:31 AM
Salam Kenal ya,..

Waduh sy kurang paham neeh ma BEo,..monggo para Kmers...yg pakar akan burung BEO...coba bantu in bung Dmaz.........

Semoga yg baca juga jd nambah ELMU...

sarp
3 September 2007, 03:14 PM
yth KMers,


minggu lalu saya baru ambil burung beo medan punya temen, usia kurang lebih setahun udah bisa bbrp kata.

mohon saran, pengalaman dan tipsnya dalam merawat dan melatih burung beo supaya cepat pintar dan banyak kosa katanya


terimakasih
pras

Iwan Dwi
3 September 2007, 04:05 PM
brg beo ya, saran sy jgn ditaruh dekat kamar mandi/toilet di rmh om.
Dulu sy pelihara beo kaltim dari trotol sampai cukup dewasa sy taruh di belakang tembok kmr mandi byk suara anehnya.
Saya ajarin panggil anak sy Deva jawabnya "Eva" (istri sempat curiga ke Eva siapa ktnya)...mati aku
sy beri ucapan slmt dtg jwbnya "cewe-ceweee", saya lagi asyik tertawa & becanda dgn keluarga malah dia ngoceh seperti orang "batuk2 keluar air liurnya" (maaf)
Tapi ini nyata om sy alami dulu....akhirnya sy kasihkan teman, habisnya abcd deh kalo ngerawat beo......capai deh

coba di master pakai kaset/cd aja om...

koko
27 October 2007, 11:32 PM
gampang aja, ajarin dulu beo nya ngomong..klok da pinter, baru tanya aja ke beo nya..hehehhehee

hero
31 October 2007, 08:48 AM
beo jantan bunyinya cowok, betina cewee...hehe

hero
31 October 2007, 08:51 AM
tolong ya om, gimana cara menjinakan beo liar/hutan??8->
beonya masih muda umur 6 bulan, kemungkinan hasil tangkapan dari hutan, jadi masih binal@-) . piye yo biar jinak/lulut?? trus klo di kasih makan raksnya minta ampun, di kasih pisang langsung habis.
mohon pencerahannya:D

Mr_Pik
31 October 2007, 09:06 AM
klo beo jantan cepat menangkap&menirukan suara manusia, sedangkan betinanya tdk bs menirukan suara manusia.... barangkali begitu ya om......

Ari JB
31 October 2007, 11:25 AM
Kalo beo jantan suka siul2,..genit, kalo cewe ngomong cowo godain kita dong,.? guyon nih,maaf nda ada ilmu beo,..mungkinom2 pakar lain.

Elsamu
31 October 2007, 04:02 PM
Burung Beo Betina dan Jantan nya di bedakan dari sudut Paruh nya, kalau kepala di lihat dari atas, besar sudut dari ujung paruh sampai kepangkal mulut untuk yang jantan lebih besar dan betina lebih lancip, nanti detailnya saya lihat di buku pintar saya soal nya sudah lama baca nya.

fian
31 October 2007, 04:20 PM
siip ditunggu infonya ya om samuel

petik
31 October 2007, 04:27 PM
Beo Cowok lihat Cewek Ngeroll nembak...
Kalo Beo Cewek lihat Cowok....Mas...godain Ike Dong...

fian
31 October 2007, 04:56 PM
Beo Cowok lihat Cewek Ngeroll nembak...
Kalo Beo Cewek lihat Cowok....Mas...godain Ike Dong...


=)) =)) Itu mah beo bencong

koko
3 November 2007, 09:26 PM
gampang aja kok ngebedain nya..beo jantan lebih besar badannya dan klo lagi ngerol dia cenderung menegakkan badannya..wassalam..

koko
3 November 2007, 09:30 PM
kemaren beo saya juga gitu..tapi skr da ngomong2 and jinak...caranya usahakan klo setiap ngasi makan penampilan kita harus tetap sama..apa bila kita pakai baju merah, besok juga waktu ngasi pake baju yang sama.dan klo bisa tiap hari kasi nasi ama sambel..beo paling suka itu.satu lagi, sering2 kasi jangkrik.

mabung
3 November 2007, 09:34 PM
Salam kenal om, kok aneh ya om Koko kok Beo suka ma nasi n sambel emang g kepedesan? heheheheh maaf oot.
:)

Kasih jangkriknya sehari brp ya om?

hero
12 November 2007, 06:05 PM
hehe om2 ini... salam kenal
ya beo biar suaranya lancar dan nyaring memang dikasih sambel+nasi...benar:)
ksh jangkrik buat stamina dan kshtn pencernakan, kasih secukupnya 4x3..
salam kenal jg

Bah Erwin
12 November 2007, 08:31 PM
Salam kenal om.. kalau beo saya kasusnya beda. Saya pelihara dari lolohan tapi sudah belajar makan sendiri, sekarang sdh sekitar 6 bulan dipelihara ngomongnya rajin tapi ga karu karuan entah apa yang di ucapkannya. Mohon petunjuk apa yang salah ya om?

koko
21 December 2007, 09:44 PM
Masi 6 bulan ya wajar donk..

donnnie
9 April 2008, 03:58 AM
Mau tanya nih Oom....,

Ngelatih burung beo gimana ? master pakai apa ? thanx ya.

nicolasz2010
9 April 2008, 11:57 AM
waduh maksudnya di master gimana om?
setahu saya beo di ajarin ngomong or nyanyi itu aja.
kalo gak mau capek stel aja tape lagu yang mudah masuk ke beo nya.
goodluck deh

Eko Plistianto
9 April 2008, 12:12 PM
Mau tanya nih Oom....,

Ngelatih burung beo gimana ? master pakai apa ? thanx ya.

Burung Beo termasuk gampang dlam ngelatihnya asal ditaruh di depan rumah ada tamu, suara bel, orang jualan pasti akan ditirukan. Dia biasanya ngomong sendiri bila tiba waktunya pasti semuanya akan ditirukan. Beo saya setiap ada orang lewat pasti ngomong Assalammualaikum dan bunyi2x yang lainnya. Itu semua karena faktor kebiasaan dan memang usianya di dalam perawatan saya sudah 2 th.

Mr_Pik
9 April 2008, 03:07 PM
& yg pasti klo ad cewe lewat di depan rmh...
biasakan dipanggil "cewe" supaya beo nya jg biasa manggil klo ada"cewe''lewat

donnnie
9 April 2008, 06:59 PM
Thanx advisnya...

Ivan
10 April 2008, 02:07 AM
& yg pasti klo ad cewe lewat di depan rmh...
biasakan dipanggil "cewe" supaya beo nya jg biasa manggil klo ada"cewe''lewat

Huahahuahuahua... No Comments deh... Heheheheheh

Bah Erwin
10 April 2008, 02:46 PM
Pertanyaan yang sama dengan saya....
Pengalaman piara dari muda hutan gagal...., dari lolohan gagal juga. Kasusnya sama burung rajin ngomong tapi entah apa yang diomongkannya (gak jelas)
Beli yang sudah jadi bagus suara jelas burung gagah dan mulus tapi kurang puas karena itu didikan orang akhirnya di jual rugi....tinggallah beo yang dari lolohan eh gak lama berselang lepas tuh beo....kabur buka pintu sendiri

donnnie
12 April 2008, 03:12 AM
Salam kenal Bah Erwin...,

tanya nih kalau pelihara beo dicampur ama burung2 kecil mis. BT, kenari, TL, mental burung kecilnya drop gak?
thanx sharingnya...

gunawanhalim
12 April 2008, 09:11 AM
biar lebih siiip..... kandang beo di dekatkan ke TV. biar dia terbiasa mendengar suara non kicau.

Beo didekatkan dengan burung kecil, sedikit banyak pasti ngedrop burung kecilnya... bayangin aja udah gede... item.... suaranya aneh lagi.

saran saya sich kalau mulai piara beo, beli yang sudah bisa bicara 1-2 kata, harga jauh lebih mudah daripada yang sudah banyak kosa katanya, lagian bisa dilatih sesuai keinginan kita..... inget jangan disimpan dekat WC, banyak kejadian tuh...<:-P ntar nyesel..=)) =)) =)) =))

donnnie
12 April 2008, 08:59 PM
ya...., makasih sarannya bro.

digantungnya ttp di belakang , samping wc ( tp jarang dipake )

di depan buat burung kecil, pusing juga yah klu banyak piaraan.

good idea juga distelin tv di deket kandang, biar cepet ngomong ya...

ahmadauzi
13 April 2008, 12:13 AM
biar lebih siiip..... kandang beo di dekatkan ke TV. biar dia terbiasa mendengar suara non kicau.

Beo didekatkan dengan burung kecil, sedikit banyak pasti ngedrop burung kecilnya... bayangin aja udah gede... item.... suaranya aneh lagi.

saran saya sich kalau mulai piara beo, beli yang sudah bisa bicara 1-2 kata, harga jauh lebih mudah daripada yang sudah banyak kosa katanya, lagian bisa dilatih sesuai keinginan kita..... inget jangan disimpan dekat WC, banyak kejadian tuh...<:-P ntar nyesel..=)) =)) =)) =))
emangnya kenapa om kl di simpan deket WC beo nya ngintip ya kl ada yg beol =)) =)) =)) =)) ^:)^ ^:)^ ^:)^

donnnie
13 April 2008, 12:35 AM
bukan mas...., klu pas ada yg ngeden ataw mencret kan repot....

beo bunyinya jadi....

sn4pp3r
13 April 2008, 10:31 AM
waduh jadi kangen piara beo lagi neh, beo itu copycat neh, dulu punya pintar omong itu pun tdk di ajarin cuman di tempatin sebelahan dengan paruh bengkok :) cuman kejelekan dari beo yah, makannya berantakan kayak burung nuri :)

alfi
14 April 2008, 11:32 AM
om, berapa sih harga pasaran beo yg udah bisa ngomong beberapa kata....mo beliin nyokap nih, krn beliau dulu punya&pinter buanget, tapi dah mati mungkin krn dah tua...

donnnie
14 April 2008, 11:54 PM
di bdg bakalan sekitar 600k...

Mr_Pik
15 April 2008, 03:05 PM
di bdg bakalan sekitar 600k...

wah ... lumayan jg ya klo hrg bakalan 600k
klo di samarinda bakalan muda hutan hrgnya sekitar 125k-175K...

donnnie
16 April 2008, 12:29 AM
Bawa ke bdg, aja pak Pik....

Keliatannya bisa laku lumayan..., untungnya bisa 300 %

lee_ali80
24 April 2008, 01:18 PM
bener ngak yach ini

petik
24 April 2008, 03:42 PM
Kasih makannya yg repot..blm kotorannya

cuplies
1 May 2008, 03:14 PM
minggu kemaren sy maen ke pasar Ngasem Yk ditawarin Beo bakalan sprtinya jinak 750rb,mau nawar takut kemahalan jadinya online dulu diKM. Kisaran harga bakalan berapa ya om? klo di Psr Solo ktnya lebih murah bener gak? Trims

fsenja
17 June 2008, 08:45 PM
hi all, met kenal semua. 2 minggu yg lalu nyokap gw baru beli beo di pasar. msh kecil sih keknya, cuma bisa teriak2 ga jelas, itu jg cuma pagi doank, kalo sore gt ga mao ngomong. biasanya butuh waktu brp lama ya biar beo bisa ngomong yg jelas?

azwan
25 December 2008, 11:24 PM
permisi om, sy bru sj gabung smg om..2x dpt berkenan begini om,Insya Allah banyak dikit saya mendlm pengetahuan tentang burung Beo. karna seblmnya sy pernah ketipu sm pedgng tdk ber tgjwb yg jual beo ke sy,mungkin sdah banyak artikel seputar Beo namun selama ini hanya sebatasnya sj dgn ini sy akan menjelaskan lebih detail mengenai burung yg sangat saya sukai tsb,semoga bermanfaat,

Burung Beo adalah burung yg hanya dpt berkembang biak pd pohon yg tingginya -+ 20 m,dan sampai detik inipun sy yakin blm ada penangkaran yg di kelola oleh pribadi,spt burung Cucak Rowo,atw lainya,kecuali di Taman Burung TMII atw konservasi di habitat aslinya.dan kemungkinan sebetar lagi Beo di Indonesia akan langka spt nasib Beo Nias saat ini.
jika om..2x inggin memelihara Beo hendaklah cari anakan yg masih blm tumbuh bulu atw masih di loloin/disuapin sekitar umur 21 hari-1bln,sy menjamin Beo tsb akan cepat beradaptasi dgn majikanya,dikarenakan tdk mengetahui induknya juga blm terkontaminasi dgn suara hutan,maka Beo tsb akan cepat jadi paling lama 6-8bln akan berbicara dan jangan pernah membeli Beo anakan hutan karna kemungkinan Beo tsb kecil utk pandai berbicara.
ciri..2x Beo anakan hutan mudah dilihat dari pembawaannya yg liar dan hanya bisa berkicau suara hutan.
Jenis Beo yg baik diantaranya:kaki panjang berwarna kuning pucat basah,warna gelambir kuning segar, paruh kuning gading (glambir & paruh berwarna tdk oren).
Dan selanjutnya jenis Beo yg kurang baik atw tdk sepintar ciri di atas diantaranyaaruh berwarna oren terang,kaki berwarna kuning kering,habitat jenis spt ini banyak terdpt di (Medan & Kalteng).
pengalaman sy yg pait yg membuat keingin tauan sy utk lebih mendalami mengenai Beo sampai harga dari pengepul menjual kepada pedagangpun sy mengetahuinya:
Beo anakan Hutan Pasar Burung Pramuka membeli seharga Rp.250rb/ekor,
dan anakan yg berkualitas spt yg di jelaskan diatas Pasar Burung Pramuka membeli seharga 500-600rb/ekor.(mohon maaf jika salah info),ini yg sy ketahui dikarenakan sy terjun langsung kelokasi,mungkin bisa jadi Burung Beo lagi kosong di PB.Pramuka.

seputar Beo Nias

sy hanya menambahkan saja karna sudah banyak artikel yg membahas tentang Beo Nias.
Tidak semua Beo Nias bagus dikarenakan ada daerah tertentu di Nias yg jenis Beonya kurang pandai yaitu di Simuk Kec.Pulo Telo.
Beo Nias yg pandai terdpt di daerah Teluk Dalam diantaranya:Gomo,Lahusa dan Alasa, dan di Gunung Sitoli tapi di Gunung Sitoli Beo Nias sudah tdk dpt ditemukan lagi di karenakan perburuan besar2an yg dilakukan oleh oknum2 yg tdk bertanggung jwb dan tdk menjaga kelestariannya,Beo Nias tsb bahkan banyak yg di selundupkan ke Cina dan Negara2 Asing lainya termasuk Eropa,juga dgn adanya pembukaan lahan2 perkebunan masyarakat.
sy sangat terenyuh ketika mengetahui sebab kepunahan Burung Beo di Negeri ini,dimana burung2 tsb tdk dapat ditangkar semudah burung Cucak Rowo atw jenis burung lainnya.harga anakan Beo Nias umur 2 bln sekitar 3jt di Pulau Niasnya berasal dari Gomo,Lahusa dan Alasa.yang sudah pandai di Pulau Nias di jual dgn harga 6,5jt org Nias yg jual Beo disana dah pada matre,tapi tdk semudah itu utk mendapatinya harus mesan terlebih dahulu dan mesti hati2,karna pengawasan di Nias sangat ketat bahkan Razia Beo Nias yg di lakukan oleh aparat sampai ke rmh2 penduduk,nah skr tinggal kesadaran kita semua apakah mau menjaga Flaura & Fauna Negeri kita semu terserah anda.

guanyewainmobil
31 December 2008, 08:52 PM
halow bro penggemar beo, gw mau jual beo nias nih, badan gede pinter ngomong apa aja tapi ga jelas, jual 6 jt aja. call.021 99 66 99 44 / 0857 1111 99 66

azwan
6 January 2009, 08:34 PM
Mohon maaf om yang jual Beo Nias (Gracula Religiosa Robusta) seharga Rp.6jt,(sebanarnya anda salah kamar), apa Beo Niasnya masih ada klo masih sy sangat berminat utk membelinya,om tdk usah kawatir sy tdk akan menawar lagi,asalkan memang benar asli Beo Nias,sebab setau sy di Bengkulu Utara tepatnya di Pulau Enggano juga ada Burung Beo yg mirip sekali dgn Beo Niasa (glambir cuping telinga menyatu pada belakang kepala) namun dpt dibedakan karna Beo Enggano (Gracula Enganensis) tdk sebesar Burung Beo Nias hanya 28cm,dan bukan merupakan satwa yg dilindungi,dan setau sy juga harga Beo Nias yg sudah pintar diatas Rp.10jt ,seandainya om menjual Beo Nias Rp.6jt sy pasti membelinya,tolong hub sy di no Hp.081348011810-081389936590.
Di tunggu ya om,trims.

42d3e78f26a4b20d412==