PDA

View Full Version : cari foto burung sikatan



awang_cw
12 March 2008, 12:53 AM
Dear KMers mania,

tolong donk yg punya foto burung sikatan soalnya saya penasaran ama burung ini, trus makanannya dan habitat hidupnya dimana?

Regards,
Awang_cw

ARDea
12 March 2008, 01:21 AM
Kalo foto burung sikatan susah om carinya, karena gak ada burung yg bisa sikatan (menyikat gigi), whua..ka..ka...ka...ka..kak..kak, JK loh om.



Sorry. ane gak ada pictnya om. Kalo habitatnya, kebanyakan hidup disekitar sungai dan burung ini adalah jenis pemakan serangga.



Ciri2 burung ini antara lain, ukuran tubuh kira2 sebesar burung gereja, warna bulu dominan coklat kehitaman dan dibagian leher sampai perut berwarna putih keabu-abuan.

Yoes
12 March 2008, 02:34 AM
Burung Sikatan.... Wah terbangnya mantap... loncat2 sambil mengepakan sayap nya... burung ini mirip kutilang or crucukan.. mungkin msh 1 marga ya...

Ane sering menjumpainya di rerimbunan pohon bambu... makanan utamanya memang serangga om..

Untuk hal2 lainnya ane lom paham, apalgi gambar or fhotonya, ane ga punya hehehehehhehehee

SiLalatNaga
12 March 2008, 09:22 AM
kalo dilihat dari bentuk tubuh & makanan, kelihatannya sih sikatan lebih dekat kepada tledekan om...

paklu_yy
12 March 2008, 11:50 AM
Saya setuju dengan om silalat naga, burung kitan ini lebih dekat dgn tledekan, satu family yaitu Muscicapidae, cuma kalo tledekan genusnya sebagian besar niltava, sedangkan sikatan genusnya Ficedula

Scientific classification
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Aves
Order : Passeriformes
Family : Muscicapidae
Genus : Ficedula

kangrips
12 March 2008, 12:12 PM
Saya setuju dengan om silalat naga, burung kitan ini lebih dekat dgn tledekan, satu family yaitu Muscicapidae, cuma kalo tledekan genusnya sebagian besar niltava, sedangkan sikatan genusnya Ficedula

Scientific classification
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Aves
Order : Passeriformes
Family : Muscicapidae
Genus : Ficedula

muantep infonya, tp foto yang diminta belum ada nih?..@-) @-) @-) @-)

paklu_yy
12 March 2008, 12:23 PM
dalam genus ficedula ada bebarapa species ini diantaranya:
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/aaa49.jpg

ficedula stratophiata
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/ficedulastrophiata.jpg

ficedula zanthopygia
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/ficedulazanthopygia.jpg

ficedula albicollis
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/ficedula_albicollis_10207.jpg

mugimaki flycatcher
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/MugimakiFlycatcherFicedulamugima-1.jpg

pied flycatcher europe
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/piedflycatcherEuropeanPiedFlycat-1.jpg

red breasted flycatcher
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/redbreastedflycatcher-1.jpg

fedula albicolliscolla
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/ficedulaalbicolliscollaredflycatche.jpg

Yoes
12 March 2008, 01:57 PM
Burung Sikatan yg ane pernah lihat yg jenis pied flycatcher europe.. Ane lihatnya di rerimbunan pohon bambu dekat rumah... tp sekarang burung ini dah susah ane temui... Suaranya pun enak di dengar.

Rakha AR
12 March 2008, 02:29 PM
Betul Om, di kampung ane dulu burung sikatan mirip dengan yg jenis pied flycatcher europe, biasanya di pohon bambu dan nyari makan/ kutu kerbau/sapi, kalo bunyi sambil ngembangkan sayap dan ekor

paklu_yy
12 March 2008, 02:53 PM
ini suara burung pied flycatcher europe
http://www.savefile.com/files/1434529

ARDea
12 March 2008, 03:45 PM
Yup, burung sikatan memang mirip dengan burung flycatcher europe, hanya ekornya lebih panjang dikit.





Dibelakang rumah ane (sekitaran sungai & rerimbunan bambu) sampai sekarang masih ada, tetapi jumlahnya tidak sebanyak dulu lagi.

Yoes
12 March 2008, 04:30 PM
ini suara burung pied flycatcher europe
http://www.savefile.com/files/1434529

Thx om... jadi inget masa lalu nech dengerin suara burung ini...:> ;))

Dwi Kurniawan
12 March 2008, 05:10 PM
coba menambahkan saja,
dirumah ane punya sikatan om...beli mulai dari anakan...(susah buanget cari anakannya, tidak sesusah yang jaringan)

emang mirip dengan flycatcher europe, cuma warna hitamnya tidak sehitam yang difoto..(yang difoto koq lebih mirip decu ya?)
agak coklat tua kehitaman, mungkin disesuaikan dengan daerah asalnya.trus bagian dada putih kecoklatan muda... CMIIW

makanan pokoknya serangga, biasanya banyak ditemui di daerah pinggiran sungai atau di kandang sapi (ditempat saya)

dulu saya beli 1 sarang (3 ekor), sekarang tinggal 1, coz satu terbang, satu dimakan tikus..(apes...apes!!!!)
Yang saya suka dari burung ini, selain kicauannya bagus (hampir mirip ciblek, ekornya juga ngibas2 pas bunyi....trus ada jambul yang mirip tanduk..)

emang om awang berniat punya momongan sikatan ta?
kalo susah nyarinya di splindid banyak om.. yang jaringan sekitar 30-50rb-an..
Tapi kalo yang udah jadi bisa ampe 400rb..

Salam kicaumania,

awang_cw
13 March 2008, 12:10 AM
ohh...... kalo gak salah burungnya sebesar tledekan laut dg dominasi warna coklat hitam dan biasanya kalok lg bunyi ekornya ngipas2 kayak MB ya.
IC IC itu kan dulu banyak banget di sekitar rumah sy.

buat om dwi sy cuman penasaran aja ama burung ini soalnya kata temen sy suaranya bagus sedangkan sy belum tau burung ini kayak apa.

buat om paklu thank udah mau share bunyi sikatannya n penjelasannya top bgt

salam,
Awang_cw

Dwi Kurniawan
14 March 2008, 04:40 PM
InsyaAllah nanti saya photo atw tak rekam.
Soal bunyi sih menurut saya tergantung selera om,
bisa jadi menurut saya bagus, tapi menurut om ga bagus.
Yup benar, kalo lagi bunyi ekornya ngipas2..(mbegar kata mbah saya)
bentuk fisiknya ya sebesar tledekan..cuma warnanya (kalo dtempat saya) coklat tua kehitaman.
CMIIW para senior...

ben
14 March 2008, 05:27 PM
Kalo ane gak salah, burung sikatan itu yang seperti ini bukan?

http://i150.photobucket.com/albums/s104/aniskembang/Rufous-tailedFantail.jpg

Aries
14 March 2008, 05:44 PM
Kalo ane gak salah, burung sikatan itu yang seperti ini bukan?

http://i150.photobucket.com/albums/s104/aniskembang/Rufous-tailedFantail.jpg

mantaf...kalo ada lombanye...bagus tuh..ekor ngipas naik turun...

Yoes
14 March 2008, 08:16 PM
Kalo ane gak salah, burung sikatan itu yang seperti ini bukan?

http://i150.photobucket.com/albums/s104/aniskembang/Rufous-tailedFantail.jpg

Indah nian.... =D> =D>

awang_cw
15 March 2008, 02:25 AM
Kalo ane gak salah, burung sikatan itu yang seperti ini bukan?

http://i150.photobucket.com/albums/s104/aniskembang/Rufous-tailedFantail.jpg

wah gambarnya bagus banget om ben
thx

edis
15 March 2008, 05:32 AM
wah mantep om..
kira"perawatannya susah ga yah om???
mohon dishare dong om..khususnya buat om"yg punya momongan srikatan nih...
rada demen ma bentuk fisiknya..keren

Dwi Kurniawan
15 March 2008, 08:51 AM
yup...betul om ben...pic itu salah satu jenis dari sikatan.
bahkan kata teman, sikatan dari daerah malang selatan sana ada yang warnanya kebiru2an..(jangan2 tledekan laut???? :D :D :D )
Kalo momongan saya, warnanya cuman coklat tua kehitaman, bagian dada putih..hampir sama kaya di foto itu..

Soal perawatan saya pikir mudah om...palagi kalo dah mau makan voer..
tiap pagi ulat kandang 1sdt, kroto 2hr sekali 1sdt, dan tentu saja voer.

Ga usah dimandikan, coz dia mandi sendiri begitu air minumnya diganti, langsung nyebur bgitu aja.. jemur .... dah tampil deh dia sambil ngibas-ngibasin ekor..
hehehe....

SiLalatNaga
15 March 2008, 09:22 AM
bedain jantan dan betinanya gmn om?

pujie
25 May 2008, 01:26 PM
Kalo ane gak salah, burung sikatan itu yang seperti ini bukan?

http://i150.photobucket.com/albums/s104/aniskembang/Rufous-tailedFantail.jpg

Bentuk mirip sama brung sikatan yang dirumah,tapi beda warnanya kalo yang
dirumah warna coklat keabu-abuan dan warna strip yang dileher kuning dan gak ada warna orange,suaranya bagus juga kok buat ngeramein rumah,
mo insert pict nya masih belum bisa

fian
26 May 2008, 10:47 AM
Bentuk mirip sama brung sikatan yang dirumah,tapi beda warnanya kalo yang
dirumah warna coklat keabu-abuan dan warna strip yang dileher kuning dan gak ada warna orange,suaranya bagus juga kok buat ngeramein rumah,
mo insert pict nya masih belum bisa

coba kirim ke saya om, nanti saya bantu tampilin : cecep.sofyan@yahoo.co.id

santoso budi
26 May 2008, 12:53 PM
burung sikatan memang burung yang lincah sering berkicau waktu fajar suka berloncatan dari satu dahan kedahan yang lain sambil berkicau dengan membuka ekor yang dikibas-kibaskan suara speed rapat dengan lagu yang indah dan tidak monoton
dibelakang rumah dirumpun bambu tiap pagi masih sering terdengar bahkan AKku ikut kemaster burung ini indah sekali, sayang sekarang dah agak jarang burung ini

lee_ali80
26 May 2008, 07:57 PM
kalau nggak salah di china juga ada yang begituan tapi beda warna, yang di china sini yang berwarna hitam dominasi putih, ekor juga berbentuk kipas begitu
kayak nya burung tersebut labih seneng makan kroto, ulat kandang dan UH dech dari pada makan voer
kalau di sini sich tuch burungnya seneng mojok di dekat tempat yang kotor

pujie
28 May 2008, 01:48 PM
coba kirim ke saya om, nanti saya bantu tampilin : cecep.sofyan@yahoo.co.id

photonya dah saya kirim om..,=D>

Amiex'z
28 May 2008, 04:53 PM
dulu saya sering lihat pict burung sikatan di agrobur medio Tahun 2005 atau 2006,.....

jika ada nanti saya scan dan saya up load.

Amiex'z
28 May 2008, 04:54 PM
saya dulu pernah punya,.... dipasar Burung kediri, banyak yang jual tuh.... tapi sekarang saya kurang tahu, karena itu sekitar tahun 2006

Amiex'z
28 May 2008, 04:55 PM
bedain jantan dan betinanya gmn om?

kalo betina warna bulu dada pudar atau kusam om...

ben
28 May 2008, 05:13 PM
Ini ada beberapa gambar burung sikatan (kipasan) atau fantail.

http://i150.photobucket.com/albums/s104/aniskembang/01-4.jpg
http://i150.photobucket.com/albums/s104/aniskembang/02-2.jpg

Bah Erwin
28 May 2008, 05:19 PM
Kalau memelihara burung ini gak pernah kotor (sikatan) dan gak pernah gerah (kipasan)

fian
28 May 2008, 05:22 PM
Ini ada foto burung sikatan, milik om Puji :

http://i299.photobucket.com/albums/mm313/sofyan73/Sikatan1.jpg
http://i299.photobucket.com/albums/mm313/sofyan73/Sikatan2.jpg
http://i299.photobucket.com/albums/mm313/sofyan73/Sikatan3.jpg
http://i299.photobucket.com/albums/mm313/sofyan73/Sikatan4.jpg

Amiex'z
29 May 2008, 12:12 PM
sip, gambarnya lengkap

pujie
29 May 2008, 01:20 PM
thank's buat om fian buat upload gambarnya,
tapi gimana caranya ya supaya bisa upload sendiri nih..?

fian
29 May 2008, 02:10 PM
Coba register ke sini om, gratis kok

http://www.picturehosting.com/
http://photobucket.com/

yoyo2007
3 June 2008, 12:48 PM
pied flycatcher europe kaya burung decu?bener ga ya?

42d3e78f26a4b20d412==