BURUNG THANNAN (Humming Bird)

October 13, 2016
936 Views

Burung pada saat terbang melayang di udara memanfaatkan hembusan angin. Namun, ada sebuah jenis burung yang menghebohkan. Ia terbang tanpa menggunakan hembusan angin. Ia adalah burung Thannan (humming bird).

Sayap-sayap pada burung jenis ini merupakan keajaiban lainnya pada penciptaan burung. Cara dan daya terbangnya sangat berbeda dengan kebanyakan burung lainnya. Ia mengepakkan kedua sayapnya 25 kali dalam kepakan kedua.Oleh karena itu, mata manusia tidak mungkin bisa mengetahui gerakan sayap burung ini selamanya. Untuk melihat keteraturan yang indah ini, kita harus mengambil gambar gerakan burung tersebut dengan memasang alat video. Kemudian kita memperlambat rekaman gambarnya agar kita bisa memperhatikan gerakan kepakan sayapnya.

Sayap-sayap burung Thannan yang lembut dan tajam bagaikan pisau, mampu membentuk arus angin dengan gerakan – gerakannya yang cepat ke arah bawah, seperti sebuah kipas angin buatan manusia. Kipasangin berputar di sekitar batang logam yang tetap dan membentuk arus angin yang mengarah ke bawah. Angin yang dihembuskan ke bawah, menjadikan kipas angin naik ke atas.

1humming-bird

Prinsip terbang burung Thannan menyerupai kipas angin. Hanya saja burung ini memiliki rancangan yang lebih hebat dan lebih sempurna dibandingkan dengan kipas angin. Ia terbang dengan daya kontrol yang sistemik. Ia pun bisa melakukan gerakan di udara sesuai dengan yang ia inginkan. Dengan mengubah sisi kedua sayapnya, ia bisa majuke segala arah; atas, bawah, depan, dan belakang. Kepakan sayap Thannan sebanyak 25 kali dalam kepakan kedua.Gerakan secepat ini selamanya tidak pernah membahayakan. Ini sungguh mengagumkan.

Manusia manapun tidak bisa menggerak gerakkan kedua tangannya, paling banyak hanya beberapa kali. Saat proses ini dilakukan oleh manusia dengan bantuan alat untuk menggerakkan kedua tangannya sebanyak 25 kali pada gerakan yang kedua, maka otot-otot pundaknya akan cedera dan lumpuh, atau kedua tangannya tak akan berfungsi lagi.

Adapun burung kecil Thannan memiliki pola penciptaan yang mengagumkan. Meskipun ia melakukan kepakan sayap-sayapnya jutaan kali tanpa berhenti, tidak ada satu pun otot ototnya yang disfungsi. Burung yang kecil ini merupakan satu-satunya hewan dengan alat terbang yang rumit dan kreasi yang mengungguli buatan manusia didunia, sebagai keajaiban penciptaan dari Allah Yang Maha Esa.

 

1 Hisham Thalbah  (et.al), Mukjizat Al-Qur’an dan Hadits, Terj. Syarif Hade Masyah  (et.al) (Jakarta: PT. Sapta Pesona, 2010), hlm. 107-108.

 

Leave A Comment